LOMBOK (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana mengoptimalkan kehadirannya di Kota Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan mengisi sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi seharian penuh nyaris tanpa jeda. Seluruhnya empat sesi.
Selain menyampaikan dua sesi Saring Komunikasi dan Motivasi di lingkungan industri perhotelan berbintang tepatnya di Hotel Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjdjaran tersebut juga melengkapinya dengan berbicara di lingkungan para pegawai Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Balai Kemasan Produk Daerah Dinas Perindustrian NTB serta kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Lombok, Senin 4 September 2023.
Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut dijadwalkan berbicara dalam dua sesi pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di Balai Kemasan Produk Daerah (BKPD) Dinas Perindustrian NTB. Sesi pertama bertajuk “Meningkatkan Produktivitas dan Loyalitas Kerja Semua Pegawai” yang disampaikan kepada sekitar 40 pegawai. Kemudian sesi kedua bertajuk “Membangun Komitmen dan Loyalitas Pelanggan” kepada sekitar 30 orang pelaku usaha kecil menengah (UKM).
Kepala UPTD BKPD Dinas Perindustrian NTB Apt. Drs. Agus Supriyanto yang mengundang Dr Aqua Dwipayana. Dia ingin mengoptimalkan kinerja seluruh jajarannya dan meningkatkan motivasi semua UKM binaannya.
Menjelang penyampaian Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua Dwipayana menjelaskan bahwa meningkatkan produktivitas dan loyalitas kerja semua pegawai adalah tujuan yang sangat penting untuk sukses jangka panjang dalam organisasi.
Lebih jauh disampaikan beberapa langkah yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut. Pertama, komunikasi yang efektif. Pertahankan saluran komunikasi yang terbuka dan jelas antara unsur pimpinan dan pegawai. Dengan berkomunikasi secara efektif, seluruh karyawan akan merasa didengar dan dihargai, sehingga dapat meningkatkan loyalitas mereka.
“Selanjutnya, berikan umpan balik secara teratur kepada karyawan tentang kinerja mereka. Umpan balik yang konstruktif membantu mereka untuk berkembang dan merasa terlibat dalam pekerjaan mereka,” kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.
Selain itu, tambah pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini, investasikan dalam pelatihan dan pengembangan karyawan. Memberikan kesempatan bagi pegawai untuk meningkatkan keterampilan mereka akan meningkatkan produktivitas dan juga menunjukkan bahwa sebagai pimpinan kita peduli terhadap perkembangan mereka.
“Pengakuan atas prestasi pegawai juga sangat penting. Ini dapat berupa penghargaan formal seperti penghargaan karyawan bulanan atau informal seperti pujian misalnya ucapan terima kasih. Jika memungkinkan, pertimbangkan opsi kerja fleksibel seperti kerja dari jarak jauh atau jadwal yang dapat disesuaikan. Ini dapat meningkatkan keseimbangan kerja-hidup dan meningkatkan loyalitas,” ujar Dr Aqua Dwipayana.
UPTD Balai Kemasan Produk Daerah
Kantor pemerintah di Mataram, Nusa Tenggara Barat.
Alamat: Jl. Langko No.67, Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83112, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Visi
NTB sebagai Pusat Industri Kemasan Mamin dan Kerajinan Produk Daerah terkemuka, berdaya saing global dan berperan sebagai motor penggerak utama perekonomian dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat
Misi
- Meningkatkan pelayanan publik ;
- Meningkatkan pembinaan dan pemberdayaan dibidang industri Kemasan dan promosi Produk Daerah;
- Meningkatkan pemberdayaan dan pengembangan teknologi di bidang industri Kemasan Produk Daerah;
- Meningkatkan pelayanan teknis dibidang industri Kemasan dan Promosi Produk Daerah;
- Meningkatkan Pelayanan teknologi industri Pengemasan Produk Daerah;
Konsep pendirian
- Tempat Pembinaan, Pemberdayaan dan Pengembangan SDM para pelaku usaha/IKM.
- Tempat pelayanan pemesanan kemasan, jasa pengemasan dengan teknik semi otomatis dan otomatis.
- Tempat pelayanan Jasa pembuatan desain kemasan, merk, logo, etiket dan re-desain.
- Tempat Promosi Produk IKM
- Tempat pelayanan informasi bahan pangan dan kemasan, produk pangan, keamanan pangan, alat, mesin, proses kemasan, produk kemasan.
- Memberikan informasi proses perijinan makanan dan minuman SNI, TDI, IUI, PIRT, MD, ML, izin edar, health certificate, label halal, merek, dan barcode.
Sasaran
- Industri Kecil Menengah dan Sentra IKM makanan, Minuman dan Kerajinan.
- Perusahaan Besar, Menengah dan Kecil yg bergerak dibidang makanan, minuman dan Kerajinan.
- Instansi terkait, BUMN, Lembaga pembiayaan, Perguruan Tinggi, Asosiasi makanan, minuman dan Kerajinan.***