Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Jun 2022 18:25 WIB ·

Dapatkan STB Gratis, Berikut Caranya!

 INDONESIABAIK.ID Perbesar

INDONESIABAIK.ID

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Program Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran televisi analog menuju ke siaran televisi digital terus digencarkan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Masyarakat yang sudah memiliki perangkat TV digital tentu hanya tinggal mengecek antea UHF saja dan melakukan tuning ulang frekuensi suaran digital sudah dapat menikmati siaran dengan kualitas tinggi. Sementara bagi masyarakat yang kurang mampu, STB akan diberikan secara gratis.

“Bagi rumah tangga miskin, tapi punya tv tabung, tv lama gitu yang bukan ready to digital akan dapat bantuan. Terutama di daerah yang akan terjadi analog switch off,” ujar Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum Henri Subiakto pada rilis resmi siaran.digital.kominfo.go.id sebagaimana dikutip Tugubandung.id, Sabtu 18 Juni 2022.

Syaratnya, harus tercantum dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (DTKS). Untuk itu, Henri mendorong masyarakat proaktif dengan mengecek data DTKS. Masyarakat dapat mendaftarkan bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di PlayStore.

Pada aplikasi Cek Bansos dapat memilih menu daftar usulan. Dari daftar usulan dapat mendaftarkan diri bagi yang namanya sudah terdaftar di DTKS. Kemudian pada menu daftar usulan, pilih menu tambah usulan. Dengan NIK, KTP dan KK sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data sudah sesuai atau belum.

“Jika nama Anda sudah tervalidasi, selanjutnya bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB gratis,” terangnya. Adapun STB gratis ini akan dibagikan sesuai dengan rencana penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO). Tahapan pertama pembagian dan pemasangan perangkat dimulai 15 Maret hingga 30 April 2022.

Untuk distribusi STB gratis akan dilakukan secara door to door, sekaligus verifikasi dan validasi penerima akan dilakukan pada saat distribusi. Kominfo juga telah menjelaskan mekanisme pemberian STB. Berikut penjelasannya:

  • STB dikirimkan ke lokasi di kabupaten/kota, pada gudang penyelenggara Pos/Logistik
  • Pengiriman dengan mekanisme door-to-door pada penerima bantuan.
  • Petugas melakukan verifikasi dan validasi Data Penerima Bantuan (KTP dan KK) dan kepemilikan TV).
  • Jika tidak sesuai maka perangkat kembali ke gudang.
  • Jika sesuai, maka akan melakukan serah terima bantuan STB dan instalasi perangkat. Ini dilakukan hingga bisa beroperasi serta berfungsi dengan baik.
  • Petugas memindai QR Code melalui WhatsApp yang ada pada layar TV dan STB sudah terpasang. Petugas memasukkan data penerima yakni nama, NIK/KK, alamat, foto penerima bantuan, serta KTP lewat WhatsApp.
  • Petugas menyiapkan berita acara serah terima yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan. ***

 

Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Masyarakat Masih Bisa Menikmati Tarif Khusus Kereta Api di Daop 2 Bandung

15 April 2024 - 16:00 WIB

Tren Harga Bahan Pokok di Jabar Menurun

15 April 2024 - 14:01 WIB

Bey: Pungutan Liar di Masjid Al Jabbar Momentum Sikat Pungli di Jabar

14 April 2024 - 16:14 WIB

Sopir Pick Up Terjepit Akibat Bertabrakan dengan Elf Di Jalan Raya Cisurupan Garut

14 April 2024 - 16:05 WIB

SOP di Masjid Raya Al Jabbar Diperbaiki untuk Tingkatkan Pelayanan

14 April 2024 - 15:40 WIB

Lebih dari 55 Ribu Pemudik Kembali ke Wilayah Daop 2 Bandung

14 April 2024 - 12:32 WIB

Trending di Berita