Menu

Mode Gelap

Musik · 9 Mar 2022 14:01 WIB ·

Selamat Hari Musik Nasional, Keragaman Musik Indonesia adalah Aset!

 Gitaris fingerstyle asal Ponorogo, Alip Ba Ta menjadi sorotan warganet karena konten video bermain gitar yang ia bagikan di Youtube begitu populer sehingga warga dari mancanegara mengapresiasi musik Indonesia (Foto: Capture Channel Youtube Alip_Ba_Ta).* Perbesar

Gitaris fingerstyle asal Ponorogo, Alip Ba Ta menjadi sorotan warganet karena konten video bermain gitar yang ia bagikan di Youtube begitu populer sehingga warga dari mancanegara mengapresiasi musik Indonesia (Foto: Capture Channel Youtube Alip_Ba_Ta).*

TUGUBANDUNG.ID –  Setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Apakah Anda sudah mengetahui hal ini? Lantas, mengapa tanggal 9 Maret bisa ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional?

Penetapan Hari Musik Nasional bermula dari pemilihan tanggal lahirnya komponis besar asal Indonesia, Wage Rudolf Supratman atau yang lebih dikenal dengan WR Supratman. Menurut berbagai data, ia lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Atas dasar pertimbangan di atas, Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono lewat Keputusan Presiden No. 10 Tahun 2013 menetapkan tanggal 9 Maret menjadi Hari Musik Nasional.

Keppres tersebut menyebutkan bahwa musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan musik Indonesia, dan untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional, maka tanggal 9 Maret ditetapkan menjadi Hari Musik Nasional.

Meski sebenarnya, Putusan Pengadilan Negeri Purworejo Nomor 04/Pdt/P/2007/PN PWR pada 29  Maret 2007 menetapkan tanggal lahir WR Supratman ternyata pada tanggal 19 Maret 1903. Keluarga WR Supratman menyetujui putusan pengadilan tersebut.

Pada intinya Hari Musik Nasional menjadi simbol kebangkitan musik nasional dan juga daerah. Diharapkan dengan ditetapkannya Hari Musik Nasional menjadikan masyarakat Indonesia lebih mencintai dan menghargai karya-karya musik Tanah Air.

Selamat Hari Musik Nasional 2022, keragaman musik Indonesia adalah aset yang harus terus dikembangkan untuk mengiringi perjalanan bangsa ini menuju kemajuan dan kesejahteraan.***

Artikel ini telah dibaca 111 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Anesseria Rilis Debut Album “Suar”

9 Juni 2024 - 20:16 WIB

Single “Hanya Lolongan”, Nabila Taqiyyah Angkat Budaya Aceh

17 Mei 2024 - 21:12 WIB

Summarecon Mall Bandung Gelar Gedebage Jazz Festival Dimeriahkan Musisi Jazz Ternama

29 April 2024 - 15:40 WIB

Tiara Andini Gak Berani Ungkapkan Perasaannya di Single “Kupu-Kupu”

24 April 2024 - 05:55 WIB

Rony Parulian dan Andi Rianto Sajikan Visual yang Romantis untuk Music Video “Sepenuh Hati”

6 April 2024 - 12:12 WIB

Single “Kisah yang Lain” Akhir Cerita Cinta Anggi Marito

23 Februari 2024 - 10:03 WIB

Trending di Musik