Menu

Mode Gelap

Berita · 25 Apr 2024 19:04 WIB ·

Piala AFC Asia U23 Qatar 2024: Duel Indonesia vs Korsel Menuju Olimpiade Paris 2024

 Pemain timns Garuda Muda, Witan Sulaiman dkk diharapkan mampu bersaing dengan Korsel menuju semi final Piala AFC Asia U23/ 2024. (Foto: Karim Jaafar/AFP).* Perbesar

Pemain timns Garuda Muda, Witan Sulaiman dkk diharapkan mampu bersaing dengan Korsel menuju semi final Piala AFC Asia U23/ 2024. (Foto: Karim Jaafar/AFP).*

PERJUANGAN ekstra keras menanti tim Garuda Muda (timnas Indonesia U23) saat menghadapi lawan berat dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi pasukan Ginseng Muda (timnas Korsel U23) pada pertandingan perempat final Piala AFC Asia U23 Qatar 2024 di stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) pukul 00.30 dinihari WIB. Pemenangnya bisa mendapat tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Laga hidup mati ini bisa dinikmati melalui siaran langsung RCTI.

Pada laga perempat final lainnya Jepang jumpa tuan rumah Qatar pukul 21.00 WIB.

Mampukah timnas Indonesia U23 menghadapi lawan alot “Ginseng” Korsel? Secara kualitas kita harus mengakui Korsel kemampuan teknik, dan individu serta keja sama tim kualitasnya diatas Garuda Muda. Peluang siapa yang akhirnya akan menjadi pemenang, hampir semua pengamat netral akan lebih menjagokan Korsel untuk mengatasi Indonesia. Namun dalam sepakbola, tidak ada hal yang pasti, kejutan bisa terjadi dan Indonesia bisa membuat kejutan mengatasi Korsel bila dewi Fortuna berpihak pada kita.

Tiga peman Korsel yang harus diwaspadai adalah Kim Min-Woo pencetak gol ke gawang Jepang melalui sundulan kepala, kemudian Lee Young Jun, top skor tim Korsel dengan 3 gol dan pemain belakang Cho Hyun Taek yang tanngih dalam bertlahan dan bisa membantu seangan dengan baik.

Secara kualitas tim Garuda Muda pada gelaran Piala AFC Asia U23/2024 sangat menjanjikan dengan hasil yang terus meningkat, kalah dari Qatar 2-0 pada laga pembuka, Indonesia semakin meyakinkan dilaga kedua mengalahkan tim tangguh Austalia 1-0 dan pada laga ketiga kita bermain semakin baik membungkan Yordania 4-1. Dari sisi kekompakan, tim yang diasuh Shin Tae-Yong (STY) ini semakin padu dan dengan kualitas seperti ini Witan Sulaiman dkk akan bisa menyulitkan Korsel.

“Ini pertama kali saya menghadapi tim negara saya sendiri, akan sulit mereka amat kuat dari sisi kekuatan dan kecepatan,” ungkap STY.

Pada Piala Asia U23/2024 Korsel yang dilatih Hwang Sun-Hong — rekan setimnya STY sewaktu masih sebagai pemain — belum kebobolan. “Tidak akan mudah mencetak gol ke gawang Korsel. Namun segala upaya akan kita lakukan dan pasukan muda Garuda muda harus main lepas dan tidak terbebani. Semoga kita bisa memberikan hasil terbaik, yang penting kita berjuang keras,” tambah STY.

“Kalau dari sisi kemampuan kita tak jauh beda dengan Korsel, tapi dari sisi kualitas tim mereka sangat baik,” ujar mantan pelatih Persib Indra Tohir.

“Yang membedakan, Korsel punya “speed” dan kekuatan yang bisa bermain cepat untuk waktu lama dan penyerang mereka punya kemampuan memanfaatkan peluang sekecil apapun baik melalui serangan kerja sama maupun bola mati. Pemain Garuda harus ekstra waspada dan jangan membuat kesalahan yang tidak perlu di pertahanan karena bisa membuahkan tendangan bebas, bahkan penalti,” ungkap Indra Tohir.

“Kita juga harus memanfaatkan lemparan bola Pratama Arhan yang sering membuahkan gol, kaena lemparan jarak jauhnya amat akurat,” tambahnya.

Apapun hasilnya yang penting Garuda muda harus bermain sebaik mungkin dan memberikan perlawanan yang sepadan, menjadi pemenang demi menembus ke semi final (empat besar) adalah impian semua tim muda U23 di Asia agat bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia pun punya mimpi itu dan akan bisa terwujud bila mampu mengatasi perlawanan pasukan Korsel yang dikenal dengan sebutan Taegeuk warriors.

Selama bola bundar segalanya bisa terjadi, dan semoga persaingan antara dua tim dengan ramuan yang sama resepnya, ibarat “Suhu” dan Murid berlaga ini akan memberikan hasil terbaik, dan kita pun harus menerima apapun hasilnya. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 89 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ranperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

12 Juli 2024 - 20:30 WIB

Bey Machmudin: Jangan Ada Perundungan Kegiatan Orientasi Sekolah

12 Juli 2024 - 20:24 WIB

Perkuat Pasar Jabar, Chery Tambah Jaringan Diler di Bandung

12 Juli 2024 - 20:12 WIB

Tour de France ke-111/2024: Girmay “New Sprint Boss”

12 Juli 2024 - 18:54 WIB

HARI KOPERASI Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

12 Juli 2024 - 12:16 WIB

Tour de France ke-111/2024: Duel Klasik Dua Jawara TdF Jonas vs Pogacar

11 Juli 2024 - 21:54 WIB

Trending di Berita