Menu

Mode Gelap

Musik · 31 Jan 2023 22:00 WIB ·

Lagu “Bukan Manusia”, Cerita Marion Jola Tentang Sakit Hati

SETELAH sukses merilis lagu yang ditulisnya sendiri “Overthinking”. Kini Marion Jola kembali meng-challenge dirinya dengan menulis single terbaru yang berjudul “Bukan Manusia”. Lagu yang dirilis di bawah label rekaman Universal Music Indonesia ini, Marion ingin mengangkat cerita pahitnya menjalani sebuah toxic relationship.

“Jadi ini memang tentang hubungan cinta, namun hanya satu pihak yang berusaha menjalankan dan mempertahankannya dengan segala pengorbanan dan kasih sayang. Sementara pihak satunya hanya bisa menyakiti. Lagu ini sebenarnya terinspirasi dari cerita orang lain, yang rasanya relate dengan kisah dihidup aku,” ujar Marion Jola.

Jika didengarkan lagu “Bukan Manusia” ini memang terasa berbeda dibandingkan lagu-lagu Marion Jola sebelumnya, yang biasanya hadir dengan musik RnBUpbeat dan bernuansa Fun. Kali ini Marion Jola bereksplorasi dan berkolaborasi dengan sang kekasih, Dennis Talakua, dalam penulisan lagu dan juga bersama-sama bertindak sebagai produser di lagu bergenre Pop Ballad ini.

“Enggak bisa dipungkiri dari aku dan komposer yang bekerjasama dengan aku yaitu Dennis Talakua, bahwa kita berharap lagu ini bisa diterima dengan baik seperti lagu-lagu sebelumnya. Namun pada dasarnya lagu ini merupakan bagian dari eksplorasi aku dalam bermusik dari sebuah perjalanan menjadi seorang musisi sih. Ternyata musik yang aku bikin bukan cuma lagu Pop RnB, lagu yang menyenangkan atau yang ceria. Tapi aku juga punya sisi Ballad, aku juga punya sisi sedih dalam selera musik aku. Dan lagu ini rasanya terlalu bagus kalo tidak dirilis. Sayang aja, dan aku mau membawakan lagu sebagus itu untuk hadir di jajaran karya-karya yang aku rilis,” kata Marion.

Sesuai dengan tema dan cerita di lagunya, single “Bukan Manusia” ini diaransemen sangat apik dengan menyajikan alur musik yang mid-tempo, ditambah nuansa kesedihan dan kekecewaan bercampur aduk sangat jelas dirasakan dalam pengemasannya.

Diawali dengan suara instrumen gitar akustik yang minimalis, namun di perjalanannya, perpaduan berbagai instrumen membuat lagu ini berakhir dengan kesan yang megah.  Sangat cantik dengan didukung kualitas vokal Marion Jola yang mumpuni. Super nyaman untuk didengar.

Tidak hanya dirilis dalam bentuk audio, single ‘Bukan Manusia’ ini juga dikeluarkan dalam bentuk musik video dan lirik video. Untuk penggarapannya dikerjakan oleh Kausa dengan mengambil dua lokasi di Yogyakarta, Gumuk Pasir dan Pantai Parangtritis.

Untuk visualiasi alur cerita di musik videonya tentang Marion Jola yang pergi dari pernikahannya dan melakukan perjalanan sendirian. Videonya dimulai dimulai dengan Marion Jola yang berlari keluar gereja memakai baju pernikahan dan melepaskan buket bunganya.

Lalu, ia memberhentikan taksi dan naik dengan tergesa. Sampailah Marion Jola di pantai dan berjalan menyusuri pantai sambil melepas satu per satu atribut baju pernikahannya. Mulai dari veil, perhiasan anting, dan sepatu. Sebuah tanda akan kekecewaan Marion Jola yang berjalan sendiri dalam mengarungi kisah percintaan, hingga berakhir dengan kesedihan dan kemarahan. Untuk musik videonya lagu ini sudah dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Marion Jola.

Bagi Marion Jola, lagu ini merupakan lagu yang spesial baginya. Bukan hanya menantang dirinya dalam penulisan lagu, namun lagu ini semakin membuka mata Marion Jola akan kemampuan dirinya.

“Ada challenge tersendiri karena tadinya aku tidak terbiasa menyanyikan lagu ballad yang megah seperti di lagu ini. Dari segi suara, ada explore yang lebih dari yang biasanya aku lakukan dan ternyata lagu ini membuktikan kalo aku punya kapasitas vokal yang lebih dari kemampuanku yang lalu-lalu. Lebih berkarakter, aku mampu bernyanyi bernyanyi lebih luas sekarang, mampu bernyanyi di range tertentu yang jarang aku coba. Jadi orang-orang yang mengikuti perjalananku bisa merasakan perkembangan bermusik aku dalam karya-karyaku,” ungkap Marion.

Bukan Manusia (Lirik)

Di ujung kata kau sampaikan

Selesai sudah hubungan kita

Kau dulu yang memulai dengan indah

Engkau juga yang akhiri dengan luka

Kuteriak tanpa suara

Sungguh menyiksa di dada

Seringkali kau ucap kata pisah

Seakan aku buatmu tak berharga

Bila sakitku itu buatmu bahagia

Jelas sudah kau bukan manusia

Tak punya hati dan tak punya perasaan

Kurangku apa untuk semua

Pengorbanan, air mata

yang jatuh ‘tuk pertahankan

Hubungan kita

Jutaan kali aku mencoba

Merubah akhir kisah cinta kita

Sampai kapan pun kau tetap saja

Hancurkan hati hingga tak bersisa

Hancur..

Bila sakitku itu buatmu bahagia

Jelas sudah kau bukan manusia

Tak punya hati dan tak punya perasaan

Kurangku apa untukmu semua

Pengorbanan, air mata

yang jatuh tuk pertahankan

Hubungan kita

Dan inilah akhir hubungan kita

  • Composed by Marion Jola & Dennis Talakua
  • Produced by Marion Jola & Dennis Talakua
  • Vocal Produced by Irvanat
  • Mixed by Rayendra Sunito
  • Mastered by Dimas Pradipta at Sumit Studio
  • Label Rekaman: Universal Music Indonesia

Tentunya Marion Jola berharap dengan adanya lagu ini, penikmat musiknya bisa meluapkan perasaan sakit, terluka dan amarahnya akan situasi atau sosok manusia yang menyakiti mereka dengan mendengarkan lagu ini. Namun bukan hanya itu, semoga mereka mampu menerima perpisahan atau kegagalan itu di saat mendengarkan lagu ini dari awal sampai akhir.

Follow Marion Jola:

“Semoga lagu ini bisa menemani saat terluka hingga nanti didengarkan lagi untuk menjadi kenangan bagi mereka yang sudah berhasil selamat melewati kisah bersama si ‘Bukan Manusia’ itu yah,” harap Marion Jola. (Nada Ahmad)***

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rhea Asmara Rilis Single Lagu Ke-2 “Merayu Waktu”

10 Juli 2024 - 21:20 WIB

Insomniacks Gandeng Nabila Taqiyyah, Rilis Single Berjudul “Belum Mulai”

10 Juli 2024 - 15:51 WIB

Ariana Grande Rilis Music Video ‘The Boys is Mine’, Promo di Indonesia

19 Juni 2024 - 09:02 WIB

Electra Kemas “Kau” Milik T-Five Menjadi Fresh dan Kekinian

19 Juni 2024 - 08:03 WIB

Anesseria Rilis Debut Album “Suar”

9 Juni 2024 - 20:16 WIB

Single “Hanya Lolongan”, Nabila Taqiyyah Angkat Budaya Aceh

17 Mei 2024 - 21:12 WIB

Trending di Musik