Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Mei 2022 22:16 WIB ·

Etape V Giro d’Italia: Demare Unggul Sprint Finis, Kaus Pink Masih Dikuasai Lopez

 Sprinter Prancis Arnaud Demare (Groupama FDJ) akhirnya bisa merebut kemenangan adu sprint massal, etape V Giro d’Italia 2022 di Messina, Pulau Sicilia,Italia pada Rabu (11/5/2022). (Foto: Gian Matta D’Alberto/La Presse).* Perbesar

Sprinter Prancis Arnaud Demare (Groupama FDJ) akhirnya bisa merebut kemenangan adu sprint massal, etape V Giro d’Italia 2022 di Messina, Pulau Sicilia,Italia pada Rabu (11/5/2022). (Foto: Gian Matta D’Alberto/La Presse).*

MESSINA, ITALIA (TUGUBANDUNG.ID) – Sprinter Prancis bertubuh jangkung Arnaud Demare (30) dari tim Groupama FDJ yang gagal menang adu sprint pada jangka waktu yang cukup lama, akhirnya memulihkan kembali kepercayaan dirinya saat mengandalkan tenaga sprint yang eksplosif untuk merebut etape V balap sepeda Giro d’Italia edisi ke-105/2022 yang finis di Kota Messina, Pulau Sicilia, Italia pada Rabu (11/5/2022).

Demare mengungguli para sprinter lainnya di garis akhir menyelesaikan rute perbukitan/datar 174 km dari Catania ke Messina dengan waktu 4 jam 3 menit 56 detik.

Dua pesaing terdekatnya Fernando Gavria (UAE Team Emirates/Kolombia) dan Giacomo Nizzolo (Israel Pemier Tech/Italia) finis di urutan kedua dan tiga dengan waktu sama.

Sementara Juan Pedro Lopez (Trek Segafredo/Spanyol) mengamankan kaus pink (pimpinan klasemen) dengan finis bersama dalam peloton besar dengan waktu sama.

Tidak ada perubahan di klasemen umum, hingga etape V Juan Pedro Lopez yang merebut kaus pink sehari sebelumnya di rute tanjakan Etape IV (Mount Etna) masih memimpin klasemen unggul 39 detik atas Lennard Kamna (Bora Hansgrohe/Jerman) di posisi kedua, dan urutan ketiga Ren Taaramae (Intermarche-Wanty/Estonia) + 58 detik.

Kaus Pink

Para pembalap unggulan membayangi ketat pemegang kaus pink Pedro Lopez di klasemen umum untuk melakukan gebrakan pada saat yang tepat dalam upaya merebut kaus pink yang kini dikuasai Lopez.

Persaingan terjadi di antara pembalap yang mempunyai kemampuan tangguh di tanjakan dan ITT, yaitu rangking ke-4 Simon Yates (BikeExchange/Inggris) + 1 menit 42 detik, urutan ke-5 Pelo Bilbao (Bahrain Victorious/Spanyol) + 2 menit, ke-9 Richie Porte(Ineos/Australia) + 2 menit 4 detik, ke-10 Romain Bardet (DSM/Prancis) + 2 menit 6 detik dan urutan ke-11 juara Giro 2019 Richard Carapaz (Ineos/Ekuador) + 2 menit 6 detik.

Adu sprint finis etape V berlangsung tanpa adanya dua sprinter tangguh yang seharusnya paling diunggulkan untuk bisa memenangi etape V yang merupakan etape terakhir di Pulau Sicilia.

Dua sprinter terkemuka, Mark Cavendish (Quick Step/Inggris) pemenang 16 etape Giro dan Caleb Ewan (Lotto Soudal/Australia), kedua sprinter ini lepas dari peloton utama dan tertinggal pada rute perbukitan 60 km di awal etape V di dua grup kecil.

Rekan satu timnya dan pembalap tim lain membantu upaya Cavendish dan Ewan untuk bisa menyusul, namun tetap tidak berhasil dan tertinggal 3 menit dari peloton utama.

“Saya amat gembira mengakhiri masa-masa sulit selama setahun ini tanpa bisa meraih kemenangan, juga bagi tim saya Groupama FDJ yang kini bisa merasa lega setidaknya sudah memenangi satu etape di Giro 2022. Tak hadirnya dua sprinter terkemuka di peloton utama, Cavendish dan Ewan sudah tentu membuat upaya saya untuk bisa merebut kemenangan menjadi lebih mudah,” ungkap Demare. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 148 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Parlemen Kota Bandung Siap Mengawal Kelanjutan Gugatan Alians Eks-Karyawan Pikiran Rakyat Sesuai Koridor Hukum, Jangan Ada Pihak  yang “Masuk Angin”

13 Juni 2024 - 10:37 WIB

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Hari Ini, Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Berada di Kota Palu Sulawesi Tengah, Sampaikan Sharing Komunikasi kepada Personel Tiga Institusi Berbeda

12 Juni 2024 - 07:49 WIB

Trending di Berita