Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Agu 2022 18:47 WIB ·

SMA Trinitas Kalahkan SMAN 2 di Final Youth Red Bull Basketball Championships 2022

 Tim basket SMA Trinitas (duduk) dan SMAN 2 Bandung (berdiri, kaus putih) menjelang laga final turnamen Red Bull Youth Basketball Championships 2022 Seri Bandung di GOR Laga Tangkas, Arcamanik, Kota Bandung pada Senin (1/8/2022). (Foto: Dok. Charets).* Perbesar

Tim basket SMA Trinitas (duduk) dan SMAN 2 Bandung (berdiri, kaus putih) menjelang laga final turnamen Red Bull Youth Basketball Championships 2022 Seri Bandung di GOR Laga Tangkas, Arcamanik, Kota Bandung pada Senin (1/8/2022). (Foto: Dok. Charets).*

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – SMA Trinitas akhirnya berhasil mengalahkan SMA Negeri 2 Bandung pada babak final turnamen Red Bull Youth Basketball Championships 2022 Seri Bandung di GOR Laga Tangkas, Arcamanik, Kota Bandung pada Senin (1/8/2022).

Dengan kemenangan ini, SMA Trinitas berhasil membalas kekalahan dari SMAN 2 pada babak semifinal turnamen Unpas Basketball Championship yang berlangsung akhir Juni lalu dan berhak tampil mewakili Kota Bandung melawan 5 tim wakil dari kota yang berasal dari Pulau Jawa dan Sumatera.

Turnamen yang telah berlangsung sejak Sabtu (30/7/2022), mengantarkan Tim SMA Trinitas sebagai juara wilayah Bandung mengalahkan tim kuat “Charets” SMAN 2 Bandung.

Rekor pertemuan SMA Trinitas dan SMAN 2 dalam kompetisi basket selama 2 bulan terakhir adalah saling mengalahkan (1-1 /draw), menang satu kali dan kalah satu kali.

Pada final Seri Bandung antara SMA Trinitas dan SMAN 2, pertandingan berlangsung ketat dan menarik. Kedua tim saling mengejar poin dengan selisih tipis. SMA Trinitas keluar sebagai juara setelah meraih kemenangan dengan skor 52-47.

Asisten Pelatih Tim Basket SMAN 2 Bandung, Yosef Pratiknyo, menilai anak asuhnya sudah berusaha keras menampilkan permainan terbaiknya, hanya saja sedikit kesalahan dan kelengahan yang terjadi dapat dimanfaatkan lawan untuk mencetak poin.

“Kita sudah berusaha maksimal, dari hasil dari prosesnya dari kuarter satu sampai empat, lawannya sudah lebih baik saja,” ungkap Yosef.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Bandung Yanyan Supriyatna R.S yang menyaksikan secara langsung pertandingan final, merasa bangga atas apa yang telah dilakukan tim basket SMAN 2 Bandung meski kalah di laga puncak.

“Saya bangga dan menyaksikan sendiri perjuangan keras anak-anak, ini penampilan terbaik tim basket SMA Negeri 2 Bandung yang pernah saya tonton. Tetap semangat berlatih, kita bangkit kembali untuk menghadapi turnamen ke depan,” ujar Yanyan.

Kepala Sekolah SMAN 2 Bandung Yanyan Supriyatna R berfoto bersama tim basket SMAN 2 Bandung yang menduduki runner up dalam Turnamen Red Bull Youth Basketball Championships 2022 Seri Bandung. (Foto: Dok. Charets).*

Di lain pihak, pelatih SMA Trinitas, Daniel Siswanto, mengaku bersyukur pada pertandingan final anak asuhnya berhasil meraih juara pada Turnamen ini. Hasil tersebut menurutnya, sesuai dengan target yang diinginkan. Selain itu, keberhasilan meraih gelar juara tersebut tak lepas dari kerja keras yang ditampilkan oleh anak asuhnya. Pasalnya, pada pertandingan tersebut SMAN 2 Bandung tampil baik, hal itu terlihat dengan jalan laga yang berlangsung ketat.

“Saya senang anak-anak kerja keras sampai akhir, walaupun performa kita kurang bagus tidak seperti kemarin, awal-awal kita sempat tertekan, ada beban jadi main gak lepas, tapi di akhir bisa bermain lepas dan menang,” kata Daniel, dikutip dari Indosport.

Turnamen Red Bull Basketball Championships 2022 seri Bandung diikuti tim berkualitas dan kompetitif, dan memiliki persaingan antar tim yang ketat. Selain laga final, pertandingan menarik juga terjadi pada perebutan juara ke-3, antara SMAN 1 Baleendah melawan SMA Kuntum Cemerlang. Tampil merebut juara ke-3 SMA Kuntum Cemerlang yang mengalahkan SMAN 1 Baleendah, dengan skor 41-34.

Sebelum memasuki babak final, partai semifinal mempertemukan SMA Trinitas vs SMA 1 Baleendah yang dimenangkan Trinitas dengan skor 50-37, sedangkan SMAN 2 Bandung mengalahkan SMA Kuntum Cemerlang dengan nilai skor 36-31.

Team Manager “Charets Basketball” basket SMAN 2 Bandung, Budi Setiawan mengatakan, SMA Trinitas dan SMAN 2 Bandung menampilkan aksi yang mengesankan, pola permainan yang sangat cantik, apik, dan memikat, keduanya layak sama-sama berada di puncak pertandingan. “Keduanya bermain bagus, layak menjadi tim yang berlaga di final. Soal kalah dan menang, sesuatu yang wajar terjadi dalam sebuah pertandingan. Kadang kita menang, kadang kita belajar dari kekalahan,” ujar Budi.

Lebih jauh, Budi mengapresiasi para supporter kedua belah pihak yang saling bersahutan memberikan dukungan positif untuk tim kesayangan, memberikan dorongan semangat dengan tetap menjunjung sportivitas di antara kedua tim. “Selamat untuk supporter SMAN 2 yang berhasil menjadi supporter terbaik dalam turnamen ini. Terus memberi contoh menjadi pendukung yang sehat, sportif, perbanyak kawan bukan lawan, kreatif dan cinta damai,” ucapnya.

Kejuaraan ini memberikan penghargaan kepada supoorter terbaik (best supporter) yang dimenangkan SMAN 2 Bandung, kemudian pada kompetisi dance best costume diraih SMAN 1 Baleendah, dan best modern dance SMAN 22 Bandung sebagai juara, diikuti peringat kedua SMAN 1 Baleendah dan ketiga SMAN 2 Bandung.

Setelah usai menjuarai turnamen ini, SMA Trinitas harus bersiap berjuang mewakili Bandung di ajang Grand Final Red Bull Basketball Championships 2022 yang berlangsung di Jakarta pada bulan September 2022. Saat ini sudah ada dua tim yang memastikan diri tampil di Grand Final, yaitu SMAN 116 yang akan menjadi wakil Jakarta dan SMA Trinitas sebagai wakil wilayah Bandung Raya.

Red Bull Basketball Championships 2022

Turnamen Red Bull Basketball Championships 2022 adalah kejuaraan bola basket antar SMA/sederajat dan berlangsung di dua pulau besar Indonesia, yakni Jawa dan Sumatera mulai 23 Juli 2022 hingga 11 September 2022. Turnamen ini adalah salah-satu wadah mencari atlet muda berbakat untuk nantinya menjadi penerus tulang punggung timnas Bola Basket Indonesia.

Kini event olahraga dapat dilakukan kembali setelah hampir 2 tahun berhenti akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Kejuraan ini dapat berlangsung atas kerjasama minuman suplemen kesehatan Red Bull dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Juara 1, 2 dan 3 Turnamen Red Bull Youth Basketball Championships 2022 Seri Bandung berfoto bersama seusai menerima piala dan medali. (Foto: Dok. Charets).*

Di Pulau Jawa, kejuaraan ini diselenggarakan di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Sementara di Pulau Sumatera akan berlangsung di Medan dan Pekanbaru. Nantinya, SMA yang jadi peserta di kota-kota tersebut akan saling beradu untuk menjadi pemenang Regional. Kemudian tiap pemenang dari masing-masing kota akan kembali dipertemukan dalam partai Grand Final yang berlangsung di Jakarta pada 10-11 September 2022 mendatang. ***

Artikel ini telah dibaca 604 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Mobil Tak Bisa Lewat Akibat Jalan Longsor Di Desa Depok Garut, Aktivitas Warga Terganggu

4 Maret 2024 - 19:04 WIB

Lima Tahun Berturut-Turut, Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™

4 Maret 2024 - 18:03 WIB

Tingkatkan Minat Olahraga, Prawira Harum Bandung Ajak Ratusan Pelajar Nonton Langsung

4 Maret 2024 - 17:57 WIB

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN, Menteri BUMN: Akan Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

4 Maret 2024 - 17:48 WIB

Kawanan Pelajar SMP di Tasikmalaya Maling Motor dan Kotak Amal Masjid

4 Maret 2024 - 16:51 WIB

Dari Pulau Sumatera, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Singgah di Kota Sampit Sampaikan Sharing Komunikasi dan Ditpolairud Polda Kalteng

4 Maret 2024 - 15:45 WIB

Trending di Berita