Menu

Mode Gelap

Berita · 21 Mar 2022 16:52 WIB ·

Perang Modern Mengandalkan Jaringan Komunikasi Data

 Kebaruan teknologi dalam sistem CTDLS Link ID hasil pengembangan Len yakni adanya standar protokol komunikasi data taktis nasional yang baru, yaitu Link ID. Perbesar

Kebaruan teknologi dalam sistem CTDLS Link ID hasil pengembangan Len yakni adanya standar protokol komunikasi data taktis nasional yang baru, yaitu Link ID.

TUGUBANDUNG.ID –  Perang modern mengandalkan jaringan komunikasi dan data. Doktrin perang modern sudah berbeda dengan perang klasik. Bukan lagi Platform Centric Warfare tetapi sudah Network Centric Warfare (NCW). Sistem pertahanan dan keamanan perang modern mengedepankan jaringan komunikasi data yang canggih.

Direktur Utama PT Len Industri (Persero), Bobby Rasyidin menuturkan pihaknya telah mengembangkan dan  menjajal Communication Tactical Data Link System (CTDLS). Baik dalam latihan gabungan maupun operasi militer di Indonesia. 

“CTDLS ini kami namakan CTDLS Link ID di matra udara, lalu NCS Link ID di matra laut,” katanya.

Terhubungnya semua unsur dalam sebuah jaringan komunikasi data, sehingga pertukaran data taktis, menurutnya, menciptakan situational awareness yang lebih luas, cepat, dan akurat. Sehingga peran Len di sini adalah sebagai integrator sistem semua matra.

Koordinasi  antar matra baik darat, laut, maupun udara beserta seluruh komponen tempurnya  menjadi kunci kesuksesan sebuah misi. Namun, kompleksitas  berbagai  jenis  alat utama sistem  senjata (alutsista). Serta situasi taktis yang senantiasa bisa berubah dapat  memperumit koordinasi dan mempersulit untuk mendapatkan situasi tempur atau situasional awareness yang terkini dan valid.

Artikel ini telah dibaca 485 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita