Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Jun 2022 08:38 WIB ·

Koordinasi Pemda dengan Penyelenggara MUX Sangat Penting

 KOMINFO.GO.ID Perbesar

KOMINFO.GO.ID

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) –Koordinasi antara pemerintah daerah dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan penyelenggara multipleksing sangat dibutuhkan untuk mempercepat pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO) atau perpindahan siaran televisi analog ke siaran tv digital.

“Saya meminta perusahaan penyelenggara multipleksing untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait lainnya, terutama dalam distribusi bantuan Set-Top-Box (STB) bagi keluarga miskin,” demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate pada Rapat Koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Daerah mengenai Data Rumah Tangga Miskin dalam rangka Migrasi TV Analog ke TV Digital, yang berlangsung secara virtual dari Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menteri Johnny menegaskan bahwa pelaksanaan program ASO ini harus serentak tidak bisa parsial. “Saya minta mulai mendiskusikannya sekaligus memberikan tantangan kepada perusahaan-perusahaan televisi. Apa mungkin ASO dilakukan dari ibukota? Selama ini yang kita lakukan dari periferal atau pinggir. Kita bisa melakukan dari pinggir dan dari tengah, sehingga ini akan kita lakukan bersama-sama,” kata Johnny G Plate.

Apa yang disampaikan Menteri Kominfo selaras dengan kenyataan yang ada di lapangan. Pada konferensi pers Mei lalu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat Adiyana Slamet menilai kolaborasi dan kordinasi dari pemegang Mux  dengan pemerintah daerah di berbagai tingkatan hingga ke KPID Jabar, belum berjalan optimal.

KPID tidak dilibatkan dalam pendistribusian STB bahkan tidak ada informasi tentang rencana itu. “Dan yang terakhir, kami menemukan data alamat penerima manfaat STB gratis ini tidak lengkap. Di mana RT/RW dari penerima manfaat ini tidak ada. Ini akan sangat menjadi rawan pembagian STB tidak tepat sasaran. Meski memang dari regulasi yang ada tidak ada peran KPID dalam penyaluran STB,” katanya.

Adiyana menandaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin bersama pemerintah provinsi, melakukan berbagai cara, agar molornya ASO ini tidak terjadi berlarut larut. “Kami akan berupaya berbicara dengan pemerintah pusat dan pemegang Mux agar pendistribusian bisa melibatkan pemerintah daerah demi ketepatan sasaran penerima manfaat, sehingga molornya ASO ini tidak berlarut larut, ini salah satu cara yang akan terus kami upayakan,”ucapnya.

Jadwal ASO di Jabar

Untuk wilayah Jawa Barat, program ASO dimulai pada 30 April meski ada pemunduran pada beberapa kota dan kabupaten pada akhir Juni ini atau awal Juli mendatang. Daftar wilayah Kabupaten/Kota di Jabar yang kebagian jadwal penghentian siaran TV Analog pada 30 April 2022 adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon.

Selanjutnya Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya. Lalu Kabupaten Cianjur, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Sumedang.

Kemudian, penghentian siaran TV analog tahap kedua pada 25 Agustus 2022. Penghentian siaran televisi analoh pada tahap ini akan dilakukan di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Terakhir jadwal ASO tahap tiga akan dilakukan pada 2 November 2022 di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang. ***

Artikel ini telah dibaca 47 kali

Baca Lainnya

Masyarakat Masih Bisa Menikmati Tarif Khusus Kereta Api di Daop 2 Bandung

15 April 2024 - 16:00 WIB

Tren Harga Bahan Pokok di Jabar Menurun

15 April 2024 - 14:01 WIB

Bey: Pungutan Liar di Masjid Al Jabbar Momentum Sikat Pungli di Jabar

14 April 2024 - 16:14 WIB

Sopir Pick Up Terjepit Akibat Bertabrakan dengan Elf Di Jalan Raya Cisurupan Garut

14 April 2024 - 16:05 WIB

SOP di Masjid Raya Al Jabbar Diperbaiki untuk Tingkatkan Pelayanan

14 April 2024 - 15:40 WIB

Lebih dari 55 Ribu Pemudik Kembali ke Wilayah Daop 2 Bandung

14 April 2024 - 12:32 WIB

Trending di Berita