Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Jun 2022 20:41 WIB ·

Jelang Tour de France 2022, Marak Kejurnas Mancanegara

 Lomba Grand Tour paling bergengsi Tour de France (TdF) 2022 memberi tantangan berat bagi pesertanya di rute tanjakan pegunungan Alpen. Lomba akan dimulai Jumat (1/7/2022) dari Copenhagen Denmark dan akan berakhir di Paris, Prancis pada 24 Juli 2022, menempuh 3.450 km dan terbagi 21 etape. (Foto: Getty Images).* Perbesar

Lomba Grand Tour paling bergengsi Tour de France (TdF) 2022 memberi tantangan berat bagi pesertanya di rute tanjakan pegunungan Alpen. Lomba akan dimulai Jumat (1/7/2022) dari Copenhagen Denmark dan akan berakhir di Paris, Prancis pada 24 Juli 2022, menempuh 3.450 km dan terbagi 21 etape. (Foto: Getty Images).*

LOMBA balap sepeda Grand Tour paling terkemuka Tour de France (TdF) 2022 akan dimulai pekan depan, Jumat (1/7/2022) di Copenhagen, Denmark sebagai tuan rumah untuk tiga etape awal, kemudian di Prancis hingga finis akhir di Paris pada Minggu, 24 Juli 2022, menempuh 3.450 km dan terbagi ke dalam 21 etape.

Tantangan terberat yang jadi penentu juara umum adalah rute pegunungan Alpen, yang pastinya akan berlangsung sengit antara tim UAE Emirates diperkuat juara bertahan 2 kali Tadej Pogacar (Slovenia) vs tim Jumbo Visma yang dimotori Primoz Roglic (Slovenia) dan Jonas Vingegaard (Denmark).

Persiapan tim professional divisi 1 dan beberapa tim pro divisi 2 yang diundang ikut serta kini sudah memasuki tahap akhir dan nama atlet yang terpilih sudah ditentukan. Setiap tim diperkuat 8 pembalap.

Gelar kejurnas di mancanegara

Minggu ini sepekan jelang TdF menjadi waktu yang sibuk bagi federasi balap sepeda mancanegara untuk menggelar kejurnas di setiap negara yang olahraga sepedanya aktif dan maju. Ini sesuai ketentuan UCI (badan olahraga sepeda internasional), tujuannya menentukan juara nasional setiap negaranya untuk tahun ini yang berhak memakai kaus warna nasionalnya.

Ketentuan UCI, setiap negara yang menjadi anggota UCI diharuskan menggelar kejurnas putra dan putri selambatnya minggu ke-23 setiap tahun (minggu ketiga Juni).

Tujuannya agar setiap juara nasional yang ikut terpilih tim pro peserta TdF bisa memakai kaus juara nasional negaranya, yang tentu menjadi kebanggan atlet itu maupun negara dan timnya.

Di antara negara yang tangguh balap sepedanya sepeti Belanda, Belgia, Prancis, Italia, Australia, Slovenia, Inggris, Spanyol, AS, Kolombia, Ceska, Swiss, Polandia, dan Jerman. Sedangkan dari kawasan Asia, seperti Jepang, Korea, Tiongkok, Kazakstan, Malaysia, Thailand juga sudah mulai menggelar kejurnasnya, nomor ITT telah dilaksanakn awal pekan ini sedangkan nomor ORR (open road race) digelar akhir pekan ini Sabtu –Minggu (25-26/6/2022)

Sementara Indonesia (PB ISSI) baru akan menggelar Kejurnasnya pada 13-17 Juli di Banyuwangi, Jatim pada 13-17 Juli mendatang. Jadwal ini sebenanya sudah melewati batas waktu yang ditentukan UCI paling lambat minggu ketiga Juni.

Bagi negara negara yang atlet sepedanya masuk tim pro dan jadi juara nasional negaranya 2022, kemudian terpilih oleh timnya untuk mengikuti TdF 2022 akan memakai jersey timnya dengan warna khusus juara nasional negaranya.

Untuk kejuaraan nasional nomor ITT yang sudah digelar dan atletnya akan masuk nominasi timnya mengikuti TdF, di antaranya negara Slovenia yang menempatkan Jan Tratnik (Bahrain Victorious) sebagai juara nasional ITT, kemudian Belgia juaranya Remco Evenepoel (Quick Step-Alpha Vinyl), Prancis Bruno Armirail (Total Energie), dan Inggris juara ITT diraih Ethan Hayter (Ineos Greanadi).

Selanjutnya, Denmark Mathias Norsgaard (Movistar), Amerika Serikat Lawson Craddock (BikeExchange), Italia Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), Belanda Bauke Mollema (Trek Segafredo), Austria Felix Grobschartner (Bora Hansgrohe), Kolombia Daniel Martinez (Ineos Genadiers), dan Polandia Maciej Bodnar (Total Energie). (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita