CIANJUR (TUGUBANDUNG.ID) – PT PLN (Persero) terus mendukung pemulihan pasca gempa Cianjur dengan menyelesaikan penyambungan listrik untuk hunian tetap (huntap). Hunian tetap merupakan program pemerintah untuk memberikan tempat relokasi bagi masyarakat yang rumahnya terdampak gempa dan berada di jalur sesar aktif.
PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar) melalui PLN UP3 Cianjur memulai pembangunan gardu dan jaringan di lokasi hunian tetap Sirnagalih Kecamatan Cilaku pada awal Januari 2023. Selanjutnya, pada Senin (30/1/2023) sebanyak 200 rumah di kawasan Huntap telah dialiri listrik.
“PLN siap hadir menjadi penggerak percepatan pemulihan pasca gempa. Kami menyadari sepenuhnya bahwa listrik merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat sehingga pasokannya dapat menjadi pembangkit aktivitas perekonomian masyarakat yang sempat terganggu karena bencana,” kata Susiana Mutia, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat.
Susi menjelaskan, PLN melakukan penyambungan baru daya 900VA untuk seluruh huntap. Untuk huntap tahap pertama ini, PLN telah memasang trafo 200 KVA dan 13 tiang TR. Selain melakukan penyambungan baru di lokasi huntap Sirnagalih, saat ini PLN tengah memulai pembangunan gardu dan jaringan untuk huntap tahap 2 di Mande. Rencananya, PLN akan memasang 153 kWh meter untuk hunian tetap Cianjur tahap 2.
“PLN, Pemerintah Kabupaten Cianjur, dan pihak pelaksana pembangunan Huntap berkomunikasi secara intens. Hal ini karena pembangunan aset listrik PLN seiring dengan pembangunan hunian sehingga saat rumah selesai dibangun, listrik segera dapat dipasang dan disambungkan lalu penghuni dapat segera menempatinya dengan nyaman,” terang Susiana.
Sementara itu, Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Cianjur, Kholis menyampaikan bahwa kerja sama dengan PLN berjalan dengan baik.
“Pada saat mendapat info pembangunan hunian tetap di Cianjur, kami langsung berkoordinasi dengan PLN. Tanggapan PLN sangat baik dan cepat. Selanjutnya dari pihak pelaksana sendiri tidak pernah ada komplain, kami artikan koordinasi dan komunikasi PLN dan pelaksana telah terjalin baik,” katanya.
PLN terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang memerlukan listrik. Informasi terkait kelistrikan dapat diperoleh melalui aplikasi PLN Mobile sehingga masyarakat dapat mengakses layanan PLN dimanapun dan kapanpun. (Pun)