Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Agu 2022 22:54 WIB ·

Warga Kota Bandung, Yuk Siapkan Set Top Box Untuk Siaran TV Digital

 nggota Komisi 1 DPR RI, Muhammad Farhan bersama Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet Perbesar

nggota Komisi 1 DPR RI, Muhammad Farhan bersama Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet

TUGUBANDUNG.ID – Anggota Komisi 1 DPR RI, Muhammad Farhan bersama Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet dan bergabung secara online Direktur Pengelolaan Media Kemkominfo RI menjadi pembicara seputar Sosialisasi Analog Swich Off (ASO) sekaligus penyerahan set top box (STB) secara simbolis kepada 10 orang masyarakat Bandung.
Kegiatan dilaksanakan di Hotel Holiday inn Jalan Pasteur Kota Bandung, Senin (22/8/2022)
Dalam acara tersebut, Farhan, mengimbau kepada masyarakat agar turut mendukung dan menyukseskan program Analog Swich Off.
“Menyukseskan siaran tv digital itu ibarat menyukseskan Persib dalam pertandingan sepak bola. Butuh kolaborasi yang baik antara pelatih, pemain bahkan lapangan bola itu sendiri. Begitupun dengan ASO harus ada kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan juga penyedia STB agar semua bisa berjalan beriringan,” kata Farhan.
“Warga kota Bandung dan sekitarnya agar siap menghadapi ASO. Lebih baik masyarakat tidak merokok 1 minggu lantas uangnya bisa dibelikan set top box dan jauh lebih bermanfaat,” ujarnya berkelakar.
Sementara Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet memaparkan bahwa fakta dilapangan menyebutkan masyarakat siap ASO. Hanya saja, kata dia, yang menjadi tantangan adalah banyak masyarakat yang belum memahami benar apa yang harus dilakukan untuk mencapai tahap ASO.
Adiyana juga menjelaskan bahwa jika ASO berjalan lancar, tentu bukan hanya tayangan yang secara kualitas jadi lebih baik yang bisa diterima oleh masyarakat.
“Namun juga ekonomi digital bisa makin berkembang. Hal ini selaras dengan fakta bahwa jika siaran digital sudah terealisasi maka otomatis akan semakin terbuka kanal siaran untuk pendatang baru dalam hal ini konten creator, dan tentu jika itu berjalan selaras secara otomatis ekonomi digital pasti meningkat,” tuturnya.
Ia juga menambahkan demi membuat sehat konten siaran, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama menjaga mata dan telinga.
“Dengan demikian masyarakat terus menyaksikan konten konten yang berkualitas nantinya,” tandasnya.
Indonesia sendiri telah memasuki analog swich off secara bertahap yang dimulai sejak 30 April 2022 hingga 2 November 2022 mendatang.
Masyarakat yang masih memiliki tv analog diharapkan sudah mulai membeli set top box demi tetap bisa menonton acara kesayangan di televisi.
Sementara untuk Rumah tangga miskin yang masuk kriteria nantinya akan mendapat bantuan set top box gratis dari penyelenggara multiflexing. Jika bantuan kurang nantinya akan ada pemberian bantuan tambahan dari kemkominfo RI sesuai dengan PP 46 tahun 2021.
Bandung dan sekitarnya sendiri dijadwalkan akan masuk ASO tahap dua yang akan berlangsung Kamis, 25 Agustus 2022.***
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Hari Ini, Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Berada di Kota Palu Sulawesi Tengah, Sampaikan Sharing Komunikasi kepada Personel Tiga Institusi Berbeda

12 Juni 2024 - 07:49 WIB

Perbaikan Pipa Selesai, Air Baku dari Cikalong Sudah Dialirkan Kembali

12 Juni 2024 - 07:36 WIB

Trending di Berita