Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Jul 2022 19:55 WIB ·

Unpas Lakukan Studi Komparatif dan Jalin Kerjasama dengan UB dan UMM Malang

 DEKAN FISIP Unpas Dr M Budiana saling bertukar cenderamata dengan Dekan FISIP Unibraw Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si serta unsur pimpinan kedua lembaga di Kampus Unibraw Malang, Jatim, Selasa 12 Juli 2022. (Foto-foto: Dok. FISIP Unpas).* Perbesar

DEKAN FISIP Unpas Dr M Budiana saling bertukar cenderamata dengan Dekan FISIP Unibraw Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si serta unsur pimpinan kedua lembaga di Kampus Unibraw Malang, Jatim, Selasa 12 Juli 2022. (Foto-foto: Dok. FISIP Unpas).*

MALANG (TUGUBANDUNG.ID) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (FISIP Unpas) melaksanakan Studi Komparatif di dua kampus besar di Kota Malang, yakni FISIP Universitas Brawijaya (UB) dan FISiP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan berlangsung pada 12-15 Juli 2022.

Rombongan FISIP Unpas dipimpin langsung Dekan FISIP Unpas Dr M Budiana didampingi Warek III Unpas Dr Deden Ramdan, MM, Wadek II FISIP Unpas Dra Yulia Segarwati, MSi Sekretaris Prodi Ilkom FISIP Unpas Vera Hermawan, S.I.Kom, M.I.Kom, dan jajaran dosen.

Selain saling bertukar informasi dan sharing pengalaman ihwal pengelolaan pendidikan pada fakultas masing-masing, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan (Memorandum of Agreement/MoA) yang akan menjadi payung besar berbagai program kerjasama di masa mendatang. Baik antara FISIP Unpas dengan FISIP UB maupun FISIP Unpas dengan FISIP UMM.

Penguatan kerjasama terutama dalam kaitan dengan pengelolaan Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi bagian dari FISIP di ketiga universitas tersebut.

“Kami sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Barat tentu juga harus mendapatkan ‘insight’ yang lebih luas dan komparatif dengan berbagai perguruan tinggi lainnya. Lebih jauh lagi menjalin kemitraan dan kerjasama yang saling membawa manfaat,” ungkap M Budiana.

Kerjasama ketiga lembaga ke depan terutama diarahkan dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun bentuk kerjasama tersebut di antaranya pertukaran pelajar, kerjasama proyek penelitian, kerjasama pkm, kerjasama publikasi ilmiah, pengembangan keorganisasian mahasiswa dan kurikulum, serta penyelenggaraan konferensi, pelatihan dan seminar.

Kerjasama ini merupakan upaya bentuk dari Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang perjanjiannya akan berlangsung selama 5 tahun kedepan.

Hal ini sangat disambut baik oleh Dekan FISIP UB, Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UB, Diyah Ayu Amalia Avina, S.E., M.Si.

Hal serupa juga direspons positif oleh unsur pimpinan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang yang dipimpin Dekan FISIP UMM Dr Muslimin Machmud. MSi. ***

DEKAN FISIP Unpas Dr M Budiana menandatangani MoU dengan Dekan FISIP UMM Dr Muslimin disaksikan Wakil Rektor III Unpas Dr Deden Ramdan di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa 12 Juli 2022. (Foto-foto: Dok. FISIP Unpas).*

Artikel ini telah dibaca 367 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ranperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

12 Juli 2024 - 20:30 WIB

Bey Machmudin: Jangan Ada Perundungan Kegiatan Orientasi Sekolah

12 Juli 2024 - 20:24 WIB

Perkuat Pasar Jabar, Chery Tambah Jaringan Diler di Bandung

12 Juli 2024 - 20:12 WIB

Tour de France ke-111/2024: Girmay “New Sprint Boss”

12 Juli 2024 - 18:54 WIB

HARI KOPERASI Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

12 Juli 2024 - 12:16 WIB

Tour de France ke-111/2024: Duel Klasik Dua Jawara TdF Jonas vs Pogacar

11 Juli 2024 - 21:54 WIB

Trending di Berita