Menu

Mode Gelap

Berita · 12 Jul 2022 21:23 WIB ·

Belajar Berbagi dan Peduli, TK Darul Hikam Ajak Siswanya Berkurban Sejak Dini

 Ketua Yayasan Darul Hikam Sodik Mudjahid menyaksikan Kepala Sekolah TK Darul Hikam Siti Saadah membagikan daging kurban pada acara penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban di TK Darul Hikam, Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung, Selasa, 12 Juli 2022. (Foto: Ade BI/Tugu Bandung).* Perbesar

Ketua Yayasan Darul Hikam Sodik Mudjahid menyaksikan Kepala Sekolah TK Darul Hikam Siti Saadah membagikan daging kurban pada acara penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban di TK Darul Hikam, Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung, Selasa, 12 Juli 2022. (Foto: Ade BI/Tugu Bandung).*

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Berkurban merupakan keutamaan ibadah bagi umat muslim yang mampu, kemampuan tersebut bisa diajarkan sejak dini sehingga menjadi suatu kebiasaan yang sudah tertanam dalam diri anak-anak.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Sekolah TK Darul Hikam Siti Saadah, pada acara penyembelihan dan pembagian daging hewan kurban di TK Darul Hikam, Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung pada Selasa, 12 Juli 2022.

Menurutnya, anak-anak di TK Darul Hikam biasanya antusias saat menjelang Idul Adha. Mereka ikut memilih hingga memberi makan hewan kurbannya.

Selain nilai agama, ada banyak hal lain yang bisa diajarkan pada anak anak dari perayaan Idul Adha kata Siti.

Siti mengutarakan yang pertama adalah belajar berbagi.

“Secara mendasar, berkurban mengajarkan anak-anak untuk berbagi dan memberi pada orang yang tidak mampu atau yang membutuhkan,” ujarnya.

Hal yang kedua mengajarkan pada keistimewaan sebaik mungkin, dimana anak-anak diajarkan berkurban adalah mengorbankan sebagian harta untuk membeli hewan kurban yang akan dibagikan.

“Mereka infak dari uang jajan. Kalau mereka punya uang jajan cukup, mereka harus menggunakan sebaik mungkin. Di setiap harta yang dimiliki ada orang lain yang perlu dibantu, ” tambah Siti.

Ketiga, berkurban belajar menjadi ikhlas dan dermawan, salah satu nilai taqwa character building. Siti mengungkapkan bahwa memberi dibutuhkan keikhlasan, dan anak anak merasakan kebahagiaan dengan membantu orang lain. Dengan belajar ikhlas, anak-anak belajar menjadi dermawan sejak dini.

Selain itu, menurut Siti, berkurban menanamkan kepekaan dan kepedulian sosial, untuk memberi dibutuhkan kepekaan menentukan siapa saja yang membutuhkan bantuan.

“Anak anak akan belajar peka dan empati dalam mengenal orang yang membutuhkan bantuan di lingkungan sosialnya, di rumah, dan di sekolah. Salah satu langkah bahwa anak anak mampu mengembangkan kecerdasan sosialnya,” ungkapnya.

Terakhir kurban merupakan salah satu cara memberikan kebahagiaan pada orang lain. Berkurban mengajarkan anak anak untuk bekerjasama dan bergotong royong. Diperlihatkan saat kerjasama dalam proses penyembelihan hewan kurban.

Sementara itu, menurut Wakasek Kesiswaan TK Darul Hikam Hesti Widayanti, pada Idul Adha tahun ini TK Darul Hikam menyembelih 1 ekor sapi, dan 2 ekor kambing.

Hewan kurban diperoleh dari titipan orang tua siswa dan infaq anak-anak.

“Selain titipan orang tua siswa, hewan kurban diperoleh dari infaq anak-anak yang sudah dilakukan sejak ramadan,” pungkasnya. ***

Artikel ini telah dibaca 95 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Ranperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

12 Juli 2024 - 20:30 WIB

Bey Machmudin: Jangan Ada Perundungan Kegiatan Orientasi Sekolah

12 Juli 2024 - 20:24 WIB

Perkuat Pasar Jabar, Chery Tambah Jaringan Diler di Bandung

12 Juli 2024 - 20:12 WIB

Tour de France ke-111/2024: Girmay “New Sprint Boss”

12 Juli 2024 - 18:54 WIB

HARI KOPERASI Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

12 Juli 2024 - 12:16 WIB

Tour de France ke-111/2024: Duel Klasik Dua Jawara TdF Jonas vs Pogacar

11 Juli 2024 - 21:54 WIB

Trending di Berita