Menu

Mode Gelap

Didaktika · 8 Mar 2022 19:20 WIB ·

Tertarik Kuliah Komunikasi? Intip Prodi Ilmu Komunikasi Unla Yuk!

 Seorang dosen sedang memberikan materi di kelas pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Unla, Jumat (28/3/2019), sebelum masa pandemi Covid-19 berlangsung (Foto: Dok. Ilkom Unla).* Perbesar

Seorang dosen sedang memberikan materi di kelas pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Unla, Jumat (28/3/2019), sebelum masa pandemi Covid-19 berlangsung (Foto: Dok. Ilkom Unla).*

TUGUBANDUNG.ID – Ilmu komunikasi sebenarnya berhubungan dengan semua hal yang ada di sekitar kita. Kegiatan komunikasi tidak akan lepas dari kehidupan kita guys. Ngobrol sehari-hari, chat dan telponan sama gebetan, dan asyik bermain media sosial merupakan bentuk komunikasi lho!

Dari bangun pagi hingga tidur di malam hari, kegiatan kamu akan berhubungan erat dengan komunikasi.

Misalnya, sebelum berangkat kuliah di pagi hari, kamu mendengarkan penyiar favoritmu di radio kesayangan, siang menonton host atau anchor kesayangan membewarakan berita di televisi, atau melihat vlogger menyampaikan liputan kuliner khas Kota Bandung kepada penontonnya di YouTube sambil menunggu Persib bermain di Liga 1 pada malam hari.

Nah, semua itu merupakan bagian kecil dari ilmu komunikasi. Lebih jauh, banyak yang salah menangkap bahwa ilmu komunikasi hanya khusus untuk orang-orang yang suka ngomong doang. Salah besar!

Salah-satu kegiatan yang diadakan Prodi ilmu Komunikasi Unla di Wisma Buana Kampus Unla, Jalan Karapitan No. 116 Bandung, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung (Foto: Dok. Prodi Ilkom).*

Mengapa Pilih Ilmu Komunikasi?

Jika kamu memiliki karakter kritis, berwawasan luas, senang menganalisis, senang melakukan riset, keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, bisa bekerjasama dengan tim, senang menulis, up to date dengan trend terbaru, senang membaca, senang bekerja di lapangan, dan suka memecahkan masalah, kamu cocok kuliah di jurusan ilmu komunikasi!

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, bisa dimulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi antarbudaya, komunikasi media sosial hingga seni.

Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antarmanusia dan kehidupan sosial. Kamu bakal mendapatkan banyak ilmu tentang dunia komunikasi.

Mata kuliah yang akan kamu dapatkan di prodi ilmu komunikasi di antaranya adalah Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Etika Komunikasi, Komunikasi Antar Pribadi, Pengantar Ilmu Jurnalistik, Komunikasi Politik, Komunikasi Visual, Perkembangan Teknologi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Public Relations, Media Relations, Public Speaking, Fotografi, Produksi Media, Produksi Film, Penulisan Naskah Film dan TV, Jurnalistik Online, Jurnalistik Radio, dan Jurnalistik TV.

Skill yang akan kamu dapatkan jika masuk ke jurusan ilmu komunikasi di antaranya adalah kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan dasar desain, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara out of the box, kemampuan menulis kreatif, teamwork, kemampuan problem solving, kemampuan menganalisis masalah, kemampuan critical thinking, kemampuan berpikir secara objektif, kemampuan menulis naskah, dan kemampuan editing.

Itulah sedikit alasan mengapa kamu harus kuliah di jurusan ini dan kamu juga bisa mendapatkan banyak peluang kerja yang keren-keren loh!

Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unla

Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Langlangbuana (unla) bertujuan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kemampuan sebagai komunikolog yang memiliki kemampuan strategis bidang industri komunikasi serta menjadi pengembang media kreatif berbasis audio, visual, broadcasting, multimedia dan digital.

Prodi ini berstatus aktif memiliki kode program studi 70201 dengan jenjang S1 didirikan pada tanggal 12 Maret 2005 melalui SK Penyelenggaraan 1373/D/T/K-IV/2009 tertanggal 11 Maret 2009. Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla “Terakreditasi B” berdasarkan hasil keputususan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 2677/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IV/2020.

Ilmu Komunikasi Unla memiliki visi menjadi program studi unggulan yang profesional, inovatif dan berkarakter di bidang Ilmu Komunikasi di ASEAN pada tahun 2030.

Sedangkan misinya adalah, (1) melaksanakan Pendidikan yang berkualitas di bidang Ilmu Komunikasi untuk merespons tantangan dan kebutuhan stakeholders; (2) melaksanakan penelitian yang inovatif di bidang Ilmu Komunikasi yang memiliki daya saing dan berdaya guna sejalan dengan dinamika bisnis dan industry media kreatif; dan (3) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk aplikasi pengamalan bidang Ilmu Komunikasi melalui kerja sama dengan berbagai instansi atau lembaga.

Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla terdiri dari 51 mata kuliah atau 148 SKS yang ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Dalam praktiknya, perkuliahan di Unla menggabungkan science, skill dan art, serta adaptif terhadap perubahan.

Dosen

Kualitas dosen-dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla pun terus ditingkatkan, salah-satunya dengan mengirimkan dosen untuk mengikuti berbagai kegiatan ilmiah baik di dalam maupun luar negeri, serta melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Terdiri dari dosen tetap dengan kualifikasi Pendidikan S1, S2 dan S3 Ilmu Komunikasi yang berpengalaman dan telah memiliki Jabatan Fungsional dan Sertifikasi Dosen.

Prestasi dosen-dosennya pun dibuktikan dengan banyaknya karya ilmiah yang dipublis di sejumlah jurnal nasional/internasional terakreditasi, serta diraihnya berbagai dana hibah Dikti, baik di bidang penelitian maupun pengabdian.

Waktu Perkuliahan

Terdapat dua waktu perkuliahan, yaitu Perkuliahan Kelas A dilaksanakan hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00 WIB dan Perkuliahan Kelas C yang kerap disebut “kelas karyawan”, dilaksanakan hari Kamis pukul 17.00  – 22.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 – 17.00 WIB

Fasilitas

Semua itu didukung sejumlah fasilitas kampus yang dimiliki, seperti ruang mengajar ber-AC representatif, internet 24 jam, dan sejumlah ruangan bagi mahasiswa untuk berkegiatan dan berkarya di kampus. Fasilitas fisik yang dimiliki adalah ruang kuliah, ruang seminar, ruang program studi, ruang dosen, laboratorium (bahasa, televisi, film, multimedia dan audioland), perpustakaan, ruang Unit Kegiatan Mahasiswa, Mushola, Poliklinik, Wi-Fi dan ATM. Kegiatan sistem pembelajaran menggunakan Sistem Informasi Akademik (Siak) dan E-Learning.

Beasiswa

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang berasal dari UNLA, Dirjen DIKTI, Pemkot Bandung, Pemprov Jabar dan YBB Polri Pusat.

Mitra Kerjasama

Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unla juga melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, di antaranya San Beda University Filifina, Universitas Padjadjaran, Universitas Bengkulu, Institut Seni Budaya Indonesia, Pemprov Jabar, Pemerintah Kab. Bandung, Pemerintah Kab. Bandung Barat, Satpol PP Provinsi Jabar, Dinas Kebudayaan Pemprov Bali, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Bali, Bali Post, Bali TV, NET TV, Beritaradio.com, Koran Kedaulatan Rakyat, Perhumas, Aspikom dan ISKI.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unla berfoto bersama menjelang pelaksanaan acara wisuda (Foto: Dok. Ilkom Unla).*

Persyaratan

Untuk dapat menempuh perkuliahan di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unla ada beberapa persyaratan bagi calon mahasiswa, yaitu mereka yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah (MA). Calon mahasiswa menyerahkan fotokopi Surat Tanda Kelulusan SMA/sederajat yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (2 lembar).

Bagi mahasiswa pindahan, berasal dari perguruan tinggi yang memiliki peringkat akreditasi program studi minimal setara dengan peringkat akreditasi Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla dengan melampirkan transkrip nilai dan surat pengunduran diri dari kampus sebelumnya.

Calon mahasiswa juga menyerahkan pasfoto ukuran 3X4 cm dan 2X3 cm (hitam putih) sebanyak 2 lembar.

Persyaratan Pendaftaran

  1. Informasi mahasiswa baru melalui: pmb.unla.ac.id. Admin penerimaan mahasiswa baru: 087821005894, 087821005895, 087821005896 dan 087821005897.
  2. Daftar online hari Senin – Sabtu jam 09.00 – 15.00 yang diselesaikan One Day Admission.
  3. Membayar biaya pendaftaran ke BRI 0337-01-001467-30-9 YPTB Langlang Buana.
  4. Pendaftar menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran ke Sekretariat Pendaftaran.
  5. Petugas menerima bukti pembayaran dan memberikan kuitansi kepada Pendaftar. Nomor PMB dan password sebagai akun bagi Pendaftar untuk login ke Sistem Informasi Akademik (Siak).
  6. Calon mahasiswa login ke Siak-Unla dan melengkapi data identitas diri dan mencetak Kartu Ujian Saringan Masuk.
  7. Melengkapi dan menyerahkan persyaratan ke Sekretariat Pendaftaran, selanjutnya mengikuti Ujian Saringan Masuk Tertulis (TPA) Bagi mahasiswa pindahan melalui wawancara dan psikotes.
  8. Membayar biaya Pendidikan untuk mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM).
  9. Calon mahasiswa sudah menjadi MAHASISWA UNLA dan menerima informasi Mapeling.

Biaya Kuliah

Kelas A
  • Biaya Pendaftaran: Rp. 400.000
  • Biaya Mapeling: Rp. 400.000
  • Asuransi: Rp. 200.000
  • DPK: Rp. 3.000.000
  • Biaya Pendidikan/Semester: Rp. 5.000.000
Kelas C
  • Biaya Pendaftaran: Rp. 500.000
  • Biaya Mapeling : Rp. 400.000
  • Asuransi: Rp. 200.000
  • Biaya Konversi: Rp. 750.000
  • DPK: Rp. 3.000.000
  • Biaya Pendidikan/Semester: Rp. 6.000.000

Kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unla mendapat berbagai kemudahan, salah satunya adalah biaya perkuliahan yang dapat dicicil.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Admin Penerimaan Mahasiswa Baru di nomor 087821005894, 087821005895, 087821005896, dan 087821005897.

Ayo kamu daftar sekarang juga dan bergabung dengan Ilmu Komunikasi FISIP Unla!

Kampus Unla terletak strategis di pusat Kota Bandung, beralamat di Jalan Karapitan No. 116 Bandung, Cikawao, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40261, Telepon: (022) 4215717 dan (022) 4230601.***

Artikel ini telah dibaca 239 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Serentak Diikuti 11 Sekolah dari 2 Negara, SD Darul Hikam Bandung Khatam Alquran Internasional

8 April 2024 - 23:31 WIB

Ikuti Pesantren Ramadan, Siswa PGTK Darul Hikam 2 Pisah Dari Orang Tua

1 April 2024 - 20:22 WIB

Dalam Masa Pemulihan dan Penyegaran Kondisi Kesehatan, Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Tetap Berkomitmen Luangkan Waktu Sampaikan Kuliah Umum Daring untuk Mahasiswa Magister

30 Maret 2024 - 15:24 WIB

Tim PKM Prodi Ilkom Universitas Pasundan Gelar PKM Melatih Siswa SMAN 1 Sumedang Kembangkan Konten Edukatif

26 Maret 2024 - 09:55 WIB

Tim PKM FISIP Unpas Gelar Workshop Perkuat Kecakapan “Public Speaking” Siswa SMK Pasundan I Jurusan Sekretaris

26 Maret 2024 - 09:17 WIB

Ikuti Bina Desa, Puluhan Siswa SMA Darul Hikam Belajar Berbagi dengan Warga Sumedang

10 Maret 2024 - 21:07 WIB

Trending di Berita