Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Apr 2024 19:41 WIB ·

Piala AFC Asia U-23 Qatar 2024: Indonesia Ke Delapan Besar, Jumpa Jepang atau Korsel

 Pemain Garuda Muda, Marselino Ferdinan menjadi bintang timnas dengan mencetak 2 gol ke gawang Yordania. (Foto: PSSI).* Perbesar

Pemain Garuda Muda, Marselino Ferdinan menjadi bintang timnas dengan mencetak 2 gol ke gawang Yordania. (Foto: PSSI).*

DOHA, QATAR (TUGUBANDUNG.ID) – Skuad Garuda Muda tampil padu dan meyakinkan melumat tim Yordania dengan skor telak 4-1 pada laga terakhir Grup-A Piala AFC U-23/2024 di stadion Abdullah bin Khalifa, Doha-Qatar Minggu (21/4/2024) malam. Sementara laga antara pimpinan Grup-A, Qatar dengan Australia berakhir 0-0.

Dengan hasil ini Qatar menjadi juara Grup-A sedangkan Indonesia maju ke babak delapan besar sebagai runner up Grup-A dan akan menghadapi juara Grup-B antara Jepang dan Korsel yang akan bertanding pada Senin (22/4/2024) malam untuk penentuan juara dan runner up Grup-B. Sedangkan Austalia dan Yordania tersingkir.

Indonesia yang tampil menyerang mencetak gol pertama oleh Marselino melalui penalti menit ke-23. Penalti didapat Garuda muda setelah Rafael Struick dijatuhkan di kotak penalti oleh Amer Rasen. Gol kedua melalui Witan (40) dan Indonesia menutup babak kesatu dengan keunggulan 2-0.

Di babak kedua dua gol kembali dilesakan Indonesia oleh Marselino (70) dan Komang Teguh (86). Sementara gol balasan Yodania diperoleh akibat kesalahan Justin Hubner yang sapuan bolanya di kotak penalti menjebol gawang sendiri pada menit 79.

Pada pertandingan lainnya di Grup-A, antara Qatar dan Australia berakhir 0-0 yang dilangsungkan bersamaan dengan laga Indonesia vs Yordania. Dengan demikian Qatar menjadi juara Grup-A dengan nilai 7, Indonesia di urutan kedua (6), ketiga Australia (2), dan keempat Yordania (1).

Yordania yang butuh kemenangan untuk bisa menjadi runner up grup-A melakukan serangan-serangan cepat ke gawang Indonesia, namun beban mental hatus menang untuk bisa lolos menyebabkan penyelesaian akhir yang tidak akurat banyak tembakan pemain depan Yordania melenceng jauh dari sasaran ataupun mampu di blok dengan baik oleh kiper Garuda Muda, pasing Yordania juga banyak yang salah, tak seperti Yordania ketika melawan Qatar, penyerangnya bermain akurat.

Dengan Yordania bermain seperti itu, akibatnya gawang Indonesia tak mampu ditembus Yordania kecuali 1 gol yang tercipta akibat kesalahan pemain belakang Garuda, Justin Hubner.

Atas kekalahan ini pelatih Yordania, Abdullah Abu Zema mengaku timnya layak kalah karena Indonesia bermain lebih baik dan efisien sementara tim Yordania terlalu terbebani untuk menang sehingga bermain tak sesuai harapan. “Selamat pada Indonesia U23, mereka bermain kompak dan akurat dalam penyelesaian, sementara kami amat buruk dalam akurasi tembakan dan operan bola,” ungkap Abu Zema pada Qatar TV.

Vietnam Melaju

Sementara di Grup-D, yang dihuni Uzbekistan, Vietnam, Malaysia dan Kuwait, setelah pertandingan kedua diselesaikan Sabtu (20/4/2024). Dua tim memastikan diri melaju ke delapan besar, Uzbekistan dan salah satu wakil Asia Tenggara Vietnam.

Vietnam menang 2-0 atas Malaysia sesama wakil Asean, sedangkan Uzbekistan unggul telak 5-0 atas Kuwait.

Kuwait dan Malaysia dipastikan tersingkir karena keduanya telah dua kali kalah meski menyisakan satu laga lagi. Pada pertandingan ketiga (terakhir) Selasa (23/4/2024) Uzbekistan akan menghadapi Vietnam untuk penentuan juara dan runner up Grup-D. Sedangkan Malaysia akan menghadapi Kuwait penentuan peringkat ketiga dan empat.

Jadwal Pertandingan Senin (22/4/2024):

Grup-B: Jepang – Korsel, Tiongkok – UAE

Grup C: Thailand – Tajikistan, Saudi Arabia – Irak. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Diskusi Publik Prodi Ilkom FISIP Unpas, Generasi Muda Harus Terlibat Perangi Hoak

23 Mei 2024 - 08:49 WIB

Giro d’Italia 2024 Pogacar Tak Terbendung

22 Mei 2024 - 21:11 WIB

Dukung Kreativitas Digital Mahasiswa, Binus University Terapkan Kurikulum Berbasis AI

22 Mei 2024 - 19:42 WIB

Bank bjb syariah Raih Peringkat idAA- dari PEFINDO

22 Mei 2024 - 17:04 WIB

Manfaatkan Teknologi, Gen Z Didorong Cakap Digital dan Bijak Bersosial Media

22 Mei 2024 - 15:59 WIB

Bio Farma Gelar FGD Vaksin DBD di Bali

22 Mei 2024 - 13:51 WIB

Trending di Berita