Menu

Mode Gelap

Berita · 27 Mei 2023 09:10 WIB ·

Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Memasarkan Produk Seni dan Budaya Kampung Lukis Jelekong

 PROGRAM Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui program Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce di Jalan Giri Harja RW 01, Kampung Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 17 Mei 2023.* Perbesar

PROGRAM Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui program Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce di Jalan Giri Harja RW 01, Kampung Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 17 Mei 2023.*

BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pasundan menggelar kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui program Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce di Jalan Giri Harja RW 01, Kampung Jelekong, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 17 Mei 2023.

Tim PKM Ilmu Komunikasi FISIP Unpas kali ini berkerja sama dengan para pelukis di lingkungan Kampung Jelekong yang dikenal sebagai kampung budaya dan kesenian.  Materi PKM diarahkan pada upaya pemanfaatan teknologi digital dalam memasarkan produk-produk kesenian dan  budaya yang dihasilkan para seniman.

“Pada era perkembangan teknologi ini, di mana semua bisa dilakukan secara digital, salah satunya adalah berbisnis secara online, para pelukis Kampung Jelekong masih

bertahan dengan berjualan secara tradisional. Kita harapkan pendampingan yang kami lakukan dapat mengakselerasi pemahaman dan pemanfaatan digitalisasi dalam pemasaran produk seni dan budaya yang ada di sini,” ungkap narasumber PKM, Almadina Rakhmaniar, S.Psi, M.Ikom didampingi Azzahra Athirah.

Ia menegaskan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini dimaksudkan untuk berbagi solusi dengan memberi pengetahuan serta sosialisasi tentang pemanfaatan e-commerce.

Dalam paparannya, Almadina Rakhmaniar, menjelaskan tentang manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan ketika seorang penjual memulai bisnis online dan bisa memanfaatkan aplikasi e-commerce dengan baik dan benar.

“Dengan berbisnis online, kegiatan jual beli bersifat fleksibel, dimana hal ini dapat membantu dalam upaya mempermudah serta meningkatkan penjualan. Selain itu, berbisnis online juga dapat memperluas jangkauan produk serta pasar,” ungkapnya.

Narasumber kedua, Azzahra Athirah menyampaikan bagaimana cara membuat akun dan langkah-langkahnya di e-commerce Shoppee. Hal ini sebagai bentuk sosialisasi untuk para pelukis yang masih kurang paham bagaimana cara untuk memulai berbisnis online.

Kegiatan ini berhasil dan berakhir sesuai dengan harapan. Tim pelaksana juga disambut dengan respons positif dan antusias atas materi yang telah diberikan. Para pelukis Kampung Jelekong ktif bertanya dan memiliki rasa keingintahuan yang tinggi untuk memajukan dan meningkatkan ekonomi masyarakat di Kampung Lukis Jelekong. ***

Artikel ini telah dibaca 65 kali

Baca Lainnya

Puting Beliung Terjang Jatinangor Sumedang, BPBD Langsung Lakukan Asesmen

21 Februari 2024 - 19:53 WIB

Revitalisasi Bahasa Daerah, Tingkatkan Antusiasme Masyarakat Menggunakan Bahasa Ibu.

21 Februari 2024 - 19:19 WIB

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 18:00 WIB

Cek cok dengan Istri, Pelaku Bacok Adik Ipar Karena Tidak Mau Membantu Meredam Pertengkaran Rumah Tangga

21 Februari 2024 - 16:19 WIB

Kembali, Belum Sepekan Ribuan Botol Miras Ditemukan Di Sebuah Kios Di Kawasan Guntur Garut

21 Februari 2024 - 15:59 WIB

Harga Beras Di Sejumlah Pasar Tradisional Mahal Di Beberapa Swalayan Stok Tidak Ada

21 Februari 2024 - 15:16 WIB

Trending di Berita