KOTA TASIKMALAYA, (TUGU BANDUNG.ID).-Peserta atau calon peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bisa melakukan layanan secara online melalui Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).
Hal ini memudahkan peserta JKN dalam mendapatkan pelayanan bagi peserta di seluruh Indonesia termasuk Tasikmalaya. Demikian dikatakan Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Tasikmalaya, Mohamad Rizal Idris, Kamis (23/5/2024).
Menurutnya, Pandawa ini dapat diakses untuk pelayanan administrasi berupa pendaftaran peserta baru, pengaktifan kembali status kepesertaan, perubahan atau perbaikan data.
Selain itu, perubahan FKTP bagi TNI/Polri, pindah domisili kurang dari 3 bulan, pengurangan anggota keluarga, perubahan kelas rawat bagi peserta yang belum membayar iuran pertama serta pengaktifan kembali nomor pembayaran iuran yang lewat masa bayar.
Ia mengatakan, selain pelayanan adminstrasi melalui Pandawa peserta JKN BPJS Kesehatan juga dapat mengecek status kepesertaan, cetak tagihan iuran, cek virtual account, skrining kesehata , info JKN, panduan layanan dan cek lokasi Kantor BPJS Kesehatan.
“Peserta juga bisa menyampaikan aduan melalui layanan Pandawa,” katanya.
Kata Rizal, peserta JKN BPJS Kesehatan yang ingin mengakses aplikasi Pandawa dapat mengirim pesan whatsapp melalui 0811 8165 165
Selain itu, cara daftar kepesertaan bisa juga download aplikasi Mobil JKN melalui playstore atau app store. (ERW).***