Menu

Mode Gelap

Berita · 16 Sep 2023 19:14 WIB ·

Luncurkan DHIS Buah Batu Bandung, Darul Hikam Hadirkan Sekolah dengan Kombinasi Kurikulum

 Luncurkan DHIS Buah Batu Bandung, Darul Hikam Hadirkan Sekolah dengan Kombinasi Kurikulum Perbesar

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Yayasan Darul Hikam meluncurkan Darul Hikam Integrated Secondary (DHIS) Buahbatu, Kota Bandung. Peluncuran ini dilaksanakan di Courtyard Hotel, Jalan Juanda, Kota Bandung, Sabtu (16/9/2023).

Selain Ketua Yayasan Darul Hikam, Sodik Mudjahid, dalam peluncuran DHIS Buahbatu, Kota Bandung dihadiri pula pejabat dari Dinas Pendidikan dan Provinsi Jawa Barat, serta sejumlah orangtua siswa-siswi dan lainnya.

Nantinya, pihak sekolah akan menetapkan siswa-siswi DHIS Buahbatu, untuk tingkat SMP dan SMA. Mereka akan belajar menggunakan kombinasi kurikulum.

Untuk yang tingkat SMP, pihak sekolah mengkombinasikan kurikulum nasional dan cambride kurikulum. Sementara untuk tingkat SMA, kurikulum nasional dengan kurikulum Amerika.

“Sebetulnya kita sudah mengkaji berbagai bentuk kurikulum, kami ingin meningkatkan daya kompetitif lulusan-lulusan Darul Hikam di pentas internasional, karena sekarang dengan globalisasi anak-anak kita bukan hanya bersaing dengan 200 juta penduduk Indonesia, tapi 500 juta penduduk Asean atau miliaran penduduk dunia,” imbuh Direktur Majelis Pendidikan Darul Hikam Ruri B Ramadhanti.

Ruri menambahkan, sebetulnya lulusan DHIS Lembang sudah banyak berkiprah di dunia internasional, ada yang menjadi peneliti di Amerika, lalu menjadi dosen di Australia dan lainnya.

“Kami sudah mengantisipasi, meskipun mereka banyak yang bergaul dengan teman-teman mereka dengan dunia internasional, tapi mereka harus punya aqidah yang menjaga mereka dari segala kemaksiatan,” ucap Ruri.

Sementara itu, Sodik yang juga Anggota Komisi X DPR RI menambahkan, Darul Hikam terus memadukan pendidikan karakter dan pendidikan penguasaan ilmu dan teknologi. Dua hal itu dirumuskan dengan slogan Berahlak, Berprestasi. Ahlak lahir dari keimanan, dan prestasi dikuasai dengan penguasaan ilmu pengetahuan.

“Ini yang terus kami mantapkan. Nah, sekarang pemantapan itu tidak bisa kita lakukan sendiri-sendiri, jika kita terus memabatasi diri, maka Darul Hikam membangun kolaborasi-kolaborasi. Alhamdulillah banyak pengusaha-pengusaha muda yang mewakafkan uangnya bersama kami,” imbuh Sodik.

Selain itu, dia menambahkan, semangat kolaborasi ini diambil dari tiga aspek, pertama ajaran Islam, kedua tantangan-tantangan ke depan mengajarkan tidak bekerja sendiri, dan ketiga kesadaran terkait kasus Covid-19.

“Kesadaran ini semakin meningkat di kalangan semua aktivitas, apakah itu usaha, atau pendidikan kolaborasi-kolaborasi  mengajarkan kepada kita,” katanya. (Ade Bayu Indra/Tugu Bandung.id) ***

 

Artikel ini telah dibaca 340 kali

Baca Lainnya

Ranperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

12 Juli 2024 - 20:30 WIB

Bey Machmudin: Jangan Ada Perundungan Kegiatan Orientasi Sekolah

12 Juli 2024 - 20:24 WIB

Perkuat Pasar Jabar, Chery Tambah Jaringan Diler di Bandung

12 Juli 2024 - 20:12 WIB

Tour de France ke-111/2024: Girmay “New Sprint Boss”

12 Juli 2024 - 18:54 WIB

HARI KOPERASI Bey Machmudin: Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

12 Juli 2024 - 12:16 WIB

Tour de France ke-111/2024: Duel Klasik Dua Jawara TdF Jonas vs Pogacar

11 Juli 2024 - 21:54 WIB

Trending di Berita