Menu

Mode Gelap

Didaktika · 19 Apr 2022 01:13 WIB ·

Jalankan Model Merdeka Belajar, SBM ITB Kolaborasi Kewirausahaan Digital dengan MDI Ventures

 Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SBM ITB dan MDI dilaksanakan secara langsung di Kampus MBA ITB Bandung, Senin (18/4). (Foto: Dok. SBM ITB).* Perbesar

Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SBM ITB dan MDI dilaksanakan secara langsung di Kampus MBA ITB Bandung, Senin (18/4). (Foto: Dok. SBM ITB).*

TUGUBANDUNG.ID – PT Metra Digital Investama (MDI Ventures) menandatangani kerjasama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dalam hal kolaborasi ekosistem kewirausahaan melalui program MBA Kewirausahaan pada Senin (18/4/2022) di Bandung.

Kolaborasi ekosistem kewirausahaan ini antara lain berkaitan dengan kegiatan magang, mentoring, inkubator bisnis, dan pendanaan, joint research, publikasi dan pengembangan keilmuan di bidang kewirausahaan, penulisan studi kasus bisnis, serta melalui perkuliahan tamu.

Kolaborasi ini nantinya diterapkan di Kampus SBM ITB seperti di program kewirausahaan MBA ITB kampus Bandung dan Jakarta. Kerjasama ini menjadi contoh kolaborasi universitas dengan industri untuk menghasilkan wirausaha baru yang diharapkan akan menjadi calon startup unicorn Indonesia di masa yang akan datang.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan MDI Ventures yang juga merupakan bagian dari Telkom Group tentunya dilakukan dalam rangka mendukung tercapainya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dengan terjalin kerja sama, mahasiswa SBM ITB mendapatkan pengalaman dan pembelajaran melalui living lab dalam bentuk kesempatan magang, rekrutmen, pelatihan, pengabdian masyarakat, serta akses terhadap ekosistem untuk kebutuhan akselerasi dan pendanaan bisnis startup.

Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara SBM ITB dan MDI dilaksanakan secara langsung di Kampus MBA ITB Bandung.

Perjanjian kerja sama ditandatangani oleh Plt. Wakil Dekan Bidang Sumber Daya SBM ITB Prof. Tjandra Anggraeni, Ph.D dan Dr. G.N Sandhy Widyasthana, selaku Direktur Operasional/COO & Risk Management PT Metra Digital Investama.

Acara juga dihadiri Ketua Program Studi MBA ITB. Yunieta A. Nainggolan dan N. Nurlaela Arief, Direktur Komunikasi & Hubungan Alumni SBM ITB.

Unicorn baru

G.N Sandhy Widyasthana menyampaikan, pengembangan talent entrepreneur startup perlu diciptakan dari hulu yaitu sejak bangku perkuliahan.

“MDI menyadari bahwa menjadi kewajiban para Venture Capital untuk mendukung kesiapan talenta muda di MBA ITB, sehingga dapat berkembang dan menghasilkan unicorn-unicorn baru di masa mendatang yang akan membawa perekonomian Indonesia lebih maju lagi” katanya.

Sementara itu, Ketua Program Studi MBA ITB, Yunieta A. Nainggolan menambahkan, kerjasama dengan perusahaan modal ventura seperti MDI akan memperkuat kurikulum MBA ITB dalam menghasilkan wirausahawan muda Indonesia dengan sense of business yang tajam dalam memformulasikan berbagai ide bisnis digital potensial.

“Kolaborasi ini sangat strategis bagi kedua institusi dalam mengembangkan ekosistem yang dibutuhkan oleh Indonesia emas untuk menjadi pusat ekonomi kreatif dan digital di tahun 2045,” kata Yunieta.

Selain dengan MDI Ventures, pada kesempatan tersebut SBM ITB juga mengumumkan Kerjasama pada Triwulan 1 2022 dengan berbagai perusahaan dan startup, antara lain Taxsam, PT Tara, Startup Vokraf terkait program persiapan mahasiswa memasuki dunia kerja atau integrated career preparation untuk mahasiswa tingkat akhir dan alumni, serta Startup Assembler dalam hal kolaborasi terkait pembelajaran dengan konten 3D Augmented Reality.***

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Unisba Lantik 1.566 Wisudawan

2 Maret 2024 - 08:09 WIB

Ikuti Program Bina Desa, Siswa SMA Darul Hikam Internasional Memerah Susu Sapi Langsung di Kandangnya

29 Februari 2024 - 07:55 WIB

Tingkatkan Kreativitas, SD Darul Hikam Bandung Gelar Bengkel Seni Cetak Mini

28 Februari 2024 - 09:49 WIB

Unisba Career Expo 2024 Bantu Alumni Cari Kerja, Ada Puluhan Perusahaan dan Ribuan Lowongan Kerja

25 Februari 2024 - 13:11 WIB

Ikuti Stem Camp Darul Hikam, Ratusan Siswa se-Jabar Asah Kreativitas

19 Februari 2024 - 22:37 WIB

Mimbar Gagasan dan Pernyataan Sikap: Kesaksian Gunung Djati!

10 Februari 2024 - 09:41 WIB

Trending di Berita