Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Nov 2023 05:26 WIB ·

Gali Potensi Diri, Ratusan Siswa SD/MI se-Jabar Ikuti Try Out dan Pensi (TOP) ke-XXII SMP Darul Hikam

 Gali Potensi Diri, Ratusan Siswa SD/MI se-Jabar Ikuti Try Out dan Pensi (TOP) ke-XXII SMP Darul Hikam Perbesar

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG) – Ratusan peserta didik jenjang SD/ MI se-Jawa Barat mengikuti lomba tahfid, olimpiade matematika dan science vlogger di SMP Darul Hikam, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Sabtu (18/11/2023).

Lomba tersebut bertujuan mengasah kemampuan siswa sekaligus rangkaian Try Out dan Pensi (TOP) SMP Darul Hikam Ke-XXII.

Ketua Pelaksana TOP SMP Darul Hikam Ke-XXII, Giskha Oktaviani Khairun Nisa mengatakan, kegiatan kali ini dilaksanakan selama dua hari yaitu 18 November 2023 untuk bidang perlombaan siswa SD/ MI se Jabar. Sedangkan Selasa 21 November 2023 diisi kegiatan pentas seni (pensi).

“Untuk lomba-nya ada tahfid Juz 30, olimpiade matematika Darul Hikam (Detik DH) dan science vlogger yang diikuti 529 siswa dari berbagai jenjang SD/MI di Jabar,” ucap Giskha saat ditemui disela-sela kegiatan.

Giskha menjelaskan, lomba tahfid Juz 30 diikuti siswa kelas VI. Kemudian untuk lomba science vlogger ‘Fun Experiment’ diikuti siswa kelas IV-V dengan memperebutkan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. Sedangkan olimpiade matematika (Detik DH) diikuti siswa kelas I-VI dengan berbagai ketentuan.

“Kalau juara olimpiade matematika ada level kelas I, II dan III serta juara umum untuk sekolah yang dapat mendapat reward terbanyak. Ada hadiah khusus untuk kelas VI, juara 1 dapat 100 persen free masuk SMP DH biaya pengembangan, juara II dapat 75 persen beasiswa dan juara III dapat 50 persen beasiswa dan ada juga piala bergilir Gubernur Jabar,” jelasnya.

Menurut Giskha, kegiatan tersebut bertujuan menyeimbangkan antara mental, fisik dan eksplorasi minat bakat siswa agar teraktualisasi dan berprestasi dibidang yang digemari sesuai dengan tema lomba TOP yaikni Touch Your Heart, Trust Your Brain.

“Kita jadi tahu kelebihan anak dimana, apakah tahfid Al-Quran, jago matematika atau science vlogger,” tuturnya.

Kegiatan lomba tahun ini menjadi agenda rutin tahunan. Namun, kata Giskha, tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya, salah satunya kegiatan dilaksanakan selama dua hari karena jumlah peserta yang banyak dan bisa lebih fokus.

“Bukan itu saja, saat acara Pensi juga nanti ditampilkan talkshow parenting buat orangtua tentang bagaimana pola asuh yang baik untuk anak,” tandasnya.***

Artikel ini telah dibaca 77 kali

Baca Lainnya

Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

12 April 2024 - 09:21 WIB

Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama Ramadan

12 April 2024 - 09:13 WIB

Tour de Thailand Putri 2024: Jutatip Juara Umum, Secara Dramatis Kalahkan Nguyen

11 April 2024 - 19:31 WIB

Memasuki H+1 Arus Meningkat Drastis, Polres Garut Berlakukan Sistem One Way 

11 April 2024 - 13:56 WIB

HARI RAYA IDULFITRI Bey Machmudin: Jaga Kerukunan untuk Jawa Barat yang Damai dan Nyaman

10 April 2024 - 11:11 WIB

Malam Takbiran Lebaran 2024 di Bandung Kondusif

10 April 2024 - 10:51 WIB

Trending di Berita