Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Jun 2022 05:44 WIB ·

Dr Aqua Dwipayana Mulai Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodam II/Sriwijaya, Prioritaskan Tenaga Kesehatan

 Dr Aqua Dwipayana Mulai Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodam II/Sriwijaya, Prioritaskan Tenaga Kesehatan Perbesar

PALEMBANG (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Senin pagi (13/6/2022) memulai Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajaran Kodam II/Sriwijaya. Diperkirakan sedikitnya 60 sesi di lima provinsi dengan prioritas pemberian materi kepada tenaga kesehatan (nakes).

Kepastian tentang pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu diperoleh Dr Aqua pada Jumat siang (10/6/2022) dari Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko. Waktu itu Dr Aqua sedang berada di mobil di wilayah Sampang, Madura, Jawa Timur, dalam perjalanan dari Sumenep menuju Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo.

Sebelumnya sejak Rabu hingga Jumat (8-10/6/2022) Dr Aqua melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Sumenep. Seluruhnya delapan sesi dengan peserta lebih seribu orang yang latar belakangnya beragam. Semua kegiatan tersebut berlangsung di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Kang Aqua, tadi pagi (Jumat pagi-red) saya sudah bicara bertiga sama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi dan Kakesdam II/Sriwijaya Kolonel Ckm Puji Hartono tentang rencana pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran kesehatan. Silakan langsung komunikasi sama Pak Puji untuk membicarakan teknis pelaksanaannya di seluruh rumah sakit dan Akademi Keperawatan yang berada di bawah Kodam II/Sriwijaya,” ujar Gumuruh.

Rencana pemberian Sharing Komunikasi dan Motivasi itu merupakan realisasi hasil pembicaraan Dr Aqua dan Agus pada pertemuan Selasa sore (18/1/2022) lalu di kantor Agus di Palembang. Dua sahabat karib itu, dalam obrolan santai tersebut, sepakat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Setelah lelah melaksanakan berbagai aktivitas tanpa henti lebih dari dua tahun selama pandemi Covid-19, Agus merasa kepada jajajarannya perlu diberi Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sehingga mereka tetap semangat untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Agus menceritakan perjuangan seluruh jajarannya selama pandemi Covid-19, baik yang berada di lapangan maupun yang bertugas di rumah sakit. Semuanya berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ketika itu mereka bekerja tanpa mengenal waktu selama 24 jam. Tidak memikirkan dirinya dan keluarga. Paling utama berusaha secara optimal menyadarkan masyarakat tentang bahaya Covid-19 sehingga harus konsisten melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat dan melaksanakan vaksin sesuai himbauan pemerintah.

Sedangkan semua nakes yang bertugas di seluruh rumah sakit berusaha menyembuhkan para pasien yang terkena Covid-19. Semua upaya dilakukan mereka untuk mewujudkan itu.

Momentum Tepat

Setelah kondisinya reda, meski tetap harus hati-hati, waspada, mawas diri, dan tidak boleh sedikit pun lengah, momentum yang tepat untuk mengembalikan semangat mereka. Setelah lebih dari dua tahun terus berjuang menghadapi Covid-19.

“Insya Allah Sharing Komunikasi dan Motivasi diberikan kepada para prajurit Kodam II/Sriwijaya. Untuk itu saya akan menugaskan Kasdam Pak Gumuruh  mengkoordinir pelaksanaannya. Silakan Pak Aqua komunikasi langsung sama beliau,” pesan Agus yang sukses membina karirnya di militer.

DR Aqua Dwipayana berfoto bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi.*

Agus tahu persis selama belasan tahun Dr Aqua intens memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada banyak orang termasuk di lingkungan TNI. Juga menjadi dosen luar biasa mata kuliah Ilmu Komunikasi di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI dan di semua matra.

Dengan pengalaman tersebut, Agus menilai Dr Aqua cocok sekali untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Sedangkan waktunya disesuaikan dengan jadwal luang aktivitas di lingkungan Kodam II/Sriwijaya dan keluangan agenda Dr Aqua.

Seperti biasanya saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran TNI, Dr Aqua yang selalu meniatkan aktivitas itu sepenuhnya ibadah, tidak mau diberi uang dan lainnya. Itu sesuai dengan komitmennya selama ini. Kecuali plakat sebagai kenang-kenangan. Itu pun jika ada.

“Saya paham dengan niat mulia Pak Aqua setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan TNI. Insya Allah saya komunikasi kan ke teman-teman agar melaksanakan permintaan bapak tersebut,” tutur suami dar Sinta Agus itu.

Rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut baru terealisasi lima bulan kemudian. Setelah kegiatan di Kodam II/Sriwijaya melandai. Begitu juga aktivitas Dr Aqua yang mulai reda, di mana sebelumnya sekitar 60 sesi melaksanakan acara serupa di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Polda Sulawesi Selatan.

Untuk kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam II/Sriwijaya pelaksanaannya di lima provinsi yakni Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung, Dr Aqua telah mengalokasikan waktu sekitar satu setengah bulan. Jika waktunya masih kurang dapat ditambah.

“Mulai Senin ini hingga satu setengah bulan ke depan insya Allah saya siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam II/Sriwijaya. Saya akan datang kelima provinsi untuk melakukan kegiatan itu,” jelas Dr Aqua.

Mengawali Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam II/Sriwijaya, Dr Aqua melakukannya kepada pegawai yang bertugas di Rumah Sakit dr AK Gani Palembang, Sumatera Selatan. Seluruhnya dua sesi dengan jumlah peserta sekitar 400 orang.

Pelaksanaannya dimulai Senin pagi pukul 08.00 di Kesdam II/Sriwijaya Jl Sultan Mahmud Badaruddin II No 1 Palembang. Temanya “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Motivasi serta Etos Kerja Pegawai Rumah Sakit dr AK Gani Kesdam II/Sriwijaya”.

Untuk kelancaran pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi itu, sejak Jumat siang lalu Dr Aqua melakukan koordinasi dengan Puji. Hal yang sama dilanjutkan dengan Kepala Rumah Sakit dr AK Gani Kolonel Ckm dr Wiganda. Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko mewakili Pangdam  membuka acara itu. Dia didamping Kakesdam II/Sriwijaya Kolonel Ckm Dr drg Puji Hartono dan Kepala Rumah Sakit dr AK Gani Kolonel Ckm dr Wiganda.

Sedangkan di hari yang sama juga pelaksaannya di kantor Kesdam II/Sriwijaya, sesi berikutnya bertajuk “Kita Tingkatkan Akper Kesdam Unggul Meraih Generasi yang Berakhlak dan Berprestasi”. Pesertanya sekitar 200 orang mahasiswa Akademi Keperawatan dan para dosen. Sejak dari pagi sampai sore Dr Aqua diagendakan memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada sekitar 600 orang sebanyak tiga sesi. Setiap sesi durasinya sekitar dua jam termasuk tanya-jawab.

Hingga Minggu kemarin (12/6/2022) Dr Aqua intens berkomunikasi sama Wiganda untuk mempersiapkan acaranya. Meski persiapannya dalam waktu singkat namun diupayakan sukses dan semua kegiatannya lancar. Setelah selesai melaksanakan tiga sesi itu, untuk kegiatan selanjutnya diserahkan kepada Gumuruh yang mengatur jadwalnya. Dr Aqua siap setiap saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Selama melaksanakan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodam II/Sriwijaya saya menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Gumuruh untuk mengatur jadwalnya. Setiap saat saya siap melakukan yang terbaik terkait itu,” tegas Dr Aqua.

Mantan wartawan di banyak media itu mengucapkan terima kasih kepada Agus atas amanah yang diberikan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Bagi Dr Aqua kepercayaan tersebut merupakan kehormatan yang nilainya jauh lebih besar dibandingkan materi berapa pun.

Ikut Kunjungan Kerja

Sebelumnya di awal menjabat sebagai Pangdam II/Sriwijaya, mengawali kunjungan kerja pertamanya pada Rabu sore (26/8/2020) di Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Agus sengaja mengajak Dr Aqua untuk ikut bersamanya. Dia sekaligus nostalgia karena pernah bertugas di sana.

Ketika memberikan pengarahan di depan 380 prajurit dan istrinya, tiba-tiba Agus minta Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan motivasi. Motivator ulung tersebut langsung memenuhi permintaan Agus. “Bersyukurlah seluruh prajurit di Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha dan keluarganya. Dari seluruh Batalyon Infanteri di wilayah Kodam II/Sriwijaya, ini adalah batalyon yang pertama kali dikunjungi Pak Agus. Merupakan kehormatan sehingga jagalah nama baik batalyon ini,” pesan Dr Aqua.

Sehari kemudian, Kamis pagi (27/8/2020) Agus kembali meminta Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi dalam acara tatap muka Pangdam II/Sriwijaya dengan personel TNI dan Polri di Balai Prajurit Korem 041/Garuda Mas di Kota Bengkulu.

Ketika itu Dr Aqua menegaskan TNI dan Polri harus solid untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kunci mewujudkan semua itu pada kelancaran komunikasi dengan saling menghormati. Penegasan hal itu disampaikan Dr Aqua di depan sekitar 150 orang prajurit TNI dan Polri termasuk pejabat utama Korem 041/Garuda Mas dan Polda Bengkulu.

Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi seusai Kapolda Bengkulu Irjen Pol Teguh Sarwono dan Agus memberi arahan. “Saya sengaja mengundang Bapak Dr Aqua Dwipayana untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di sini. Sebagai orang sipil selama ini beliau intens mengamati TNI dan Polri. Kita perlu mendapat banyak masukan dari Pak Aqua. Jadi tolong disimak semua yang disampaikannya,” ujar Agus yang mantan Panglima Divisi Infanteri II Kostrad di Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dr Aqua sependapat dengan yang disampaikan Agus bahwa sampai sekarang masih ada yang tidak suka TNI dan Polri solid. Untuk itu agar seluruh prajurit TNI dan Polri semakin meningkatkan kekompakkan terutama dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) baik gubernur maupun bupati di Bengkulu. Di awal sharing Komunikasi dan Motivasinya Dr Aqua menyampaikan terima kasih kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi yang mengajaknya mengikuti kunjungan kerja di Bengkulu.

“Pak Agus sengaja mengundang saya ke Bengkulu untuk ikut kunjungan kerjanya agar dapat belajar banyak pada beliau. Tidak sampai 24 jam saya sudah mendapatkan banyak hal dari Pak Agus. Makanya saya merasa beruntung sekali,” jelas Dr Aqua. Dalam kunjungan kerja itu Agus bersama istrinya Sinta Agus. Juga ikut mendampinginya para pejabat utama termasuk Ketua Kelompok Ahli Pangdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Puji Cahyono.

Di dua acara itu Dr Aqua memanggil beberapa prajurit ke depan. Menanyakan tentang hal-hal yang terkait dengan tugas-tugas mereka di TNI dan Polri. Kemudian memberikan hadiah berupa sejumlah uang sebagai apresiasi pada mereka. ***

Artikel ini telah dibaca 67 kali

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita