Daop 2 Bandung Operasikan 24.508 Perjalanan Kereta Api Pada Triwulan 1 2025

Tingkat Ketepatan Waktu KA Berangkat Capai 99,65% Berkat Peningkatan Infrastruktur Operasional

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mencatatkan kinerja operasional yang membanggakan pada Triwulan I tahun 2025. Sebanyak 24.508 perjalanan Kereta Api baik KA Penumpang Jarak Jauh, KA Penumpang Lokal, dan KA Barang telah dioperasikan dari Januari hingga Maret 2025 dengan tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,65% dan ketepatan waktu kedatangan sebesar 98,18%.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo menjelaskan capaian ini mencerminkan komitmen Daop 2 Bandung dalam memberikan pelayanan transportasi yang andal, aman, dan tepat waktu kepada masyarakat. Capaian ini tidak lepas dari upaya berkelanjutan dalam peningkatan infrastruktur dan fasilitas operasional kereta api serta merupakan hasil dari kerja bersama seluruh jajaran dan dukungan pemeliharaan sarana dan prasarana yang konsisten.

“Ketepatan waktu merupakan salah satu indikator utama kualitas dari layanan KAI. Kami terus melakukan optimalisasi sarana dan prasarana pendukung, mulai dari perbaikan jalur rel, peningkatan sistem persinyalan, hingga perawatan berkala sarana lokomotif, gerbong, dan kereta. Semua ini menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga ketepatan waktu perjalanan kereta api,” jelas Kuswardojo.

Peningkatan efisiensi jadwal dan optimalisasi pengelolaan sumber daya turut berkontribusi terhadap keberhasilan ini. Selain itu, Daop 2 Bandung juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam menjaga kelancaran perjalanan kereta, termasuk dalam pengamanan lintas dan penanganan gangguan operasional.

Lebih lanjut, Kuswardojo menambahkan bahwa selain aspek teknis, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) serta kolaborasi yang solid antar unit kerja turut berkontribusi terhadap pencapaian ini. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan memastikan keselamatan, keamanan, serta kenyamanan pelanggan. Sejalan dengan misi KAI dalam menyediakan jasa yang mengedepankan keselamatan, ketepatan waktu, dan kenyamanan,” tegasnya.

Dengan capaian ini, Daop 2 Bandung berharap dapat terus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama perjalanan yang nyaman, cepat, dan tepat waktu. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus menggunakan layanan kereta api sebagai moda transportasi pilihan. Kami akan terus berbenah dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan setia KAI,” pungkas Kuswardojo.

Komentar