Menu

Mode Gelap

Berita · 1 Jul 2022 00:18 WIB ·

Bray, Desa Citengah Kini Terang Benderang

 PLN terus berupaya memberikan kesetaraan hidup yang lebih baik untuk mewujudkan listrik yang berkeadilan melalui peningkatan rasio elektrifikasi di wilayah pedesaan dan wilayah pemukiman yang sulit dijangkau, seperti di Dusun Cisoka Desa Citengah Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang. Selasa (29/6/2022) (Foto: Apun).* Perbesar

PLN terus berupaya memberikan kesetaraan hidup yang lebih baik untuk mewujudkan listrik yang berkeadilan melalui peningkatan rasio elektrifikasi di wilayah pedesaan dan wilayah pemukiman yang sulit dijangkau, seperti di Dusun Cisoka Desa Citengah Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang. Selasa (29/6/2022) (Foto: Apun).*

KABUPATEN SUMEDANG (TUGUBANDUNG.ID) – Pemerintah melalui PLN terus berupaya memberikan kesetaraan hidup yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya dalam rangka mewujudkan listrik yang berkeadilan melalui peningkatan rasio elektrifikasi di wilayah pedesaan dan wilayah pemukiman yang sulit dijangkau dengan keterbatasan sarana dan prasarana dan kondisi alam serta cuaca yang relatif sulit diprediksi. Seperti salah satunya di Dusun Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang.

Berkolaborasi dengan Pemerintah khususnya Kementrian ESDM Provinsi Jawa Barat dan berbagai Instansi, kali ini bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat.

“Ini merupakan hari yang bersejarah setelah puluhan tahun Desa Citengah menantikan listrik lebih dari dua puluh tahun akhirnya hari ini dapat menikmati listrik, hal ini disebabkan Lokasi yang cukup sulit untuk memasang jaringan listrik dan biaya yang besar sementara di Desa ini hanya ada 31 Kepala Keluarga,” ujar Bupati Sumedang, Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T., M.M. pada Selasa (29/6/2022).

Ia juga menyampaikan dari 400 ribuan warga masih ada 9.000 warga Sumedang yang belum memasang listrik, bukan karena tidak ada aliran listrik tapi karena memang mereka tidak mampu. Hal ini menjadi tugas dari Pemerintah Sumedang yang akan terus berkolaborasi dengan ESDM dan PLN untuk membantu pemerintah meningkatkan rasio elektrifikasi dengan bantuan CSR dari berbagai instansi.

Sejalan dengan Hal tersebut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menyampaikan Melistriki daerah pedesaan di pelosok Jawa Barat merupakan salah satu program prioritas unggulan yang dilakukan oleh PLN, juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung penuh pemerintah dalam mewujudkan Program Pemprov Jawa Barat yakni Jabar Caang sehingga dapat meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Jawa Barat.

“Salah satu lokasi yang kami bangun di tahun 2022 ini yaitu Dusun Cisoka Desa Citengah Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Disini kami membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 7,908 Kms, 1 unit Gardu Distribusi serta Jaringan Tegangan Rendah 0,325 Kms. Pembangunan ini berpotensi menambah kurang lebih sebanyak 30 calon pelanggan dan akan berkembang kedepannya. Lokasi ini adalah salah satu dari 5 (lima) daerah dalam Perjanjian Kerjasama antara PLN UID Jabar dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2020. Ke 5 (lima) lokasi tersebut tersebar di daerah Rancaekek, Soreang, Tanggeung, serta Cisoka dengan total potensi penambahan sejumlah 536 pelanggan, serta Operasional dan Pemeliharaan Tower Radio Komunikasi di Tangkuban Perahu,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, PLN berupaya untuk selalu konsisten melaksanakan penyambungan listrik di wilayah pedesaan, bersama dengan Pemerintah. “Bersama – sama kami berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah pedesaan se-Jawa Barat, melalui penyambungan listrik ini. Ini bukti Negara Hadir bagi Masyarakat,” tambahnya.

Seluruh pembangunan infrastruktur untuk 5 lokasi kerjasama tersebut dioptimalkan untuk menjangkau wilayah willayah pemukiman yang sulit dijangkau dengan keterbatasan sarana prasarana juga kondisi alam dan cuaca yang relatif sulit diprediksi. Melalui kerjasama ini, kami membangun Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 19,121 kilometersirkit (kms), Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 31,311 kms dan 11 Gardu Distribusi.

Pada kegiatan tersebut PLN UID Jawa Barat juga menyerahkan 35 Paket sembako untuk masyarakat Desa Citengah. Paket tersebut merupakan bantuan dari Yayasan Baitul Mal PLN yakni Dana yang dikumpulkan dari para Pegawai muslim PLN UID Jawa Barat.***

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita