KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Event tahunan bergengsi Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) untuk yang keenam kalinya kembali digelar. KKJ-PKJB 2024 yang merupakan sinergi Bank Indonesia Jawa Barat bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dekranasda Provinsi Jawa Barat ini, akan digelar di Trans Convention Center dan Trans Studio Mall Bandung mulai 28-30 Juni 2024. Kegiatan dengan tema ‘Sinergi Memperkuat Ekonomi Hijau, Keuangan Digital dan Inklusif serta Iklim Investasi untuk Kemandirian Ekonomi’ tersebut, akan menghadirkan berbagai produk kriya, fashion, kuliner, dan industri kreatif premium lainnya yang berasal dari 100 UMKM unggulan Jawa Barat.
Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Muslimin Anwar, menyampaikan bahwa gelaran keenam KKJ-PKJB 2024 ini merupakan event Road to Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2024. Ia berharap, Strategic Flagship Event ini dapat berkontribusi dalam menjaga inflasi Jawa Barat tetap berada pada rentang sasaran 2,5+1% pada 2024 ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat agar tetap kuat, berkelanjutan dan inklusif dalam kisaran 4,6%-5,4% pada akhir tahun 2024.
“Dalam gelaran tahun ini, dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Barat yang berkelanjutan semakin diperkuat tidak hanya pada pengembangan UMKM, khususnya UMKM hijau saja, namun juga hingga diarahkan untuk mendorong ekonomi keuangan digital, inklusifitas, dan investasi,” katanya, dalam acara soft opening KKJ-PKJB 202r di Braga City Walk Kota Bandung, Sabtu (22/6/2024).
“Konsep Ekonomi Hijau pada KKJ-PKJB 2024 semakin diperkuat melalui showcasing produk UMKM hijau, dukungan green financing pada UMKM hijau, apresiasi dan webinar UMKM hijau, hingga pemanfaatan ekonomi sirkular melalui konsep Zero Waste Event,” lanjutnya.
KKJ-PKJB 2024 juga turut mendukung digitalisasi yang inklusif melalui program QRIS Jelajah Indonesia, digitalisasi sistem pembayaran melalui QRIS hingga layanan digital kependudukan dan pembayaran pajak kendaraan. Semakin lengkap, KKJ-PKJB 2024 juga dirangkaikan dengan West Java Industrial Meeting (WJIM), sebagai wadah diseminasi Kebijakan Likuiditas Makroprudensial (KLM) dan Local Currency Transaction (LCT) bagi pelaku usaha guna menjaga stabilitas keuangan, mendorong realisasi pembiayaan perbankan, meningkatkan realisasi investasi sertadan menjaga stabilitas nilai tukar.
Muslimin menambahkan bahwa selain sebagai tempat yang tepat bagi masyarakat Jawa Barat untuk berbelanja produk UMKM berkualitas premium khas Jawa Barat, dalam KKJ-PKJB 2024, masyarakat juga dapat mengikuti berbagai kompetisi menarik.
“Diantaranya Kompetisi Memasak Pangan Olahan bersama Chef Lord Adi, Kompetisi Cinta Bangga Paham Rupiah Championship setingkat SMA, kompetisi fashion show pegawai perbankan se-Jawa Barat bertajuk ‘Ngabaraya Fashion Walk’ hingga kompetisi ‘West Java Fashion Designer Competition,” tambah Muslimin.
Semakin lengkap, KKJ-PKJB 2024 juga disertai dengan berbagai interactive booth dan sesi edukasi literasi konsumen dalam mengakses layanan keuangan dan pembayaran. Guna semakin menambah kemeriahan acara, masyarakat yang hadir di KKJ-PKJB 2024 juga akan dihibur oleh spesial performance dari artis papan atas nasional diantaranya KKahitna dan Yura Yunita.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Noneng Komara Nengsih, menyampaikan bahwa sinergi event KKJ-PKJB 2024 ini digelar guna mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BWI),
“Khususnya dalam rangka mendorong peningkatan daya saing UMKM kreatif di Jawa Barat. Sebanyak 27 Dekranasda Kab/Kota se-Jawa Barat turut meramaikan kegiatan ini melalui Fashion Show bersama seluruh OPD Provinsi Jawa Barat serta showcasing produk kreatif unggulan masing-masing wilayah,” ujar Noneng.
Showcasing produk unggulan daerah tersebut juga akan didorong hingga mendapatkan fasilitasi promosi perdagangan go digital go export melalui business matching dengan potential buyer.
Setelah kegiatan showcasing di area KKJ-PKJB 2024 telah selesai, promosi hingga penjualan termasuk transaksi produk UMKM Jawa Barat tersebut juga masih tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com dan berbagai marketplace.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar menyampaikan bahwa, gelaran KKJ-PKJB 2024 juga diarahkan agar dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung tidak hanya ke Kota Bandung namun berbagai destinasi menarik lainnya di Jawa Barat.
“Selain melalui berbagai atraksi dan hiburan yang disiapkan, di sisi pariwisata, KKJ-PKJB 2024 juga secara khusus menggelar West Java Tourism Talk (WJTT), talkshow interaktif yang akan membedah potensi dan tantangan pariwisata Jawa Barat agar menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” kata Benny.
Selain itu, WJTT juga ditujukan untuk penyusunan road map pengembangan destinasi wisata Jawa Barat sebagai langkah nyata dalam mewujudkan Gernas BWI. (Pun)***