Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Mei 2022 14:01 WIB ·

Bahagiakan Orang Lain, Maka Kita akan Bahagia 

 PAKAR Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan sharing komunikasi dan motivasi pada acara halal bihalal virtual Konus, Sabtu 14 Mei 2022.* Perbesar

PAKAR Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan sharing komunikasi dan motivasi pada acara halal bihalal virtual Konus, Sabtu 14 Mei 2022.*

TUGUBANDUNG.ID –  Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa inti silaturahim adalah bagaimana membahagiakan orang lain tanpa disertai embel-embel harapan apapun kecuali ikhlas memberikan dan bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Dengan menebar kebahagiaan ke banyak kalangan, tanpa terasa hal yang sama juga akan selalu menyertai orang yang membahagiakan orang lain tersebut.

Demikian antara lain pesan yang disampaikan Dr Aqua pada Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada anggota KOMPASS Nusantara (Komunitas Para Sales Super Nusantara) atau yang dikenal dengan nama  Konus, Sabtu 14 Mei 2022 malam. Kegiatan yang dirangkaiankan dengan halal bihalal virtual Konus tersebut juga dihadiri Dewan Pengawas Konus Prof Dr Seto Mulyadi, SPsi, MSi yang dikenal sebagai psikolog anak.

Kegiatan dalam rangka halal bihalal Idulfitri 1443 H itu tersebut dipandu oleh host Yulia Sabil (Station Manager MNC Trijaya Surabaya) dan  dibuka Founder Konus Yudi Ananta.

Dalam paparannya, Dr Aqua juga mengutip pernyataan yang disampaikan mendiang tokoh nasional yakni Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau HAMKA. “Saya ingin mengutip kembali apa yang disampaikan Buya HAMKA bahwa ‘cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri’,” ungkap Dr Aqua.

Dari pernyataan tersebut, menurut Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik tersebut, diambil kesimpulan bahwa inti dari semua aktivitas positif adalah keikhlasan. “Menjalani profesi apapun harus dilakukan dengan berdimensi spiritual. Jangan berorientasi pada materi dan selalu menjalani semuanya dengan ikhlas. Jika kita melakukan perbuatan baik dan ikhlas dalam melaksanakan semua itu insya Allah tidak akan sia-sia. Tuhan bakal melipatgandakan balasannya baik di dunia maupun akhirat,” tegas Dr Aqua.

Pria yang sudah menulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim ini lebih jauh menguraikan bahwa siapapun termasuk para tenaga penjualanm (sales) harus memiliki kompetensi komunikasi yang efektif.

Efektivitas komunikasi dapat dijalankan dengan rumus REACH Plus A+C. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni Respect atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati jangan meremehkan. Dr Aqua mengingatkan agar melayani jangan melihat dari penampilan seseorang. Kenapa? Sebab tampilan luar setiap orang tidak mencerminkan dalamnya. Apalagi tidak semua orang yang datang diketahui latar belakangnya.

Kemudian Empati atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan bersikap seperti itu pasti menimbulkan kepedulian kepada sesama

“Selanjutnya Audible atau dapat dimengerti yaitu semua yang disampaikan dengan mudah dipahami seluruh orang meski latar belakang termasuk pendidikannya berbeda-beda. Untuk melengkapi itu maka perlu Clarity atau penyampaiannya menggunakan kalimat terbuka dan sederhana. Terakhir adalah Humble atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan. REACH akan sangat berarti jika dilengkapi dengan huruf ‘A’ dan ‘C’ yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya,” terang Dr Aqua.

Kepada yang hadir pehobi membaca dan silaturahim itu juga menekankan bahwa siapapun harus menjaga kebersihan hati. Kemudian selalu komunikasi yang baik dengan siapapun dan berkomunikasi dengan empati.

Testimoni

Pada sesi sharing tersebut, Pemimpin Redaksi Tugubandung.id Erwin Kustiman yang awal Ramadan 1443 H lalu mengikuti rangkaian perjalanan silaturahim Dr Aqua Dwipayana ke Makassar, Parepare, dan Sidrap di Sulawesi Selatan, memberikan testimoni bagaimana konsistensi Dr Aqua menjalankan silaturahim dan sesi sharing komunikasi dan motivasi ke jajaran TNI dan Polri gratis tanpa dibayar.

ERWIN Kustiman (kanan) menyampaikan testimoni pada halal bihalal virtual Konus, Sabtu (14/5/2022).*

“Selama lima hari penuh saya Alhamdulillah bisa melihat langsung bagaimana konsistensi dan keikhlasan Dr Aqua Dwipayana dalam menjalankan silaturahim. Betapa beliau yang jika berbicara di lingkungan BUMN dan perusahaan swasta mendapatkan honor puluhan juta serta akomodasi bintang lima dan transportasi kelas bisnis, justru tidak mau diayar jika berbicara di lingkungan TNI, Polri, para guru, serta wartawan. Pak Aqua malah mengongkosi sendiri semua keperluannya. Semua dilandasi oleh niat dan keikhlasan bersilaturahim ke penjuru negeri,” ungkap Erwin Kustiman yang juga dosen di Prodi Ilkom FISIP Universitas Pasundan.

Sebaliknya, dalam setiap sesi sharing yang dijalani, Dr Aqua justru banyak memberikan hadiah dan anugerah mengejutkan kepada hadirin peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi. Sudah puluhan orang baik karyawan rendahan sampai perwira tinggi, tua atau muda, yang mendapat berkah hadiah liburan gratis ke Bali, Yogyakarta, bahkan umrah gratis. “Hal itu muncul begitu saja sesuai panggilan Nurani Dr Aqua Dwipayana ketika berbicara dan kemudian berinteraksi dengan peserta,” ujar Erwin.

Salah seorang yang mendapat hadiah liburan gratis ke Bali pada salah satu sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana di Makassar adalah Denpassau (63 tahun), Kepala Sekolah SMA Kartika Makssar yang berdiri di bawah Yayasan Kartika Jaya Kodam XIV/Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan. Pada 13 Mei sampai dengan 16 Mei, Denpassau dan istrinya Datu Karaeng tengah menikmati hadiah liburan tersebut.

Semua fasilitas, tiket penerbangan PP Makassar – Bali dan akomodasi di hotel berbintang, sudah disiapkan dengan baik oleh Dr Aqua. Kini, beberapa orang lainnya juga tengah mempersiapkan jadwal keberangkatan masing-masing untuk menunaikan hadiah yang telah diberikan oleh Dr Aqua.

Erwin Kustiman menambahkan, sosok lain yang juga mendapat hadiah mengejutkan dari Dr Aqua Dwipayana adalah Baso Pabe (49 tahun). Pada Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana di hadapan lebih dari 250 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di RSAD Pelamonia Makassar, Sulawesi Selatan, 4 April 2022, Baso Pabe yang merupakan  staf pemulasaraan jenazah RS Pelamonia Makassar, mendapatkan anugerah besar dalam hidupnya.

Pria yang sudah 30 tahun bekerja sebagai tenaga honorer (PLH) itu mendapat kejutan ketika Dr Aqua Dwipayana memberikan liburan kepada ia dan istrinya ke “Kota Budaya” Yogyakarta. Tiket PP Makassar-Yogyakarta, akomodasi, trasportasi lokal, serta makan dan minum semua sudah ditanggung oleh Dr Aqua.

RS Pelamonia sendiri adalah rumah sakit TNI AD yang merupakan unsur pelaksana Kesehatan Kodam XIV/Hasanuddin. Selama sepekan, 4 s.d 8 April 2022 menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak lebih dari 18 sesi kepada setiap unsur dalam unit-unit di lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin. Salah satunya adalah para nakes RSAD Pelamonia Makassar.

Bahkan, Baso Pabe juga mendapatkan anugerah lebih membahagiakan ketika Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad bersama Dr Aqua Dwipayana, berkunjung ke kediamannya  keesokan pagi setelah sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di RS Pelamonia tersebut. Dalam kunjungan mendadak itu, Selasa 5 April 2022 pagi, Mayjen TNI Andi Muhammad memberikan anugerah umrah gratis bagi Baso Pabe dan istrinya.

Menginap gratis 

Hal serupa terjadi pada sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana dalam kegiatan halal bihalal virtual Konus. Doktor komunikasi lulusan Fikom Universitas Padjadjaran tersebut tanpa diduga kembali menebar hadiah mengejutkan kepada peserta.

Pada sesi tanya jawab, Dr Aqua menegaskan siap memberikan dua door prize masing-masing menginap satu malam di Hotel Mercure Jakarta Cikini dan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Kedua hotel bintang empat itu milik teman akrabnya yakni Ventje Suardana dan Yohan Setia. Di akhir acara, panitia memberikan hadiah menginap di Hotel Mercure Jakarta Cikini tersebut kepada Kak Seto Mulyadi sebagai bentuk apresiasi atas sepak terjang Ka Seto dalam ikut membina dan mendidikan anak-anak Nusantara. Sedangkan hadiah menginap di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya diberikan kepada Aditya Prayoga.

DEWAN Pengawas Konus Kak Seto Mulyadi juga hadir dalam halal bihalal virtual Konus, Sabtu 14 Mei 2022.*

Tak hanya itu, Dr Aqua secara khusus memberikan apresiasi kepada founder Konus Yudi Ananta. Diberikan dalam bentuk hadiah menginap dua malam di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Yudi menyampaikan terima kasih mendapat atas fasilitas tersebut dan mendoakan Dr Aqua Dwipayana senantiasa mendapatkan berkah dan kesehatan dalam terus melakukan silaturahim ke pelosok bumi pertiwi bahkan hingga luar negeri.

Dalam sambutan di awal acara, Yudi Ananta bersyukur atas pejalanan panjang Konus yang saat ini genap berusia tujuh tahun. “Alhamdulillah, meski anggotanya tersebar di berbagai wilayah tapi semua tetap kompak dan solid. Bahkan, sejak awal berdiri sampai sekarang kami konsistensi menggelar diskusi mingguan tanpa pernah berhenti. Diskusi mingguan Konus selalu menghadirkan tokoh-tokoh yang selalu dijadikan tempat kami belajar bidang apapun,” ucap Yudi Ananta yang menginformasikan pada September mendatang, Konus akan menggelar gathering di Surabaya.

KOMPASS Nusantara (Komunitas Para Sales Super Nusantara) atau yang dikenal dengan nama  Konus awalnya bernama KOMPASS (KOMunitas PAra Sales Sumenep) merupakan sebuah komunitas yang didirikan oleh Yudi Ananta (founder), Agung Dharmono, SE sebagai President of KOMPASS dan Muhammad Idham Azhari sebagai Co-founder of KOMPASS.

Awalnya komunitas ini berasal dari Group BBM yang memiliki tujuan sarana untuk meningkatkan skill atau kemampuan di antara para sales/tenaga penjual di perusahaan manapun khususnya di Kabupaten Sumenep melalui sharing motivasi dan diskusi.

Pada 1 Januari 2018, KOMPASS berevolusi dari Komunitas Para Sales Sumenep menjadi Komunitas Para Sales Super Nusantara dan disebut sebagai KOMPASS-Nusantara. Keberadaan KOMPASS semakin lama mendapat respons positif dari masyarakat luas karena jumlah membernya yang semakin hari semakin bertambah. Bahkan, Grup BBM KOMPASS harus beralih ke Grup WhatsApp yang notabene bisa menampung member yang lebih banyak. ***

 

Artikel ini telah dibaca 98 kali

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita