Hari Kedua Lebaran, Arus Mudik Pasca Lebaran di Wilayah Daop 2 Bandung Meningkat Signifikan

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung mencatat lonjakan jumlah pelanggan yang melakukan perjalanan mudik pada hari kedua Lebaran (Selasa, 1 April 2025). Berdasarkan data yang dihimpun (update Rabu, 2 April 2025), jumlah pelanggan yang berangkat pada hari ke dua Lebaran tercatat sebanyak 25.003 pelanggan, melebihi angka keberangkatan harian sebelum Lebaran. Fenomena unik ini menunjukkan bahwa pemberlakuan WFH dan WFA serta libur panjang yang diterapkan pemerintah berhasil membuat pemudik tidak bertumpuk pada satu atau dua hari pra lebaran namun merata pada hari-hari lain bahkan pasca lebaran.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, mengungkapkan bahwa lonjakan ini telah diantisipasi dengan berbagai langkah strategis. “Kami melihat adanya tren peningkatan arus mudik pasca Lebaran dan telah melakukan berbagai upaya untuk memastikan pelayanan tetap optimal, termasuk mempersiapkan rangkaian kereta dengan baik dan pengaturan operasional perjalanan kereta tepat waktu sesuai jadwal,” ujar Kuswardojo.

PT KAI Daop 2 Bandung juga terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan dengan memastikan kelancaran perjalanan, kenyamanan, dan keamanan penumpang. Langkah-langkah pengamanan serta protokol pelayanan telah ditingkatkan guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang di berbagai titik keberangkatan.

Terkait informasi Angkutan Lebaran 2025, jumlah pengguna KA pada masa angkutan lebaran 2025 mulai 21 Maret hingga 11 April 2025 juga terus meningkat. Dari pantauan data (Rabu, 2 April 2025 pagi) tercatat sejumlah 333.130 pelanggan telah memiliki tiket berangkat dengan kereta api dari Daop 2 Bandung, dengan okupansi penumpang sebanyak 93,7% dari total 355.696 tempat duduk yang disediakan.

Sejumlah pelanggan tersebut telah memiliki tiket berangkat dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung dengan 29 KA yang disediakan dengan keberangkatan dari Daop 2 Bandung. Tercatat sampai dengan hari ini dari awal Angkutan Lebaran 2025 total ada 95.797 pelanggan berangkat dari Stasiun Bandung dan hari ini ada 6.422 pelanggan yang berangkat, di Stasiun Kiaracondong total ada 64.412 pelanggan dan hari ini ada 4.847 pelanggan yang berangkat, sedangkan di Stasiun Tasikmalaya total ada 16.142 pelanggan dan hari ini ada 2.103 pelanggan yang berangkat.

Bagi para pelanggan yang belum memiliki tiket, PT KAI mengimbau agar melakukan pemantauan ketersediaan tiket dan pembelian tiket melalui aplikasi Access By KAI atau kanal resmi lainnya. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk selalu mematuhi aturan dan ketentuan perjalanan guna memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

Informasi terkait perjalanan kereta api dapat diakses melalui layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI. (Pun)***

Komentar