Menu

Mode Gelap

Berita · 14 Jun 2023 20:02 WIB ·

4 Startup Terpilih Jadi Pemenang BSPD 2023 SBM ITB

 Pemenang BSPD 2023. Doc. SBM ITB Perbesar

Pemenang BSPD 2023. Doc. SBM ITB

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Ada 21 Startup UMKM dari berbagai industri yang telah lolos seleksi, melakukan presentasi bisnis di hadapan Venture Capital dari dalam dan luar negeri di event ‘Bandung Startup Pitching Day (BSPD) 2023′ di Kampus SBM ITB Bandung, Rabu (14/6/2023).

“Acara hari ini adalah mengumpulkan startup, expert industri, investor, dan para startup enthusiasts untuk merayakan dan mempromosikan ekosistem startup yang bersemangat di Bandung,” ucap Direktur The Greater Hub SBM ITB Dr. Dina Dellyana saat konferensi pers.

“Ini tahun ke lima kami menggelar Bandung Startup Pitching Day dengan tujuan untuk memberikan peluang pitching bagi startup yang siap tumbuh lebih cepat, serta memfasilitasi startup di seluruh Indonesia yang membutuhkan support pendanaan untuk perkembangan bisnisnya,” ungkap Dr. Dina.

Dr. Dina juga menjelaskan, bahwa gelaran ini menurutsertakan LPIK ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung.

“Kami berkolaborasi dengan tujuh entitas terkemuka dari stakeholder ekosistem startup di Bandung yaitu Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, LPIT, Startup Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung. Kolaborasi ini akan meningkatkan dan menumbuhkan ekosistem startup di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Dr. Dina, keberadaan startup di Indonesia jumlahnya selalu bertambah, dan sudah pasti memerlukan pendanaan, namun akses terbatas.

“Banyak sekali startup di Indonesia dan makin bertambah terus, dan akses pendanaan sangat terbatas. Di sinilah kami hadir sekaligus sebagai ajang exposure potensi para startups,” tutur Dr. Dina.

Dipaparkan bahwa Bandung Startup Pitching Day 2023 menghadirkan startup-startup terbaik dan paling menjanjikan dari berbagai industri.

“Kami sediakan mereka platform untuk mempresentasikan ide inovatif, model bisnis, dan potensi pertumbuhan mereka. Ada pula diskusi panel interaktif, dan kesempatan untuk berjejaring antara sesama startup, venture capital, tamu undangan dan masyarakat luas yang memiliki ketertarikan dengan startup, menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kolaborasi dan berbagi pengetahuan,” papar Dr. Dina.

“Total startup yang mendaftar itu ada 69, dan yang lolos seleksi ada 21. Yang terpilih ini pastinya juga startup terbaik yang memiliki bold idea dengan basis teknologi sebagai solusi bagi permasalahan di Indonesia. Dari 21 itu kami seleksi lagi, dan akhirnya kami ada 4 startup sebagai yang terpilih dan pemenang,” kata Dr. Dina.

Diketahui para startups ini beroperasi pada kategori Health tech, Agro tech, Management system, IoT, Manufacture, E-commerce, Social Media, Financial, Logistic, Edutech.

Dan berikut adalah startup terpilih dan menjadi pemenang pada BSPD 2023:
1. Kategori Innovative: Detani
2. Kategori Best Pitching: Thrivty
3. Kategori Best Impact: Mengasihi
4. Kategori Marketable: IPS (Intelegent Planning System). (Pun) ***

Artikel ini telah dibaca 64 kali

Baca Lainnya

Pegawai Outsourcing Ditangkap Polisi, KAI Dukung Proses Hukum

13 Juni 2024 - 11:50 WIB

Parlemen Kota Bandung Siap Mengawal Kelanjutan Gugatan Aliansi Eks-Karyawan Pikiran Rakyat Sesuai Koridor Hukum, Jangan Ada Pihak yang “Masuk Angin”

13 Juni 2024 - 10:37 WIB

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Trending di Berita