Menu

Mode Gelap

Berita · 15 Jun 2023 05:57 WIB ·

Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana Merambah ke Dunia Perkebunan Sawit, Sampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di PT Mahkota Tbk Medan

 PaADA Kamis 15 Juni 2023 ini, Dr Aqua Dwipayana siap menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Loyalitas dan Integritas” di PT Mahkota Group Tbk tepatnya di lantai 27 Grand Jati Jalan Perintis Kemerdekaan No 3A, Kota Medan, Sumatera Utara. Mahkota Group adalah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit  dan produksi minyak sawit dengan lokasi yang tersebar di Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Utara.* Perbesar

PaADA Kamis 15 Juni 2023 ini, Dr Aqua Dwipayana siap menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Loyalitas dan Integritas” di PT Mahkota Group Tbk tepatnya di lantai 27 Grand Jati Jalan Perintis Kemerdekaan No 3A, Kota Medan, Sumatera Utara. Mahkota Group adalah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit  dan produksi minyak sawit dengan lokasi yang tersebar di Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Utara.*

KOTA MEDAN (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional kini merambah ke dunia bisnis perkebunan sawit dengan agenda memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan unsur pimpinan dan karyawan PT Mahkota Group Tbk.

Pada Kamis 15 Juni 2023 ini, doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Loyalitas dan Integritas” di PT Mahkota Group Tbk tepatnya di lantai 27 Grand Jati Jalan Perintis Kemerdekaan No 3A, Kota Medan, Sumatera Utara. Mahkota Group adalah perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit  dan produksi minyak sawit dengan lokasi yang tersebar di Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Utara.

Dalam pernyataan menjelang sharing, Dr Aqua Dwipayana menegaskan bahwa semua pegawai di lingkungan industri atau perusahaan dituntut untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi komunikasi. Ini merupakan hal mendasar dalam upaya mewujudkan kualitas koordinasi antarunit kerja.

“Untuk itu mari terus belajar komunikasi. Ini adalah aspek terpenting dalam penanganan bidang apapun termasuk di pendidikan, tapi seringkali pula setiap masalah bersumber dari minimnya kemampuan dalam berkomunikasi,” ucap Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini.

Dr Aqua Dwipayana menyebut jika komunikasi efektif begitu penting dalam dunia kerja. Pasalnya, komunikasi menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan proses bisnis dari sebuah perusahaan atau organisasi kerja.

Untuk itu, pria yang tak pernah henti keliling negeri buat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ini, memberikan lima kunci sukses melakukan komuniksi yang baik yakni melalui penerapan REACH Plus AC.

Menurut Dr Aqua Dwipayana selama ini telah terbukti REACH Plus A+C sukses mengatasi berbagai persoalan komunikasi. Jadi semua pegawai di lingkungan industri perkebunan sawit agar menjalankannya saja secara konsisten.

Aspek pertama adalah sikap menghargai orang lain tanpa kecuali yang diwakili dengan kata “Respect”. Penulis buku “super best seller” trilogi The Power of Silaturahim ini menegaskan di mana pun kita berada, jangan pernah menganggap remeh siapa pun. Hormati dan hargai semua orang yang berkomunikasi dengan kita termasuk para pegawai terendah di perusahaan.

“Jangan karena punya jabatan, merasa lebih hebat dari yang lain. Sehingga tidak menghargai sesama,” kata pria yang selalu bicara apa adanya ini.

Amanah sebagai karyawan atau bahkan pimpinan perusahaan, ujar Dr Aqua Dwipayana, sebaiknya dimanfaat sebaik-baiknya dengan menghargai semua orang. Sehingga semuanya merasa nyaman saat  bekomunikasi. Selain itu, tambah Dr Aqua Dwipayana, mereka yang diajak berkomunikasi tidak ragu-ragu menyampaikan berbagai informasi. Sedikit banyak info yang disampaikan mereka bermanfaat.

Kedua adalah sikap “empathy” (empati). Semua kalangan harus bisa merasakan yang dirasakan orang lain. Ini juga penting buat pimpinan kepada seluruh karyawan. “Upayakan bisa merasakan yang dialami orang lain. Dengan begitu semuanya merasa nyaman. Apalagi kalau kemudian dapat membantu mengatasi kesulitan mereka,” tutur Dr Aqua Dwipayana.

Ketiga, tambah motivator kawakan ini adalah Audible atau dapat dimengerti yaitu semua yang disampaikan dengan mudah dipahami seluruh orang meski latar belakang termasuk pendidikannya berbeda-beda.

Untuk melengkapi itu, lanjut pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara pada 23 Januari 1970 ini,  maka perlu yang keempat yakni Clarity atau penyampaiannya menggunakan kalimat terbuka dan sederhana. Terakhir adalah Humble atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan. REACH akan sangat berarti jika dilengkapi dengan huruf ‘A’ dan ‘C’ yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya.

“Pengalaman saya selama ini hal yang paling mendasar dari hal itu adalah sikap rendah hati, mau belajar, dan saling menghargai,” tegas Dr Aqua Dwipayana.

Undangan Usli Sasri

Dr Aqua Dwipayana menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di PT Mahkota Group Tbk atas undangan Direktur Utamanya Usli Sasri. Mereka pertama kali ketemu awal 2023 di Medan. Kepala Lembaga Pembiayaan Ekspor Cabang Medan Alexander Halim yang berjasa mempertemukan mereka.

Saat mereka ketemu di kantor Usli, salah satu yang dibicarakan adalah upaya meningkatkan kualitas para pegawai PT Mahkota Group Tbk baik yang bertugas di kantor pusat maupun yang di lapangan. Mereka sepakat bahwa semua karyawan perlu mendapatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

DR Aqua Dwipayana dan Direktur Utama PT Mahkota Group Usli Sasri saat makam malam di Medan pada 14 Juni 2023.*

“Saya akan mengundang Bapak Aqua Dwipayana untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para pegawai PT Mahkota Group Tbk. Mereka perlu mendapat motivasi dan kemampuan komunikasinya ditingkatkan,” ujar Usli.

Di sela-sela jadwalnya yang sangat padat, baik untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi maupun silaturahim, Dr Aqua Dwipayana ke Medan memenuhi undangan Usli. Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana tiba di Ibu kota Sumatera Utara itu pada Rabu pagi 14 Juni 2023.

Begitu mendarat di Bandara Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, sudah ada serangkaian agenda Dr Aqua Dwipayana. Sepanjang hari itu aktivitasnya sampai malam.

Salah satu yang sangat mengesankan buat Dr Aqua Dwipayana saat Usli mengajak dan mengenalkan ibunya Sasri yang masih energik dan asyik diajak komunikasi meski usianya telah mencapai 87 tahun.

Ketika bertemu perempuan yang memiliki 11 anak, 30 cucu, dan 31 cicit itu, Dr Aqua Dwipayana banyak menyimak yang disampaikan Sasri. Semuanya menarik serta merupakan pelajaran dan pengalaman berharga.

Meski baru pertama kali ketemu namun komunikasi mereka akrab sekali. Apalagi Dr Aqua Dwipayana memperlakukan Sasri seperti ibu kandungnya sendiri. Ucapan dan perilakunya menunjukkan bakti seorang anak kepada orang tuanya. Hal itu membuat Sasri respek kepadanya.

Dengan penuh semangat Sasri bercerita perjuangannya sejak muda hingga sukses mendidik 11 anaknya. Dia merupakan pekerja keras yang tidak pernah putus asa dan mengenal lelah.

Begitu asyiknya mereka ngobrol, tidak terasa hampir dua jam. Karena ada agenda yang lain, Dr Aqua Dwipayana pamit. Berkali-kali pria rendah hati itu menyampaikan kekagumannya pada Sasri.

“Ibu Sasri sehat terus ya. Banyak orang termasuk saya membutuhkan Ibu. Kehadiran Bu Sasri di setiap tempat menyemangati lingkungan karena selalu memotivasi semua orang dengan penampilan yang ceria dan mengutamakan pikiran positif,” kata Dr Aqua Dwipayana.

Sasri senang sekali dengan kehadiran Dr Aqua Dwipayana. Apalagi komunikasinya nyambung saat mereka membicarakan berbagai hal. Hal itu membuatnya makin semangat menceritakan pengalamannya termasuk saat merawat dan membesarkan semua anaknya.

DR Aqua Dwipayana menyerahkan buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim karyanya kepada Sasri yang ditemani putranya Usli Sasri di Medan pada Rabu 14 Juni 2023.*

“Pak Aqua lain kali ke sini lagi ya. Kita lanjutkan ngobrolnya. Saya senang ketemu Bapak. Apalagi kita ngobrolnya asyik sekali,” ujar Sasri.

Fokus di Sumatera

Pada minggu ketiga Juni 2023 ini agenda Dr Aqua Dwipayana memang berfokus di Pulau Sumatera terutama di dua provinsi yakni Kepulauan Riau dan Sumatera Utara. Mulai Senin sampai Jumat 12-16 Juni 2023 jadwalnya dari pagi sampai malam sudah penuh. Kegiatan utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi yang sedikitnya enam sesi serta silaturahim ke puluhan orang.

Senin pagi 12 Juni 2023 begitu mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Dr Aqua Dwipayana langsung beraktivitas. Hari itu ada dua acara Sharing Komunikasi dan Motivasi. Ditambah satu sesi dadakan di Direktorat Polair Polda Kepulauan Riau.

DR Aqua Dwipayana (kiri) bersama Direktur Utama PT Mahkota Group Usli Sasri (kanan) dan Kepala Lembaga Pembiayaan Ekspor Cabang Medan Alexander (tengah) mendiskusikan berbagai hal yang sedang aktual.*

Selain itu, di sela-sela memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, telah terjadwal silaturahim ke banyak orang. Mereka mulai dari pejabat TNI, Polri, hingga sipil baik yang bekerja di pemerintah maupun swasta. Jumlahnya belasan orang.

Selasa 13 Juni 2023 naik feri yang berangkat paling pagi pukul 07.30, Dr Aqua Dwipayana ke Tanjungpinang. Begitu tiba di sana sudah menunggu banyak temannya. Jadwalnya dari pagi sampai malam.

Rabu pagi 14 Juni 2023 Dr Aqua Dwipayana meninggalkan Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk melanjutkan perjalanan ke Medan via Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sekilas Mahkota Group

Diawali dengan pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit pertama pada tahun 2002 di Provinsi Riau dan kemudian, seiring dengan perkembangan usaha yang pesat, beberapa pabrik lainnya juga turut dibangun di Provinsi Riau dan Sumatera Utara hingga kurun waktu sampai dengan tahun 2014.

Guna pengontrolan dan sentralisasi usaha maka pada tahun 2011 didirikan PT. Mahkota Group sebagai induk dari semua anak perusahaan yang ada. Didirikan pada tanggal 7 Januari 2011 sesuai dengan Akta Pendirian No. 7, yang telah memperoleh pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagaimana dalam surat keputusannya, tertanggal 18 Februari 2011, No. AHU-08250.AH.01.01. tahun 2011, beralamat di Grand Jati Junction Complex lantai 3 dan lantai 27 Jalan Perintis Kemerdekaan No. 3A Medan.

Mahkota Group Tbk sampai saat ini mempunyai karyawan kurang-lebih 1.500 orang. Saat ini wilayah operasional dari anak perusahaan PT Mahkota Group Tbk meliputi 2 pabrik minyak kelapa sawit di Sumatera Utara dan 4 pabrik minyak kelapa sawit di provinsi Riau serta Bulking Station di Dumai.

PT Mahkota Group Tbk menerapkan prinsip-prinsip pengolahan minyak kelapa sawit yang berkelanjutan (sustainable palm oil), standar kerja yang tinggi, dan membangun kemitraan dengan masyarakat sekitar. Keberhasilan PT  Mahkota Group Tbk terbukti dengan diperolehnya sertifikasi ISO 9001:2015, 14001:2015 dan SMK3 pada anak perusahaannya.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi salah satu perusahaan terbaik dunia, yang mengutamakan kesejahteraan stakeholder dan ramah lingkungan dalam memproduksi minyak sawit yang berkelanjutan.

Misi

Perusahaan yang tumbuh berkembang secara berkelanjutan dengan menerapkan sistem manajemen mutu, lingkungan, dan K3 yang didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, teknologi dan sistem informasi yang handal serta struktur keuangan yang kuat.

Corporate Value

M : Mutual Respect Caringtre dan Harmony. Sikap saling menghargai dan peduli antara stakeholders.

A : Acceleration To Excellence.

Selalu menumbuhkan kemauan dan sikap kerja untuk menjadi yang terbaik.

H : Honest and Responsible.

Bersikap Jujur dan bertanggung jawab.

K : Knowledgeable.

Selalu mengembangkan wawasan dan

pengetahuan.

O : Optimism.

Selalu bersikap optimis dan berfikir positif dalam semua situasi dan kondisi.

T : Trustworthiness.

Memiliki kepribadian yang dapat dipercaya.

A : Awareness.

Memiliki Kesadaran yang tinggi terhadap lingkungan untuk kepentingan perusahaan.

G : Growth To Sustainable Development.

Aktif berpartisipasi dalam pertumbuhan dan pembangunan perusahaan yang berkelanjutan.

R : Resourceful.

Kreatif dan inovatif dalam mengelola sumberdaya yang ada untuk perkembangan perusahaan.

O : Openness, integrity, and Loyalty.

Bersikap transparan, memiliki integritas, dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan.

U : Unity in Diversity.

Bersatu dalam keberagaman dan selalu

mengutamakan kerjasama tim

P : Passion.

Memiliki tekad yang kuat dalam menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai perusahaan.***

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Baca Lainnya

Mobil Tak Bisa Lewat Akibat Jalan Longsor Di Desa Depok Garut, Aktivitas Warga Terganggu

4 Maret 2024 - 19:04 WIB

Lima Tahun Berturut-Turut, Telkomsel Raih Best Mobile Network dari Ookla® Speedtest Award™

4 Maret 2024 - 18:03 WIB

Tingkatkan Minat Olahraga, Prawira Harum Bandung Ajak Ratusan Pelajar Nonton Langsung

4 Maret 2024 - 17:57 WIB

Presiden Groundbreaking Telkom Smart Office di IKN, Menteri BUMN: Akan Jadi Hub Telekomunikasi Nusantara

4 Maret 2024 - 17:48 WIB

Kawanan Pelajar SMP di Tasikmalaya Maling Motor dan Kotak Amal Masjid

4 Maret 2024 - 16:51 WIB

Dari Pulau Sumatera, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Singgah di Kota Sampit Sampaikan Sharing Komunikasi dan Ditpolairud Polda Kalteng

4 Maret 2024 - 15:45 WIB

Trending di Berita