KOTA TASIKMALAYA, (TUGU BANDUNG.ID).- Jasa pengiriman barang atau Ekspedisi Barang saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia secara luas, untuk itu memasuki 33 tahun hadir menjadi mitra pelanggan dan UMKM, JNE terus berusaha menjadi perusahaan logistik terdepan di negeri sendiri yang berdaya saing global. Terlebih dalam menyongsong era digital, JNE sejak berdiri tahun 1990 terus melakukan inovasi. Guna memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.
Keberadaan perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal JNE ini, menarik perhatian Adjie Prabowo warga Pangandaran yang saat ini berdomisili di Bantargedang, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, untuk bergabung bersama lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia, sebagai salah satu karyawan JNE Tasikmalaya.
Bersama JNE, lulusan STIA Priatim Tasikmalaya ini untuk mencoba mengaplikasikan ilmunya saat dibangku kuliah di dunia kerja. “Memilih bekerja di JNE, karena menurut kami ekspedisi JNE merupakan ekspedisi yang reputasinya terus mencuat dengan logo dan brand baru yaitu JNE EXPRESS, sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia di tahun 2000 an seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet untuk bertransaksi UMKM, maupun jual beli online di marketplace dan berdiri sudah 33 tahun lebih. Mak kami memilih berkarier di JNE,” kata Adjie saat ditemui di tempat kerjanya JNE EXPRESS Jl Ir Djuanda Kota Tasikmalaya, Jumat (12/7/2024).
Sepengetahuanya, Adjie menyebut, dalam menyiasati era digital atau tren penggunaan internet, di tahun 2013 JNE sudah fokus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas infrastruktur teknologinya untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transaksi belanja secara online atau daring melalui marketplace. Persaingan jasa ekspedisi barang saat ini mulai banyak bermunculan, JNE menurut pria lajang berkacamata ini, ada persaingan kompetitor apalagi ekspedisi yang langsung dibawah naungan marketplace sendiri terhadap JNE, ada mempengaruhi.
Namun, lanjut Adjie, dalam hal pengiriman barang langsung dari perorangan maupun pelaku UMKM jelas JNE lebih unggul. Sesuai dengan slogannya, Gasss Terus Semangat Kreativitasnya!.
“Dengan berbagai program untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen, JNE memberikan promo Cerah (Cepat dan Murah), promo pemotongan service JTR dan promo Cargo Moving. Selain itu JNE juga meluncurkan aplikasi MY JNE, yakni aplikasi serbaguna berbasis android yang membantu pelanggan untuk mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat sekaligus tempat transaksi jual beli individual,” katanya.
Disinggung langkah antisipasi tertukarnya paket atau barang milik konsumen, diungkapkan sarjana Administrasi Negara ini, sesuai dengan prosedur perusahaan selalu mengedepankan kehati-hatian setiap menerima paket atau barang dari pelanggan dan pelaku UMKM. Selain itu, JNE juga merintis pembangunan Mega Hub, pusat sortir otomatis berskala besar di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang. Mega HUb diproyeksikan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.
“Sesuai dengan prosedur perusahaan, kami selalu menanyakan isi paket tersebut dan lokasi tujuan kepada pelanggan tentunya nomor kontak pengirim dan penerima. Selain itu, jika isi paket pecah belah, kami juga selalu menawarkan asuransi dan packing kayu untuk menjaga rentan kerusakan. Menyediakan berbagai label stiker untuk barang pecah belah dan label stiker untuk paket makanan,” katanya.
JNE juga, tambah Adjie, dalam upaya menanggulangi dan mencegah indikasi penipuan, JNE selalu aktif menanyakan juga memeriksa isi paket kiriman seller dikala sebelum pengiriman barang atau paket di bagian administrasi. Sementara itu, jangkauan area distribusi JNE lebih dari 83.000 kota dan Kabupaten. Termasuk desa dan pulau terluar dengan gerai penjualan berjumlah lebih dari 8.000 titik.
Harapan di 33 tahun JNE, diungkapkan Adjie, JNE bisa terus berkembang dengan segala inovasi dan manajemen yang lebih menjawab kebutuhan masyarakat secara luas, apalagi di zaman internet yang serba cepat juga era digital ini. Harus lebih maju dan terdepan dalam pelayanan seperti program yang belum lama ini diluncurkan yaitu Roket Indonesia. Dimana inovasi pelayanan dari JNE Roket Indonesia adalah layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Pelanggan atau pelaku UMKM tidak perlu datang ke gerai JNE untuk memaketkan barangnya.
“Untuk pembayaran sendiri Roket Indonesia mengakomodir pembayaran tunai, qris, wallet sampai kredit. Kami berharap juga semoga JNE di 33 tahun ini lebih sukses dan selalu mensejahterakan karyawannya,” ucap Adjie yang diamini Astri Lestari rekan kerjanya.(ERW).***
#JNE #ConnectingHappiness #JNE33Tahun #JNEContentCompetition2024 #GasssTerusSemangatKreativitasnya