Menu

Mode Gelap

Berita · 13 Jun 2022 20:02 WIB ·

Warga Rela Antre Ziarah ke Makam Eril

 Ribuan warga berbondong-bondong ziarahi makam Eril putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di pemakaman keluarga,  Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). (Foto: Apun).* Perbesar

Ribuan warga berbondong-bondong ziarahi makam Eril putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di pemakaman keluarga, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). (Foto: Apun).*

KABUPATEN BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Ribuan warga berbondong-bondong ziarahi makam Emeril Kahn Mumtazd (Eril) putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di pemakaman keluarga, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung pada Senin (13/6/2022). Ribuan peziarah itu baru bisa masuk ke area pemakaman setelah prosesi pemakaman selasai.

Salah seorang warga sekitar, Darya (39) menuturkan bahwa warga sudah menunggu momen tersebut sejak beberapa hari terakhir.

“Setelah dipastikan bahwa pemakaman Eril dilaksanakan hari ini, sejak kemarin banyak warga yang datang ke sini untuk sekedar melihat tempat sekitar,” katanya.

Bahkan menurut penuturan Darya, yang datang ziarah bukan warga sekitar tetapi ada yang datang dari luar. “Ada yang datang dari Jawa Tengah,” tuturnya.

Menurut Darya, almarhum Eril memang dikenal warga setempat sebagai pemuda baik, sering menolong dan tidak suka pamer.

“Kakek Neneknya dari Ibu kan asli orang sini. Jadi kalau lagi liburan sekolah dia suka jalan di sini ke Gunung Puntang sambil bagi-bagi sedekah ke warga yang ditemui,” jelas Darya.

Darya berharap tempat itu menjadi berkah dengan adanya pemakaman Eril, karena di dekat makam juga tengah dibangun masjid besar dengan asitektur berbeda dari masjid pada umumnya.

“Ini akan jadi tempat wisata reliji dengan dibangunnya masjid ini oleh Pak Emil. Karena bentuk masjidnya unik,” tutur Darya.

Penuturan tentang kebaikan almarhum Eril bukan hanya datang dari warga, tetapi juga dari pegawai Pemrov Jabar yang berdinas di Labkes Jabar.

“Saya tuh, terkenang dengan kesederhanaan dan kerendahan hati almarhum. Ketika datang ke labkes untuk test pcr, dia tidak minta fasilitas khusus, tetapi ikut ngantri saja sama yang lain. Begitu juga ketika Labkes melakukan test pcr di Gedung Pakuan, almarhum selalu mengawalinya dengan permintaan maaf kalau merepotkan petugas sehingga harus datang ke Pakuan,” kenang Rosyid, Kasubag TU Labkes Jabar.

Pemakaman almarhum Eril selesai sekitar jam 12 berbarengan dengan suara adzan Dzuhur.***

Artikel ini telah dibaca 152 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Balap Liar, Empat Ramaja dan Motornya Diangkut Polisi 

19 April 2024 - 13:38 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

18 April 2024 - 20:22 WIB

Aliansi Eks Karyawan Pikiran Rakyat Menggugat, Ini Tuntutannya!

18 April 2024 - 20:09 WIB

Guru Bahasa Daerah SMP se-Jabar Ikuti Program Peningkatan Kompetensi Revitalisasi Bahasa Daerah

18 April 2024 - 18:46 WIB

Piala AFC Asia U23 Qatar 2024: Vietnam Kandaskan Kuwait 3-1, Uzbekistan Tundukan Malaysia 2-0

18 April 2024 - 18:29 WIB

Jabar Akselerasi Perluasan Areal Tanam Sawah Tadah Hujan melalui Pompanisasi

18 April 2024 - 17:11 WIB

Trending di Berita