Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Jul 2023 23:11 WIB ·

Tour de France 2023: Dua Saudara Kembar Kuasai Etape I

 Pembalap Inggris, Adam Yates (UAE Team Emirates) merebut etape I Tour de France (TdF) 2023 di Bilbao, Sabtu (1/7/2023). (Foto: Thomas Samson/AFP).* Perbesar

Pembalap Inggris, Adam Yates (UAE Team Emirates) merebut etape I Tour de France (TdF) 2023 di Bilbao, Sabtu (1/7/2023). (Foto: Thomas Samson/AFP).*

Kaus Kuning Dipegang Adam Yates

BILBAO, SPANYOL (TUGUBANDUNG.ID) – Dua saudara kembar Adam Yates dan Simon Yates asal Inggris tampil dominan finis 1-2 pada etape I balap sepeda Tour de France (TdF) 2023 yang berlangsung di Basque Country, Spanyoi pada Sabtu (1/7/2023) menempuh rute perbukitan sejauh 182 km (Bilbao – Bilbao).

Keduanya break away selepas tanjakan terakhir Col du Pike dan tak terkejar hingga finis, sekaligus menciptakan sejarah menjadi saudara kembar pertama yang memenangi etape TdF.

Adam Yates (30) yang tergabung di UAE Team Emirates finis terdepan dengan waktu 4 jam 22 menit 49 detik sekaligus merebut kaus kuning pimpinan umum, sedangkan saudara kembarnya Simon Yates (Jayco Alula) finis kedua tertinggal 4 detik.

Posisi ketiga melalui sprint kelompok kecil dimenangi juara 2 kali TdF, Tadej Pogagar (UAE Team Emirates/Slovenia) + 12 detik, sedangkan juara bertahan TdF Jonas Vingegaard (Jumbo Visma/Denmark) di posisi kesembilan + 12 detik.

Pembalap terkemuka Richard Carapaz (EF Education/Ekuador) terjatuh di Etape I Tour de France dan akibat cederanya tidak bisa start etape II. (Foto: Benoit Tessier/Reuter).*

Ini adalah hasil  yang luar biasa saya amat gembira bisa memenangi etape I TdF dan menguasai kaus kuning setelah bekerja sama dengan saudara kembar saya Simon meski kami bukan setim,” ungkap Adam Yates.

“Sebagai saudara kembar, kami amat akrab sejal kecil dan punya hobby yang sama yaitu bersepeda yang akhirnya jadi profesi kami berdua. Kami selalu saling menjaga dan punya hubungan batin yang kuat. Contohnya pada etape I TdF tahun ini. Ketika saya break away tidak janjian dengan Simon, dia punya pikiran serupa, sehingga kami sukses bekerja sama,” tutur Adam.

Penonton Membludak

Pada TdF 2023 etape I yang dimulai di Spanyol sebanyak tiga etape, animo penonton sangat membludak mencapai ratusan ribu memadati hampir sepanjang rute yang dilalui khususnya ketika melewati kota kota yang dilalui. Rute perbukitan yang mewarnai etape I pada cuaca sebagian mendung hampir sepanjang rute 182 km menyebabkan rombongan besar 176 pembalap dari 22 tim harus konsentrasi penuh agar tidak  tertinggal. Upaya “break away” juga menjadi sulit karena peloton tidak membiarkan break away lebih dari 2 menit.

Kecelakaan juga dialami beberapa pembalap 15 km menjelang finis, dua pembalap unggulan yang juga kapten dari dua tim terkemuka harus tehenti di etape I ini yaitu Enric Mas (Movistar/Spanyol) karena cedera tulang pundak dan satu pembalap lainnya Richard Carapaz (EF Education/Ekuador).  Tersingkirnya dua pembalap terkemuka ini sangat disayangkan terjadi begitu awal di etape I.

Andalan tim Movistar Enric Mas (Spanyol) terjatuh di etape I Tour de France dan tidak bisa melanjutkan lomba, cedera patah tulang pundak. (Foto: Benoit Tessier/Reuter).*

Pada etape I ini, jumlah peserta yang semula di awal TdF etape I berjumlah 176 atlet dari 22 tim berkurang 2 akibat kecelakaan terjatuh sehingga pada etape II yang akan start 174 peserta.

Etape II Minggu (2/7/2023) menempuh jarak 208 km, rute tanjakan dari Vitoria-Gasteriz ke San Sebatian, di Spanyol rute tanjakan ini akan menjadi porsi para jago tanjakan. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 81 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Parlemen Kota Bandung Siap Mengawal Kelanjutan Gugatan Alians Eks-Karyawan Pikiran Rakyat Sesuai Koridor Hukum, Jangan Ada Pihak  yang “Masuk Angin”

13 Juni 2024 - 10:37 WIB

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Hari Ini, Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Berada di Kota Palu Sulawesi Tengah, Sampaikan Sharing Komunikasi kepada Personel Tiga Institusi Berbeda

12 Juni 2024 - 07:49 WIB

Trending di Berita