Menu

Mode Gelap

Berita · 18 Nov 2023 04:55 WIB ·

Siswa SD di Kota Bandung Diedukasi Ketenagalistrikan Oleh Srikandi PLN

 Foto PLN UID Jabar Perbesar

Foto PLN UID Jabar

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Srikandi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada 60 siswa SD Islam Cendekia muda dalam kegiatan Srikandi mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan di kantor PLN UID Jawa Barat yang berlokasi di Jalan Asia Afrika Bandung.

Kegiatan Srikandi mengajar kali ini bertujuan untuk memberikan edukasi dini aman bahaya listrik. 60 siswa yang hadir pada kegiatan ini diberikan edukasi tentang aman bahaya listrik di saat hujan dan banjir. Siswa juga diberikan edukasi digitalisasi pelayanan PLN yang saat ini sudah dapat di akses melalui aplikasi PLN mobile.

“Siswa diberikan informasi apa saja hal apa yang harus dilakukan ketika curah hujan tinggi dan air masuk ke dalam rumah atau dalam kondisi banjir, mereka diminta untuk menyampaikan kepada orang tua di rumah untuk mematikan peralatan listrik dan mematikan MCB serta dapat segera mengakses PLN melalui aplikasi PLN mobile pada menu pengaduan untuk keamanan“ ungkap Eriga Wahyuwiranti, salah satu perwakilan Srikandi PLN.

Ia juga menyampaikan bahwa siswa juga di berikan informasi bahaya listrik bermain layang- layang di seputar jaringan PLN. Siswa diberi informasi bahwa kondisi tersebut dapat membahayakan jika benang layang-layang yang digunakan tersangkut di jaringan listrik. Selain listrik bisa padam dan membutuhkan waktu untuk bisa menyalakan kembali, kondisi seperti itu berbahaya jika benang layangan mengandung bahan yang menghantarkan listrik siswa yang bermain layangan bisa tersengat listrik.

“Kami juga menyampaikan kepada anak-anak tentang mengapa pohon dan bangunan tidak boleh terlalu dekat dengan jaringan listrik, selain dapat menyebabkan gangguan listrik juga dapat membahayakan masyarakat melalui maket bahaya listrik, Alhamdulillah anak-anak sangat tertarik dan memahami,” ungkap Eriga.

Salah satu Guru SD Islam Cendekia Muda, Maya Umbara menyampaikan apresiasinya “kegiatan ini sangat keren sekali siswa dapat memahami tentang bahaya listrik melalui percobaan maket bahaya listrik bermain layang layang dan bangunan tinggi di seputar jaringan listrik secara langsung sehingga mereka dapat memahami konsep tersebut secara langsung,” ungkap Maya.

Di kesempatan yang sama salah satu siswa Ganesh Maheswara mengungkapkan ketertarikannya pada kegiatan tersebut “Aku sekarang jadi tahu harus lapor ke mana kalau mati lampu atau ada orang yang kesetrum listrik aku bisa menghubungi 123 atau aplikasi PLN Mobile yang bisa di download di Play store seperti download game,” katanya.

Ditemui di tempat lain Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat sangat menyambut baik kegiatan ini, “Edukasi sedari dini dapat menjadi upaya pencegahan kecelakaan umum akibat bahaya listrik selain itu melalui edukasi ini pula anak anak mengetahui bagaimana cara menghubungi PLN pada saat ada kondisi bahaya listrik,” tutupnya. (Pun) ***

Artikel ini telah dibaca 46 kali

Baca Lainnya

Aksi Balap Liar, Empat Ramaja dan Motornya Diangkut Polisi 

19 April 2024 - 13:38 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

18 April 2024 - 20:22 WIB

Aliansi Eks Karyawan Pikiran Rakyat Menggugat, Ini Tuntutannya!

18 April 2024 - 20:09 WIB

Guru Bahasa Daerah SMP se-Jabar Ikuti Program Peningkatan Kompetensi Revitalisasi Bahasa Daerah

18 April 2024 - 18:46 WIB

Piala AFC Asia U23 Qatar 2024: Vietnam Kandaskan Kuwait 3-1, Uzbekistan Tundukan Malaysia 2-0

18 April 2024 - 18:29 WIB

Jabar Akselerasi Perluasan Areal Tanam Sawah Tadah Hujan melalui Pompanisasi

18 April 2024 - 17:11 WIB

Trending di Berita