Menu

Mode Gelap

Feature · 27 Mar 2022 12:51 WIB ·

Rumah Amal Salman Berkiprah 15 Tahun Usung Konsep Ekosistem Kebaikan

 Mengusung Eksosistem Kebaikan ala Rumah Amal Salman. foto hasil tangkapan layar. Perbesar

Mengusung Eksosistem Kebaikan ala Rumah Amal Salman. foto hasil tangkapan layar.

TUGUBANDUNG.ID – Rumah Amal Salman tahun 2022 ini berulang tahun ke-15. Selama berkiprah Rumah Amal Salman (RAS) ingin mewujudkan ‘Ekosistem Kebaikan’. Itulah  yang menjadi tema hari jadinya yang ke-15.

“Ekosistem itu harus dibangun oleh semua pihak, bukan saja RAS sebagai lembaga amil zakat. Tetapi juga oleh para muzakki, mustahiq dan pihak-pihak lain yang membantu” ujar Direktur RAS, Kamal Muzakki dalam sambutan webinar Publik Ekspose 15 tahun RAS Sabtu (26/3/2022).

Kamal menuturkan untuk pertamakalinya menggelar ekspos publik sebagai salah satu upaya pertanggungjawaban kepada publik tentang kinerja.

“Kami ingin menyampaikan kepada publik, capaian-capaian yang sudah dan rencana-rencana ke depan untuk mengembangkan rumah amal” katanya.

Izin Operasional LAZ dan WTP

Kamal menuturkan, salah satu capaian Rumah Amal Salman adalah berhasil mendapat izin opersioanal Lembaga Amil Zakat dari Kemenag Provinsi Jabar. Satu lagi, opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP 4 tahun berturut-turut dari akuntan publik, atas laporan keuangannya.

Baca jugaRumah Amal Salman ITB Menghadirkan Dosen dan Mahasiswa di Tengah Masyarakat

“Izin operasional lembaga amil zakat itu resmi kami dapatkan tahun 2018. Lalu tahun berikutnya kami juga mendapat akreditasi A dan opini audit syariah ‘sesui syarah’ dari Kemenag” tambah Kamal.

Selalu menyampaikan neraca keuangan secara berkala. Mulai dari pendapatan hingga penggunaan dana zakat yang terhimpun dari para donatur.

“Tahun 2021 kami berhasil mengumpulkan dana zakat infaq dan sodaqoh lebih dari 22.9 miliar rupiah dan sudah terserap penggunaannya sebesar lebih dari 22.4 miliar rupiah” jelasnya.

Penggunaan dana zakat yang terhimpun, bidangnya terbilang banyak, mulai dari beasiswa pendidikan, kesehatan, penanggulangan bencana dan inovasi sosial.

“Tentu saja dalam menjalankan semua program itu kami berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti dengan ITB sendiri dan berbagai komunitas masyarakat” terang Kamal.

Dalam webinar Publik Ekspose tersebut turut hadir beberapa orang donatur atau muzakki dan penerima manfaat. Di akhir acara webinar,  memberikan penghargaan ‘Rumah Amal Salman Award’ kepada mereka yang turut membantu mengembangkan lembaga.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Herman Suryatman, Kebermanfaatan Keterbukaan Informasi untuk Kesejahteraan Rakyat Jawa Barat

11 Juli 2024 - 10:13 WIB

Pebulutangkis Spidernoy Ingin Membangun Masjid

23 Juni 2024 - 12:49 WIB

Prof Dr Suwatno, Sosok Guru Besar yang Tiga Dekade Berkhidmat Menjadi Pengurus RT

18 Juni 2024 - 08:28 WIB

“Seren Taun”, Bentuk Syukur dan Simbol Harmoni Warga Cigugur Kuningan

15 Juni 2024 - 09:55 WIB

Kaum Muda dalam Diakonia Gereja

7 Juni 2024 - 19:46 WIB

Diakonia Pendidikan, Jembatan Harapan yang Menghubungkan Kepedulian dengan Tindakan Nyata

7 Juni 2024 - 18:58 WIB

Trending di Feature