Menu

Mode Gelap

Berita · 11 Jul 2022 14:34 WIB ·

Rektor Unisba: Iduladha Momen Umat Muslim Teladani Ketaatan Nabi Ibrahim

 Rektor Unisba Edi Setiadi menghadiri acara pemotongan hewan kurban di Lapangan Parkir Kampus Utama Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Minggu (10/07/2022). (Foto: Ade Bayu Indra/Tugu Bandung).* Perbesar

Rektor Unisba Edi Setiadi menghadiri acara pemotongan hewan kurban di Lapangan Parkir Kampus Utama Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Minggu (10/07/2022). (Foto: Ade Bayu Indra/Tugu Bandung).*

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Idul Adha merupakan momentum bagi umat muslim untuk mengikuti teladan sifat Nabi Ibrahim yang taat kepada perintah Allah Subhanahu wa Ta’alla. 

Hal itu dikatakan oleh Rektor Unisba Edi Setiadi pada acara pemotongan hewan kurban di Lapangan Parkir Kampus Utama Unisba, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Minggu (10/07/2022).

“Sebagai mudhohi harus memiliki sifat Nabi Ibrahim yaitu ketaatan, ketegasan dan keikhlasan. Taat sepanjang kita mampu untuk terus berkurban dan ikhlas tanpa maksud lain selain menjalankan perintah Allah SWT, jangan sampai ria. Itu yang paling utama,” katanya.

Proses pemotongan hewan ditandai dengan penyerahan pisau oleh kepada Ketua Penyelenggara Penyembelihan Hewan Kurban Unisba, Iwan Permana.

Pada Iduladha 1443 H Unisba memotong hewan kurban sebanyak 11 sapi dan 5 kambing yang telah diterima Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid Unisba dan dilakukan pemotongan.

Rektor menambahkan hikmah Iduladha bisa diaplikasikan pada berbagai aspek kehidupan sehari-hari dengan bekerja taat, berteguh hati dan keikhlasan dalam pengabdian.

“Hikmah Iduladha juga bisa diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan, diantaranya bekerja saat, berteguh hati, dan ikhlas dalam pengabdian, ” tambah Edi.

Edi juga berpesan pada panitia untuk menunaikan amanah dengan baik karena sebagai titipan dan tanggung jawab.

Sementara itu, Iwan mengungkapkan, ke 15 hewan tersebut berasal dari mudhohi yang merupakan sivitas akademika Unisba dan 1 sapi pemberian dari BSI KK Unisba.

Menurutnya para mudhohi yang tidak hadir, diberikan fasilitas untuk melihat langsung proses penyembelihan melalui Zoom Meeting.

“Hewan kurban tersebut dari sivitas akademika Unisba dan BSI KK Unisba, bago mudhori yang tidak hadir bisa melihat proses penyembelihan lewat zoom meeting,” tambahnya.

Selain itu Iwan mengungkapkan, hewan-hewan tersebut memiliki kuantitas dan kualitas yang baik, serta terbebas dari Penyakit Mulut dan Kaki (PKM) karena sudah divaksin dan telah memperoleh surat sehat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Daging kurban tersebut kata Iwan, akan didistribusikan kepada mudhohi, internal unisba terdiri dari securitry, tata laksana dan lainnya, eksternal Unisba yang merupakan warga sekitar kampus Unisba dari beberapa RW yang berada di Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung, serta ke berbagai yayasan yatim piatu dan pesatren yang berada diwilayah Bandung Raya.

“Kepanitian kurban Unisba tahun ini melibatkan 115 orang panitia yang merupakan dosen, tenaga kependidikan dan takmir Masjid Al Asy’Ari Unisba,” pungkasnya.***

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita