Menu

Mode Gelap

Feature · 13 Mei 2022 09:33 WIB ·

PT SEI dan Pemprov Bangka Belitung Kerjasama Bangun Ice Maker dan Cold Storage di Desa Nelayan

 Acara Ground Breaking Pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) pada Senin (10/5/2022).(Foto: Dok. PT LEN Industri).* Perbesar

Acara Ground Breaking Pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) pada Senin (10/5/2022).(Foto: Dok. PT LEN Industri).*

TUGUBANDUNG.ID – Ground Breaking Pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan PT Surya Energi Indotama (PT SEI) telah diselenggarakan pada Senin (10/5/2022).

Acara dilakukan di Desa Sadai, Kab. Bangka Selatan, dihadiri oleh Wakil Gubernur Kep. Bangka Belitung Drs. Abdul Fatah, Pewakilan Pemkab. Bangka Selatan, PT SEI sebagai investor, Forkopimda, Bumdes, aparatur desa, dan perwakilan nelayan dari 5 desa sekitar.

Berdasar rilis PT Len Industri holding PT SEI, pada acara tersebut, Abdul Fatah meletakkan material pasir sebagai simbolis dimulainya pembangunan. Bersamanya, Bambang Iswanto selaku Direktur Utama PT SEI, Musani selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Bangka Selatan, Haris Setiawan sekalu Perwakilan Pemkab. Bangka Selatan, dan Joko Isnawan selaku Kapolres Bangka Selatan turut andil dalam prosesi simbolis tersebut.

“(Pembangunan) ini adalah sebuah harapan untuk kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di Desa Tukak Sadai,” ujar Abdul Fatah.

Pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) merupakan salah satu jawaban dari permasalahan para nelayan di Bangka Belitung, khususnya Desa Sadai. Daya tahan kesegaran ikan, udang, atau tangkapan laut lainnya yang terbatas terjadi karena tidak tercukupinya kebutuhan es atau pendingin dalam proses penyimpanan sementara maupun pengiriman. Nelayan pun tak dapat menjual hasil tangkapan ke daerah yang lebih jauh atau menyimpan hasil tangkapan yang lebih lama.

Dengan adanya ketersedian es yang lebih banyak dari pabrik Ice Maker, nelayan dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesegaran hasil tangkapan. Terlebih lagi permintaan es bagi nelayan di Desa Sadai yang digadang sebagai desa nomor 2 penyumbang hasil tangkapan ikan tertinggi di Bangka ini baru tercukupi 28 ton dari kebutuhan sekitar 80 ton/hari.

Pembangunan ini telah digagas bersama antara pemerintah provinsi dengan PT SEI. Sebagai perusahaan dengan visi menjadi total solusi bagi beragam permasalahan masyarakat, PT SEI yang juga merupakan anak perusahaan dari PT Len Industri (persero) dan bagian dari Holding BUMN Industri Pertahanan DEFEND ID, siap untuk menjadi bagian dari solusi tersebut.

Selain dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan es dan pendingin hasil tangkapan nelayan di Bangka Belitung, Pabrik Ice Maker dan Cold Storage Bertenaga Surya (PLTS) ini juga mampu menjawab kebutuhan energi bersih dan pengurangan emisi karbon dari PLTS yang terpasang.

“Ini adalah suatu kondisi pembangunan yang betul-betul bagus dan sangat baik. Kita menggunakan Energi Baru Terbarukan dengan tenaga surya. Mudah-mudahan Ground Break pada hari ini adalah menjadi nyata besok dan lusa, serta bermanfaat bagi kita,” ujar Abdul Fatah dalam sambutannya.

Desa Sadai di Kabupaten Bangka Selatan ini akan menjadi pilot project pembangunan Pabrik Ice Maker dan Cold Storage. Bagi PT SEI, bila projek ini berhasil, tak menutup kemungkinan akan dilakukan pembangunan serupa di desa-desa lainnya.

“Ini adalah satu percontohan bagaimana membangun ice maker dan cold storage menjadi satu kesatuan integrasi. Tentu saja jika setelah ini kita lakukan, tidak menutup kemungkinan implementasi ini akan dilakukan di daerah lainnya,” tutur Bambang Iswanto.

Besar harapan bagi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung agar pembangunan seperti ini akan berlanjut ke daerah-daerah lainnya sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Bagi PT SEI, besar harapan agar pembangunan ini dapat menjadi portofolio baru dari bagaimana perusahaan dapat memberikan solusi bagi masyarakat.***

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Herman Suryatman, Kebermanfaatan Keterbukaan Informasi untuk Kesejahteraan Rakyat Jawa Barat

11 Juli 2024 - 10:13 WIB

Pebulutangkis Spidernoy Ingin Membangun Masjid

23 Juni 2024 - 12:49 WIB

Prof Dr Suwatno, Sosok Guru Besar yang Tiga Dekade Berkhidmat Menjadi Pengurus RT

18 Juni 2024 - 08:28 WIB

“Seren Taun”, Bentuk Syukur dan Simbol Harmoni Warga Cigugur Kuningan

15 Juni 2024 - 09:55 WIB

Kaum Muda dalam Diakonia Gereja

7 Juni 2024 - 19:46 WIB

Diakonia Pendidikan, Jembatan Harapan yang Menghubungkan Kepedulian dengan Tindakan Nyata

7 Juni 2024 - 18:58 WIB

Trending di Feature