TUGUBANDUNG.ID – Siswa dan siswi jurusan kriya logam kini berkesempatan mendapatkan akses pengalaman bekerja, pembinaan, hingga peluang menerima bantuan alat kerja. Hal ini termasuk fasilitasi kesempatan praktik kerja industri atau prakerin.
Demikian, Direktur Utama PT Galeri 24 yang merupakan anak usaha PT Pegadaian di Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur, Senin 14 Maret 2022. Menjelang perayaan HUT ke-121 pada 1 April 2022 mendatang, PT Pegadaian Galeri 24 memberikan kado spesial bagi PT Pegadaian. Hadiah tersebut berupa peresmian tempat produksi (workshop) emas dan perhiasan, oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto.
Arifmon mengatakan, Workshop Galeri 24 tidak hanya berfokus pada produksi dan penjualan, tapi perusahaan juga akan membuka peluang kerja bagi masyarakat luas.
“Kami akan memfasilitasi masyarakat yang ingin belajar. Bahkan, perusahaan tidak ragu menyerap para peserta prakerin yang berprestasi untuk menjadi karyawan,” ujar Arifmon.
Selain memperhatikan bidang pendidikan, Workshop Galeri 24 juga berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Salah satunya melakukan pemurnian kembali atas perhiasan yang sudah tidak kayak pakai untuk dijadikan bahan baku produksi perhiasan, serta memberdayakan UMKM untuk menyediakan kemasan produk ramah lingkungan. “Semoga keberadaan workshop ini dapat menjadikan Galeri 24 sebagai toko emas dan perhiasan terpercaya di Indonesia,” kata Arifmon
Kebutuhan emas
Dirut Pegadaian Kuswiyoto menjelaskan, Workshop Galeri 24 hadir demi memenuhi kebutuhan emas berkualitas bagi masyarakat luas. Produk terjamin kualitasnya, harga terjangkau dengan desain menarik. Selain itu, Workshop Galeri 24 juga dapat meningkatkan value PT Galeri 24 sebagai perusahaan penyedia produk logam mulia dan perhiasan dari yang semula menerima perhiasan dari pemasok, kini bisa memproduksi sendiri dengan desain langsung dan menerima custom design sesuai permintaan konsumen.
“Alhamdulillah, Workshop Galeri 24 sudah mendapat sertifikasi SNI 8880 tahun 2020 tentang standar nasional perhiasan. Itu tandanya Galeri 24 telah memiliki proses dalam menghasilkan produk dari hulu sampai dengan hilir. Mampu memenuhi kebutuhan emas perhiasan yang berkualitas dan berdaya saing,” Jelas Kuswiyoto.
Selain membangun ekosistem emas yang lebih luas, Workshop Galeri 24 juga akan membangun brand image perusahaan, sehingga jika masyarakat ingat emas, ingat Pegadaian.
“Saya berharap, kedepan workshop ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan emas di outlet-outlet Galeri 24 saja, tetapi juga pasar ritel seperti toko-toko emas yang ada di sekitar kita,” tambah Kuswiyoto. ***