Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Jun 2022 06:54 WIB ·

Portkesmas Wujud Kepedulian Pemuda Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

 TIM Portkesmas menggelar pelatihan dan kampanye kesehatan masyarakat di Desa Banyuasih, Kec. Taraju, Kab. Tasikmalaya, baru-baru ini. Hal ini menjadi komitmen kaum muda dalam berperan serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.* Perbesar

TIM Portkesmas menggelar pelatihan dan kampanye kesehatan masyarakat di Desa Banyuasih, Kec. Taraju, Kab. Tasikmalaya, baru-baru ini. Hal ini menjadi komitmen kaum muda dalam berperan serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.*

KABUPATEN TASIKMALAYA (TUGUBANDUNG.ID) –  Banyak peran strategis dan nyata para pemuda untuk ikut membangun bangsa ini menuju kehidupan yang lebih sejahtera dalam berbagai bidang. Salah satunya pada bidang kesehatan sebagai sektor yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat.

Saat ini telah lahir organisasi nonpemerintah yang peduli dan bergerak pada isu penguatan kesehatan masyarakat Indonesia yakni Portal Kesehatan Masyarakat atau disingkat Portkesmas. Portkesmas merupakan wadah pelibatan kepemudaan dalam percepatan penyelesaian isu-isu kesehatan di tatanan layanan kesehatan primer atau pusat kesehatan masyarakat (puskemas) di Indonesia.

Direktur Keuangan dan Kemitraan Portkesmas Savero Karamiveta Dwipayana mengungkapkan Portkesmas menjalankan program dan berbagai aktivitas melalui lima isu strategis kesehatan yaitu promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana, gizi, serta pencegahan dan pengendalian penyakit. “Portkesmas senantiasa berkolaborasi dengan para ahli, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam upaya pemberdayaan masyarakat,” ungkap Savero.

“Kami juga melakukan advokasi secara multiaksi untuk memperoleh dukungan strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia melalui paradigma sehat. Portkesmas terus berupaya memperkuat posisi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di berbagai daerah di tanah air,” kata pemuda yang pernah terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bidang Pengabdian Masyarakat ini menegaskan.

Ia mengatakan semua program dan kegiatan Portkesmas dapat diikuti pada situs www.portkesmas.com.

Puskesmas Taraju

Terkait dengan program dan kegiatan penguatan peran puskesmas di berbagai daerah itu, pada Senin, 6 Juni 2022, Portkesmas menggelar kegiatan “Makin Cakap Digital bersama Puskesmas Taraju”. Aktivitas ini merupakan kelanjutan dari kegiatan inisiasi kolaborasi bersama dengan Puskesmas Pasundan di Kota Bandung, Minggu 21 Mei 2022. Setelahnya, Tim Portkesmas menyambangi Puskesmas Taraju, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

TIM dari Portkesmas dan ICT Watch berfoto bersama tim dari Puskesmas DEsa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, belum lama ini.*

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari kader posyandu dan juga sasaran posyandu (ibu hamil dan ibu dengan balita) di bawah naungan Puskesmas Taraju. Juga hadir Camat Taraju Setiawan, Kepala Puskesmas Taraju Dadang Ahmad Juanda,  dan Kepala Desa Banyuasih Suherman.

“Moto #MakinCakapDigital ini penting untuk kita terus ikuti pelajari karena sekarang semua sudah serba digital dan bisa mencari apapun di mesin pencari melalui gawai pribadi,” kata Dadang Ahmad Juanda.

Diskusi secara hybrid (hadir fisik dan virtual melalui Zoom) pun digelar dan dibuka oleh Camat Taraju Setiawan. Savero sebagai moderator menjelaskan latar belakang diadakannya kegiatan tersebut.

Ia menerangkan bahwa Portkesmas bersama ICT Watch, Siberkreasi, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia terus melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan pandemi di era digital ini agar masyarakat bisa mencari informasi secara tepat dan terhindar dari hoaks.

Sesi diskusi diawali pemaparan dari Yanti Marliyanti, Koordinator Bidan Puskesmas Taraju,dengan  topik mengenai Posyandu. “Posyandu ini dari, oleh, dan untuk masyarakat. Posyandu ada untuk memastikan tumbuh kembang anak dan kesehatan ibu serta keluarga bisa optimal. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena masalah yang seharusnya bisa dicegah risikonya,” ungkapnya.

Selanjutnya Basra Ahmad Amru dan Hafidz Naeriansyah dari Portkesmas memberikan pelatihan terkait pembuatan materi kesehatan yang menarik, khususnya untuk posyandu. Basra Ahmad Amru juga menjelaskan berbagai trik mengajak masyarakat ke posyandu yang dimulai dengan menarik atensi seperti menggunakan poster ataupun materi komunikasi yang persuasif.

Sebelum penutupan, peserta diberikan satu materi pamungkas mengenai hoaks dan privasi oleh ICT Watch oleh Indriyatno Banyumurti dan Acep Syaripudin. “Hoaks itu berbahaya, kita gampang terpengaruh karena seringkali memainkan emosi. Untuk memastikan kebenaran informasi, bisa cek dulu di https://s.id/cekhoaks“, ungkap mereka.

Acara ditutup secara meriah dengan pembagian kaos beragam hadiah lainnya untuk peserta yang menjawab pertanyaan di sesi kuis.***

Artikel ini telah dibaca 187 kali

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita