Menu

Mode Gelap

Berita · 30 Mei 2022 20:02 WIB ·

MotoGP Italia 2022: “Peco“ Unggul di Kandang Sendiri

 Andalan tim Ducati Lenovo, Francesco “Peco” Bagnaia menjadi juara di kandang sendiri,  MotoGP Italia 2022 yang berlangsung di sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022). (Foto: motogp.com).* Perbesar

Andalan tim Ducati Lenovo, Francesco “Peco” Bagnaia menjadi juara di kandang sendiri, MotoGP Italia 2022 yang berlangsung di sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022). (Foto: motogp.com).*

MUGELLO, ITALIA (TUGUBANDUNG.ID) – Kemenangan lengkap bagi tuan rumah lomba MotoGP Italia 2022 yang berlangsung di sirkuit Mugello, Minggu (29/5/2022) oleh pembalap Italia, Tim Italia dan motor buatan Italia. Andalan tim Ducati Lenovo, Francesco “Peco” Bagnaia menjadi juara di kandang sendiri, sukses lengkap ini seakan membayar kegagalannya tak mencapai finis pada seri sebelumnya GP Prancis.

Posisi kedua ditempati lawan abadinya sejak musim lalu, juara dunia MotoGP 2021 Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha/Prancis) yang terus membayangi “Peco” hampir sepanjang lomba. Posisi kedua yang diraih “El Diablo” yang tertinggal tipis 0,635 detik semakin memantapkan posisinya sebagai pimpinan klasemen.

Sementara Aleix Espargaro (Spanyol) andalan tim Aprilia Racing, Italia juga kembali berhasil finis posisi ketiga, ini adalah sukses Aleix menempati posisi podium keempat kali beruntun di empat seri. Dia menjadi pembalap ketiga di arena lomba MotoGP yang bisa mencapai hasil itu menyamai Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) dan Andrea ingDovizioso (Ducati Factoy/Italia).

Dominasi Ducati

Ducati mendominasi posisi start MotoGP Italia dengan menempatkan lima pembalapnya di lima grid terdepan, posisi “pole”  ditempati pendatang baru Fabio Giannantonio (Gresini Racing-Ducati/Italia).

Posisi terdepan Giannantonio tak berlangsung lama, di lap keempat “Peco” Bagnaia andalan tim Ducati Lenovo (tim pabrikan Ducati) berhasil menyalip “rookie” dari tim Gresini Racing Ducati ini, Lomba sepanjang 23 lap ini kemudian menjadi pesaingan seru antara no. 63 vs 20 (Bagnaia vs Quartararo) untuk perebutan posisi ke satu dan dua.

Sementara itu, Aleix Espargaro yang konsisten menjaga kecepatan akhirnya bisa finis ketiga mengalahkan beberapa pembalap “rookie” yang belum stabil menjaga kecepatan sehingga ban menjadi lebih cepat habis.

Sementara Marc Marquez (Repsol Honda/Spanyol) dengan kondisi fisik yang belum sepenuhnya pulih dan motor Honda RC213V yang belum juga kompetitif, akhirnya finis urutan kesepuluh.

Posisi klasemen setelah MotoGP Italia, teratas Fabio Quartararo (Monster Yamaha) 122 poin, kedua Aleix Espagaro (Aprilia Racing) 114, ketiga Enea Bastianini (Gresini Racing Ducati) 94, dan keempat Peco Bagnaia (Ducati Lenovo) 81.

Marquez Operasi Lagi

Marc Maquez yang kondisi cedera lengan kanannya belum sepenuhnya pulih sehingga tidak bisa tampil maksimal, memutuskan akan menjalani operasi yang keempat kalinya pada lengan kanan humerus-nya. Terakhir Marquez menjalani operasi 18 bulan lalu di Spanyol.

Rencananya, operasi akan dilakukan pada Selasa (31/5/2022) di Mayo Clinic, Rochester, negara bagian Minnesota, AS. Marquez akan ditangani Dr. Joaquin Sanchez Sotelo. Demikian rilis media dari Honda Racing Corporation.

Setelah operasi selesai Marquez akan diobservasi untuk tingkat kemajuan yang dicapainya dan akan ditentukan berapa lama harus istirahat sebelum bisa berlomba lagi.

Marquez sendiri menyatakan maaf kepada para penggemarnya karena harus absen lagi demi masa depan yang lebih baik sehingga bisa kembali berlomba maksimal.

“Saya harus menjalani operasi lagi karena saya rasakan belum bisa maksimal tampil di arena yang semakin kompetitif. Lengan kanan belum maksimal dan menjadi kendala di samping motor yang juga belum kompetitif. Mungkin saya harus cuti cukup lama dari arena MotoGP 2022,” ungkap Marquez. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 236 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Diskusi Publik Prodi Ilkom FISIP Unpas, Generasi Muda Harus Terlibat Perangi Hoak

23 Mei 2024 - 08:49 WIB

Giro d’Italia 2024 Pogacar Tak Terbendung

22 Mei 2024 - 21:11 WIB

Dukung Kreativitas Digital Mahasiswa, Binus University Terapkan Kurikulum Berbasis AI

22 Mei 2024 - 19:42 WIB

Bank bjb syariah Raih Peringkat idAA- dari PEFINDO

22 Mei 2024 - 17:04 WIB

Manfaatkan Teknologi, Gen Z Didorong Cakap Digital dan Bijak Bersosial Media

22 Mei 2024 - 15:59 WIB

Bio Farma Gelar FGD Vaksin DBD di Bali

22 Mei 2024 - 13:51 WIB

Trending di Berita