KOTA BATU TUGUBANDUNG.ID) – Mengoptimalkan kehadirannya di Kota Batu, Jawa Timur, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana kembali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Kali ini pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut akan mempresentasikan materi bertajuk “Membangun Semangat Karyawan dan Bekerja Dari Hati”.
Doktor komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) tersebut dijadwalkan akan berbicara kepada sekitar 300 peserta dalam kegiatan sharing yang terbagi dalam empat sesi sejak Selasa hingga Rabu 14-15 Maret 2023.
Pesertanya seluruh pegawai Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu dan unsur pimpinan Holland Bakery Jawa Timur. Tempatnya di hotel tersebut.
Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh pegawai Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu dan unsur pimpinan Holland Bakery Jawa Timur atas undangan dua teman akrabnya, Sonny Njonoriswondo dan Linggarjanto Boedi Oetomo. Mereka adalah pemilik perusahaan itu.
Sebelumnya awal pekan ini penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu berbicara di hadapan sekitar 100 orang unsur pimpinan dan karyawan Optik Internasional. Acara yang sukses hingga sekitar 3,5 jam itu dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Holland Resort Jl. Cherry No.10 Kota Batu. Juga hadir pada kegiatan tersebut pemilik Optik Internasional Linggarjanto Boedi Oetomo dan putri bungsunya Yenny Kartika.
Dr Aqua Dwipayana menegaskan dirinya sangat familiar dengan Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu. Bisa dibilang hotel papan atas di Kota Batu ini merupakan “rumah” saya di Batu karena dirinya sudah sering menginap di hotel itu.
“Saya sangat terkesan dengan keramahan semua pegawainya, arsitektur hotelnya, kenyamanannya termasuk di kamar yang relatif luas, serta udaranya yang sejuk dengan pemandangannya yang indah sekali. Hal ini menjadi nilai lebih dari hotel dengan jaringan yang menginternasional ini,” ucapnya.
Sudah sering bicara di perhotelan
Ini bukan pertama kali pria santun dan rendah hati tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada di lingkungan perhotelan. Sebelumnya, pria yang hobi silaturahim ini sudah berkali-kali memberikan materi inspiratif dan bernasnya kepada para pimpinan staf yang bekerja di sektor hospitality atau perhotelan dan pariwisata.
Pada Februari 2022, Dr Aqua terbang ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Menjadi Pribadi yang Dicintai Rezeki” kepada unsur pimpinan dan karyawan Hotel Novotel, Makassar. Dr Aqua memenuhi undangan dari General Manager Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Antonius Whisnu Wijaya.
Saat itu, Dr Aqua mengulas banyak hal. Di antaranya agar selalu bersyukur dan meniatkan bekerja sebagai ibadah. Pria rendah hati itu menceritakan berbagai pengalaman pribadinya sehingga lancar melaksanakan banyak aktivitas dan mendapat banyak rezeki termasuk selama pandemi Covid-19.
“Kuncinya agar selalu bersyukur dan bersikap ikhlas melaksanakan semua aktivitas. Kemudian meniatkannya sebagai ibadah. Melakukan sepenuhnya karena Tuhan, bukan yang lain,” jelas Dr Aqua.
Kemudian, pada 21 September 2022, pria yang menempuh studi S1, S2, dan S3, linier di bidang komunikasi tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Mengoptimalkan Kinerja” di hadapan unsur pimpinan dan karyawan Hotel Grand Inna Tunjungan Surabaya.
Sebelumnya, Dr Aqua juga pernah berbicara di hadapan unsur pimpinan dan para karyawan Hotel Grand Mercure Malang Mirama dan Hotel Mercure Surabaya Grand Mirama serta hotel-hotel terkemuka lainnya di Indonesia.
Secara umum, Dr Aqua yang sudah berkeliling Nusantara bahkan mancanegara untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasinya tersebut, menegaskan bahwa dalam konteks relasi di dunia bisnis hospitality atau perhotelan, peran komunikasi tidak boleh disepelekan.
Bisnis hospitality sesungguhnya memiliki jenis yang bermacam-macam. Kegiatannya bukan hanya perhotelan, tapi juga merambah pada berbagai konsentrasi yang relevan dan spesifik yang melibatkan banyak orang.
Secara umum, hospitality bisa didefinisikan sebagai bisnis jasa yang sangat tergantung pada pelayanan terhadap tamu. Keramahtamahan merupakan modal utama agar bisnis hospitality bisa berkembang dengan baik. “Maka di sinilah terletak makna penting keterampilan komunikasi bagi siapapun yang bekerja di sektor hospitality ini,” ungkap Dr Aqua.
Hotel Golden Tulip
Golden Tulip Hotels, Inns and Resorts adalah perusahaan managemen-hotel berbasis di Belanda yang berkantor pusat di Lausanne, Swiss dengan lebih dari 240 hotel dengan 32.000 kamar tidur di 45 negara di Eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia Pasifik dan Amerika dan melakukan kerjasama dengan TOP INTERNATIONAL Hotels GmbH.
Di Indonesia terdapat beberapa lokasi Hotel Golden Tulip, termasuk Hotel Golden Tulip Holland Resort Kota Batu, Jawa Timur yang terdiri dari 260 kamar. Di hotel bintang lima yang berlokasi di Kompleks Panderman Hill Batu ini juga ada resto yang sangat terkenal yakni resto Skydome Lounge & Bar dan Infinite8.
Golden Tulip pertama lahir pada 1962 di Belanda oleh enam pengusaha hotel independen. Pada tahun 2009 merek tersebut bergabung dengan Louvre Hotels Group. Pada tahun 2015, Jin Jiang International menjadi pemilik Louvre Hotels Group dan menjadi salah satu jaringan hotel internasional terbesar di dunia.
Golden Tulip Holland Resort Batu sendiri dimiliki oleh Linggarjanto Boedi Oetomo dan Sonny Njonoriswondo. Kedua pemilik membuat kesepakatan dengan Louvre Hotels Group untuk mengembangkan brand Golden Tulip di Kota Batu Jawa Timur. Pada 29 April 2017, Golden Tulip Holland Resort Batu beroperasi dengan status hotel bintang 4 dan pada Juni 2018 menjadi Hotel bintang 5.
Misi
Untuk memimpin jaringan hotel multi-brand dengan perhatian kepada pelanggan dan staf yang tinggi di pasar yang yang telah ditetapkan
Visi
Tujuan grup adalah untuk memaksimalkan pendapatan dan keuntungan dengan memanfaatkan semua peluang dan sinergi yang ditawarkan oleh jaringan, juga menerapkan standar internasional dan mempertahankan cita rasa lokal.
Formula Golden Tulip Holland Resort Batu adalah trinitas dari unsur-unsur berikut:
- Merek.
- Mengoperasikan sistem.
- Sistem pendukung.
Ketiga elemen ini saling bergantung yang menyiratkan dampak kinerja merek yang sukses hanya dapat dicapai ketika ketiganya terintegrasi penuh ke dalam operasional hotel sehari-hari. Keberhasilan formula tersebut diukur dari brand performance impact yang mengukur nilai yang diperoleh sebuah hotel dengan memanfaatkan Formula Golden Tulip Holland Resort Batu.***