Menu

Mode Gelap

Berita · 24 Apr 2024 08:38 WIB ·

Motivator Nasional  Dr Aqua Dwipayana Lanjutkan Kiprah Silaturahim dan Sharing Komunikasi ke “Bumi Laskar Pelangi” di Kepulauan Bangka Belitung

 DR Aqua Dwipayana akan menyampaikan sharing dengan tajuk “Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Untuk Memajukan Politeknik Belitung” pada Rabu 24 April 2024 di Kampus Politeknik Belitung  Jl. Telex Dalam, Air Ketekok No. 02 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.* Perbesar

DR Aqua Dwipayana akan menyampaikan sharing dengan tajuk “Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Untuk Memajukan Politeknik Belitung” pada Rabu 24 April 2024 di Kampus Politeknik Belitung  Jl. Telex Dalam, Air Ketekok No. 02 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.*

KABUPATEN BELITUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayaana melanjutkan kiprah silaturahim serta Sharing Komunikasi dan Motivasi hingga ke “Bumi Laskar Pelangi” Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Doktor lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang menempuh studi linier S1 hingga  S3 di bidang Komunikasi tersebut akan menyampaikan sharing dengan tajuk “Mengoptimalkan Kemampuan Komunikasi Untuk Memajukan Politeknik Belitung” pada Rabu 24 April 2024 di Kampus Politeknik Belitung  Jl. Telex Dalam, Air Ketekok No. 02 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam paparan menjelang kehadiran di Kabupaten Belitung, Dr Aqua Dwipayana menjelaskan dengan memperkuat kemampuan komunikasi di kampus, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan produktif, serta membantu mahasiswa menjadi pemimpin yang efektif di masa depan.

Oleh karena itu, pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut menyodorkan beberapa aspek yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi komunikasi sekaligus memajukan institusi perguruan tinggi.

DR Aqua Dwipayana bersama dengan Ketua Yayasan Pendidikan Belitung Andi Saputra.*

“Laksanakan pelatihan komunikasi. Sediakan pelatihan komunikasi bagi staf dan mahasiswa. Ini bisa berupa kursus formal, seminar, atau lokakarya yang membahas berbagai aspek komunikasi, mulai dari komunikasi lisan hingga menulis,” ungkap Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat tersebut.

Dewan Penasihat Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu juga menyinggung urgensi pembentukan klub atau kelompok diskusi. Bentuk klub atau kelompok diskusi di kampus untuk memfasilitasi praktik komunikasi. Diskusi-diskusi ini dapat membantu dalam mengasah keterampilan berbicara di depan umum, mendengarkan dengan baik, dan berpikir kritis.

Dr Aqua Dwipayana kemudian menegaskan tentang program yang disebut Mentor-Mentee: Bangun program mentor-mentee di mana mahasiswa yang sudah mahir dalam komunikasi membimbing mahasiswa lain yang ingin meningkatkan kemampuan komunikasinya.

“Fasilitasi atau dukung partisipasi dalam kompetisi debat atau pidato. Ini memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk berlatih berbicara di depan umum dan memperkuat keterampilan argumentasi,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Penulis buku super best seller Trilogi The Power of Silaturahim itu menambahkan tentang kemungkinan menghadirkan secara spesifik mata kuliah Komunikasi. Ia merekomendiasikan mengintegrasikan studi yang fokus pada komunikasi, baik komunikasi interpersonal, komunikasi massa, atau komunikasi bisnis, tergantung pada kebutuhan dan minat mahasiswa, pada kurikulum secara komprehesif.

“Sediakan juga kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam praktikum atau proyek kolaboratif yang mendorong komunikasi efektif antarindividu dan kelompok. Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan komunikasi. Platform pembelajaran online, forum diskusi, dan media sosial kampus juga dapat menjadi sarana bagi mahasiswa dan staf untuk berkomunikasi secara efektif,” ucap Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Pria santun yang hobi membantu sesama itu juga menekankan dukungan pada kemampuan bahasa asing. Jika ada mahasiswa internasional, sediakan program dukungan khusus untuk membantu mereka dalam memperbaiki kemampuan berbahasa. Ini bisa berupa kelas bahasa, klub atau acara budaya, atau tutor bahasa.

“Sediakan beragam kegiatan kampus yang mendorong interaksi sosial dan komunikasi antar mahasiswa dari latar belakang yang berbeda. Berikan umpan balik secara teratur kepada mahasiswa dan staf terkait kemampuan komunikasi mereka. Ini dapat membantu mereka mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan,” ujar motivator yang telah memotivasi jutaan orang baik di Indonesia maupun puluhan negara itu.

Politeknik Belitung

Politeknik Belitung merupakan perubahan bentuk dari Akademi Manajemen Belitung berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 108/D/OT/2022 pada tanggal 25 April 2022.

Akademi Manajemen Belitung (AMB) didirikan pada Tanggal 24 Februari 2000 atas gagasan Bupati Belitung Ishak Zainuddin, B.Sc. dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung H. Anwar. DM. AMB berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan Belitung Berehun dengan akta notaris Anwar Junaidi SH Nomor 25 tanggal 24 Februari 2000.

Politeknik Belitung terletak di Jalan Telex Dalam, Air Ketekok,  No. 02 Tanjungpandan, Kepulauan Bangka Belitung. Sebelumnya, pada tahun 2000-2010, Kampus ini menempati gedung Pemerintahan Daerah Kabupaten Belitung yaitu gedung Eks Kawilasi Timah yang beralamatkan di Jalan Depati Gegedek No. 17 Tanjungpandan. Pada tahun 2010 atas bantuan dana dari pemerintah provinsi maka dilakukanlah pembangunan gedung berlantai 2 di Jalan Telex Dalam Air Ketekok.

DR Aqua Dwipayana bersama dengan Ketua Yayasan Pendidikan Belitung Andi Saputra.*

Awal berdiri, AMB mempunyai dua Jurusan yaitu Jurusan Manajemen Administrasi dan Manajemen Koperasi, namun karena kurangnya peminat Jurusan Manajemen Koperasi sehingga beberapa tahun kemudian Jurusan Manajemen Koperasi itu dibubarkan dan dibukalah Jurusan Manajemen Informatika pada tahun 2004.

Pada tahun 2022, saat perubahan bentuk AMB menjadi Politeknik Belitung, ada penambahan satu Program Studi yaitu D4-Usaha Perjalanan Wisata. Jadi, Politeknik Belitung memiliki dua program studi Diploma 3 (D3-Manajemen Administrasi dan D3-Manajemen Informatika), dan satu Program Studi Diploma 4 (D4-Usaha Perjalanan Wisata).

Transformasi AMB menjadi Politeknik Belitung juga diiringi dengan perubahan kepengurusan Yayasan Pendidikan Belitung Berehun (YPBB) pada awal tahun 2023.

Berikut susunan kepengurusan YPBB tahun 2023:

  • Ketua Pembina YPBB: Andi Saputra, S.T.
  • Anggota:  H. Sahani Saleh, S.Sos, H. MZ. Hendra Caya, SE., M. Si,  Yuni Aryani.
  • Ketua Yayasan YPBB: Marjono
  • Seketaris: Kasimin, S.IP, MAB
  • Bendahara: Edi Siswaya,S.A.P

Perubahan kepengurusan YPBB tahun 2023 memberikan harapan dan semangat baru untuk kemajuan Politeknik Belitung dalam menciptakan SDM bermutu dengan slogannya yakni “Perubahan Baru, Bergerak Maju”

Universitas Pertama

Ketua Yayasan Pendidikan Belitung Berehun Andi Saputra menaruh harapan besar agar lahirnya universitas yang ada di Pulau Belitung dapat terwujud, karena kehadiran universitas pertama ini sudah dinantikan masyarakat Belitung.

“Saat ini yayasan kami menaungi Akademi Manajemen Belitung yang telah berubah status menjadi Politeknik Belitung. Besar harapan kami agar politeknik tersebut bisa menjadi universitas,” kata Andi saat beraudiensi dengan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu di Wisma Bougenville, Kabupaten Belitung, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan dengan hadirnya universitas di Negeri Laskar Pelangi, masyarakat baik itu di Kabupaten Belitung maupun Kabuaten Belitung Timur yang berkeinginan kuliah tidak perlu lagi ke luar kota lagi seperti saat ini.***

Artikel ini telah dibaca 50 kali

Baca Lainnya

Diskusi Publik Prodi Ilkom FISIP Unpas, Generasi Muda Harus Terlibat Perangi Hoak

23 Mei 2024 - 08:49 WIB

Giro d’Italia 2024 Pogacar Tak Terbendung

22 Mei 2024 - 21:11 WIB

Dukung Kreativitas Digital Mahasiswa, Binus University Terapkan Kurikulum Berbasis AI

22 Mei 2024 - 19:42 WIB

Bank bjb syariah Raih Peringkat idAA- dari PEFINDO

22 Mei 2024 - 17:04 WIB

Manfaatkan Teknologi, Gen Z Didorong Cakap Digital dan Bijak Bersosial Media

22 Mei 2024 - 15:59 WIB

Bio Farma Gelar FGD Vaksin DBD di Bali

22 Mei 2024 - 13:51 WIB

Trending di Berita