Menu

Mode Gelap

Berita · 10 Mei 2022 09:29 WIB ·

Lebaran Terindah bagi Letda Cku Debby dan Letda (KH) Galih 

 PAKAR Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dalam salah satu sesi sharing komunikasi dan motivasi di Sulawesi, Ramadan lalu.* Perbesar

PAKAR Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dalam salah satu sesi sharing komunikasi dan motivasi di Sulawesi, Ramadan lalu.*

TUGUBANDUNG.ID – SEJATINYA, dua tiket pulang pergi (PP) Makassar-Denpasar sudah dipersiapkan dengan baik oleh Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Hal itu dilakukan oleh doktor komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut sebagai bentuk penunaian janji dan amanah memberikan hadiah bagi siapa saja yang menurut panggilan nuraninya layak diberikan kebahagian.

Sebagaimana diketahui, dalam setiap kesempatan sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua Dwipayana yang juga Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik tersebut  memang selalu memberikan hadiah kepada hadirin yang kebetulan dipanggilnya ke depan podium. Semua dilakukan berdasarkan dorongan nurani Dr Aqua. Sudah ratusan orang dari berbagai kalangan yang mendapat hadiah berupa liburan gratis ke Yogyakarta maupun ke Bali. Semua hal dari transportasi, akomodasi, dan lain-lain ditanggung oleh pria yang juga telah menulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu.

Pada salah satu sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua di Makassar, Kamis, 14 April 2022 lalu, sosok yang beroleh kebahagiaan mendapat hadiah kejutan dari Dr Aqua adalah Letda Cku Debby Ayu Destiani. Perempuan yang saat ini menjabat sebagai Perwira urusan Laporan Keuangan Tingkat II Makodam XIV Hasanuddin Keuangan Kodam XIV Hasanuddin tersebut mendapat anugerah mengejutkan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Betapa tidak, saat itu ia tengah menghadiri Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan oleh Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua di lingkungan Komandao Daerah Militer XV/Hasanuddin. Debby kemudian bak mendapat “durian runtuh”. Namanya dipanggil oleh Dr Aqua dan kemudian malah mendapat hadiah mengejutkan tapi sangat membahagiakan: liburan gratis ke Bali bersama sang suami.

LETDA Cku Debby Ayu Destiani dan suami.*

“Saya tak pernah menyangka bisa mendapatkan hadiah yang sangat membahagiakan ini. Kebaikan yang diberikan oleh Pak Aqua Dwipayana ini menjadi berkah dari pernikahan saya dan suami, karena sampai saat ini kami belum pernah melaksanakan bulan madu,” ungkap Debby Ayu Destiani.

Saat itu, Dr Aqua mengapungkan pertanyaan siapa di antara hadirin yang baru saja menikah. Maka, Debby mengacungkan tangan dan dipanggil ke depan oleh Dr Aqua. Setelah ditanya sejumlah pertanyaan, Debby merasa sangat terkejut dan terkesan oleh kebaikan dari Dr Aqua.

Ternyata hamil

Dari puluhan orang yang mendapat anugerah dari Dr Aqua selama Sharing Komunikasi dan Motivasi di Bumi Celebes Sulawesi, Letda Cku Debby Ayu Destiani tadinya akan menjadi penerima hadiah liburan gratis pertama yang menggunakan fasilitas tersebut. Tiket penerbangan keberangkatan dan kembali Makassar-Denpasar bertanggal 4 sampai 6 Mei 2022 sudah disiapkan oleh Dr Aqua dan diteruskan kepada Debby.

Namun, selaras pepatah “manusia boleh berencana tapi Tuhan yang menakdirkan”, Debby bersama sang suami, Letda Laut (KH) Galih Rosyid Nugroho, S.Pd yang saat ini menjabat sebagai Perwira Urusan Jasmani Satuan Administrasi Personalia Detasemen Markas Lantamal VI Makassar, akhirnya mesti membatalkan keberangkatan berbulan madu ke Bali.

Hasil pemeriksaan dokter menunjukkan Debby tengah hamil enam minggu. Ia khawatir menempuh perjalanan jauh dalam keadaan hamil muda karena secara fisik ia kerap merasakan mual dan mudah lelah.

“Assalamualaikum pak Aqua. Mohon maaf kami baru ngabari bapak. Pak mohon maaf sebelumnya terkait hadiah kami ke bali, sepertinya kami tidak bisa ambil pak, dikarenakan kami sedang hamil pak, kemarin kami baru periksa dan usia kandungan kami memasuki 6 minggu. kondisi kami masih sering mabuk, pusing dan lemas pak. Jika kami pergi kami khawatir kenapa2 dengan kandungan kami pak. Mohon maaf sebelumnya pak, kami sangat senang dengan hadiah bapak kepada kami, tapi ternyata kami tidak bisa untuk pergi pada waktu dekat ini pak.

Sekali lagi kami mengucapkan permohonan maaf kami pak, kami mohon maaf Pak.”

Demikian pesan via WA yang disampaikan langsung oleh Letda Debby kepada Dr Aqua pada 30 April 2022 lalu atau hanya beberapa hari menjelang Lebaran 1443 H ini. Dr Aqua segera merespons positif dan dapat memaklumi keputusan yang diambil oleh Debby dan Galih.

FOTO kehamilan Letda Debby.*

Bagi Letda Debby dan Letda Galuh, bagaimanapun, momen Lebaran kali ini akan tetap dikenang sebagai Lebaran terindah dalam hidup mereka. Meski urung berlibur bulan madu ke Bali, keduanya toh mendapat kado terindah dalam kehidupan pernikahan mereka yang masih muda. Keduanya kini tengah menanti momongan buah cinta mereka.

“Ini menjadi momen Lebaran yang paling berkesan dalam hidup saya. Betapa tidak, Alhamdulillah saya dan suami bisa mendapat izin cuti pada pekan awal Lebaran dan tak hanya itu, kami kemudian bisa berlebaran berdua dengan mengunjungi objek wisata dunia Bali. Terima kasih yang setulusnya saya sampaikan kepada Pak Aqua. Semoga beliau dan keluarga senantiasa diberikan perlindungan, dilapangkan rejekinya, dan keberkahan oleh Tuhan Yang Mahakuasa,” kata Debby.

Ia mengenang kembali masa pernikahan dengan Letda Galih yang dijalaninya pada 28 Februari 2022 di Kota Serang, Provinsi Banten. “Kami awalnya hanya kenal biasa tidak pernah ada komunikasi sebelulnyua. Kebetulan kami berdua satu letting. Kami mulai dekat sekitar Oktober 2021,” kata Debby.

Debby menjelaskan keduanya tidak menjalani status pacarana. “Jika memang serius, saya katakana mau langsung menikah. Jika tidak serius lebih baik tidak usah dilanjutkan kedekatannya. Alhamdulillah kala itu suami saya yakin untuk serius dengan saya,” ujarnya. Maka, dengan restu dari kedua orang tua masing-masing, lamaran dilakukan pada 18 Desember 2021 dan menikah pada 28 Februari 2022 dilanjutkan resepsi.

Debby sangat berterima kasih atas hadiah yang diberikan oleh Dr Aqua. “Begitu singkat pendekatan kami dan perkenalan kami. Jadi kami merasakan pacaran setelah menikah dan Alhamdulillah kami dapat rezeki dari Bapak Aqua Dwipayana untuk liburan sekaligus menjadi ‘honey moon’ kami berdua ke Bali,” kata Debby penuh senyum.

Ia mengaku dirinya sangat senang karena setelah menikah belum sempat berbulan madu. Saat itu, cuti nikah dipakai untuk akad dan resepsi di kediamannya dan kediaman suami. “Jadi kami belum sempat berbulan madu. Alhamdulillah suami juga sangat bahagia dan tidak pernah menyangka mendapat anugerah seperti ini dari Bapak Aqua,” ucapnya lagi.

Debby menambahkan sang suami sempat bertanya kok bisa dapat hadiah “honeymoon”. Setelah diceritakan kepada suami, ketika Dr Aqua meminta untuk langsung kontak melalui video call. “Ia kaget karena ada suara sorak sorai di belakang. Setelah saya ceritakan, suami sangat bersyukur dan amat berterima kasih atas anugerah dan hadiah yang Bapak Aqua berikan. Hanya ucapan terima kasih dan doa terbaik yang bisa kami sampaikan atas budi baik Pak Aqua Dwipayana,” kata Letda Cku Debby Ayu Destiani.

Berkeliling Sulawesi

Selama Ramadan tahun ini dan beberapa pekan sebelumnya, Dr Aqua nyaris tanpa henti berkeliling Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, hingga Sulawesi Barat untuk menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi ke berbagai kalangan.

Sekitar 21 hari, khusus di jajaran TNI-Polri, Dr Aqua telah melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 54 sesi dari rencana sedikitnya 65 sesi. Dari jumlah itu, sebanyak 26 sesi dilaksanakan selama bulan Ramadan.

Selain itu, ada lima sesi lainnya yakni dengan teman-teman wartawan dan mahasiswa yang dilaksanakan pengelola media online Pedoman Rakyat Makassar. Juga, dengan ratusan pegawai baru Kejaksaan Sulteng atas undangan teman baik beliau, yang menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulteng Jacob Hendrik Pattipeilohy.

Di samping itu dengan pegawai BNI Cabang Palopo dan Cabang Parepare.  Juga Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan pegawai Bank Mandiri Cabang Palu., Maka, jika ditotal seluruh peserta yang hadir di 59 sesi tersebut, sedikitnya hadir 7.500 orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Meski tujuannya sama yakni ingin mendalami komunikasi dan mendapatkan motivasi.

Dr Aqua secara nyata sudah menunjukkan aktivitas produktif dan penuh berkah dirinya tak berhenti selama Ramadan. Bahkan, justru semakin padat dan nyaris tanpa henti. “Bagi saya, Ramadan justru memberikan hikmah kekuatan tersendiri meski harus berbicara dalam banyak sesi dari pagi sampai sore. Otomatis hanya terhenti waktu salat saja, karena tidak lagi dipotong waktu untuk makan karena tengah berpuasa. Waktunya jadi lebih efektif dan efisien,” ungkap Dr Aqua. Usai Lebaran 1443 H, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat ini kembali sudah memiliki jadwal padat untuk serangkaian Sharing Komunikasi dan Motivasi lagi di berbagai wilayah di tanah air.***

Artikel ini telah dibaca 121 kali

Baca Lainnya

Didepan Warga Ciamis Ono Surono Nyatakan Siap Maju di Pilkada Jabar!

13 Juni 2024 - 05:29 WIB

BSI Umumkan Imbal Hasil Sukuk ESG, 6,65%-6,8% Per Tahun

12 Juni 2024 - 22:26 WIB

Ketua Komisi Informasi Jabar Ikuti Rakornas Komisi Informasi Se-Indonesia

12 Juni 2024 - 18:42 WIB

Bey Janjikan Pembersihan Lautan Sampah di Sungai Citarum Bandung Barat Tuntas Satu Pekan

12 Juni 2024 - 12:41 WIB

Hari Ini, Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana Berada di Kota Palu Sulawesi Tengah, Sampaikan Sharing Komunikasi kepada Personel Tiga Institusi Berbeda

12 Juni 2024 - 07:49 WIB

Perbaikan Pipa Selesai, Air Baku dari Cikalong Sudah Dialirkan Kembali

12 Juni 2024 - 07:36 WIB

Trending di Berita