Menu

Mode Gelap

Feature · 15 Apr 2022 14:38 WIB ·

Kebahagiaan Yusran dan Samsinar, Jadi Raja dan Ratu Empat Hari!

 DR Aqua Dwipayana menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran pimpinan dan kasryawan Hotel Novotel Makassar, Sulsel, Februari lalu.* Perbesar

DR Aqua Dwipayana menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran pimpinan dan kasryawan Hotel Novotel Makassar, Sulsel, Februari lalu.*

Ku jadi raja sehari

Kau jadi ratu semalam

Kita berdua bahagia

Seribu mata melihat kita berdua

Jadi saksi hari ini di pernikahan

Saling setia selamanya

(Penggalan lirik lagu “Raja Sehari”)

TUGUBANDUNG.ID – ISTILAH “raja dan ratu sehari” sering diterapkan kepada pasangan pengantin baru pada sebuah pesta. Hal ini mengacu pada perlakuan bagi kedua mempelai saat duduk di pelaminan dan mendapatkan atensi dari banyak tamu undangan.

Bagi seorang Yusran (27 tahun) dan istrinya kini, Samsinar (23), tak pernah terbayang bisa menjadi raja dan ratu sehari.

“Kami saat berniat menikah pada masa pandemi lalu tak pernah mengimpikan bisa bersanding di pelaminan dan diperlakukan seperti raja dan ratu. Di tengah kesederhanaan ekonomi kami serta situasi pandemi yang membatasi, keinginan kami hanya satu, bisa segera menikah dengan sah dan menjalani kehidupan suami istri dengan baik. Itu saja,” ungkap Yusran, staf di unit housekeeping, Hotel Novotel Makassar Grand Shayla Makassar, Sulawesi Selatan, dalam perbincangan belum lama ini di lobi Hotel tersebut Jl. Chairil Anwar No.28, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Akan tetapi, kalau Allah Swt sudah menakdirkan semua bisa terjadi. Setelah mereka sah menjadi suami istri, berkah itu hadir belakangan. Meski menikah dalam situasi penuh kesederhanaan di masa pandemi Covid-19, tak menghalangi keduanya untuk menjadi raja dan ratu. Tak hanya sehari, bahkan selama empat hari empat malam!

Adalah Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana sang pemberi berkah dan hadiah yang sama sekali tak pernah diimpikan Yusran dan Samsinar. Pada Selasa, 8 Februari 2022, Dr Aqua tengah menyampaikan sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran pimpinan dan karyawan Hotel Novotel Makassar Grand Shayla. Dalam pemaparannya, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut menyampaikan pesan agar seluruh karyawan dapat menjadi pribadi yang lebih bersyukur. “Memiliki hati yang bersih, selalu optimis, bekerja dengan sepenuh hati memberikan yang terbaik dengan tujuan dapat menjadi manfaat bagi setiap yang dikerjakan, dan yang paling penting dapat konsisten melakukan semuanya,” demikian pesan yang disampaikan pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu juga memaparkan bagaimana ia terus mempraktikkan silaturahim tanpa henti dan dari kecintaannya akan silaturahim itu mendekatkannya pada rejeki. Dr Aqua juga menyampaikan beberapa tips dalam berkomunikasi. Poin yang paling penting dalam silaturahim adalah tulus, tanpa mengharapkan adanya balasan.

Menikah di masa pandemi

Saat sedang menyampaikan materinya, Dr Aqua tiba-tiba saja bertanya siapa di antara peserta yang menikah di masa pandemi ini. Maka, mengacungtanganlah Yusran, staf di unit housekeeping. Saat dipanggil ke depan, tak pernah disangkanya, ternyata Dr Aqua memberikan hadiah liburan “honeymoon” ke Yogyakarta, semua serba gratis. Mulai dari tiket penerbangan Makassar-Yogyakarta PP, akomodasi, konsumsi, dan transportasi lokal seluruhnya ditanggung motivator laris tersebut.

YUSRAN (27) staf housekeeping Hotel Novotel Makassar, Sulsel.*

“Saya sangat terkejut dan senang sekali ketika dipanggil maju ke depan dan berbicara berdampingan dengan Dr Aqua, sampai tangan saya gemetaran,” kata pria kelahiran 10 Juli 1995 ini dengan mata basah mengenang kebagahagiaan yang pernah diterimanya. Ia sendiri mengaku baru pertama kali itu pula terbang dengan pesawat.

Yusran mengatakan masa liburan “honey moon” bersama Samsinar berlangsung selama empat hari, 12 sampai 16 Februari 2022. “Selama empat hari di Yogyakarta itu, saya dan istri diperlakukan seperti raja dan ratu. Semua dilayani. Makan sudah ada yang memasakkan makanan, kemana-mana pergi termasuk ke objek-objek wisata diantar sopir. Kami tak perlu keluar uang sepeser pun. Ini semua berkah dari Dr Aqua,” timpal Yusran yang sampai saat ini terus berkomunikasi dan membina silaurahim dengan Dr Aqua.

Setelah kembali ke Makassar dari “honey moon” di Yogyakarta bersama istrinya, Yusran menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua sekeluarga. Di bawah ini yang disampaikan Yusran.

Assalamualaikum Bapak Dr Aqua Dwipayana. Selamat Siang, Saya dan Istri sangat  berterima kasih banyak kepada bapak atas hadiah liburannya. Mohon maaf kami berdua sudah banyak sekali merepotkan selama kami di Yogyakarta.

Tidak lengkap rasanya untuk berterima kasih dengan kata-kata saja. Semoga saya bisa ketemu dengan bapak dan berterima kasih secara langsung. Semoga Bapak Dr Aqua dan keluarga sehat selalu, dipanjangkan umurnya dan diberi rejeki berlimpah. Amin Ya Allah…

Saat itu, Yusran melanjutkan, tujuannya ikut Sharing Komunikasi dan Motivasi dari  Dr Aqua adalah untuk mendapatkan ilmu. “Akan tetapi, Tuhan baik sekali, saya bahkan diberikan lebih. Saya tak mungkin bisa membalas budi baik Pak Aqua sekeluarga. Hanya doa terbaik saja yang dapat saya sampaikan semoga beliau bersama keluarga selalu dilindungi dan diberikan berkah oleh Allah Swt. Terima kasih untuk Dr Aqua Dwipayana sekeluarga, semoga segala kebaikannya dibalas oleh Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

Sampai saat ini, Yusran terus mengingat pesan yang disampaikan Dr Aqua bahwa tidak ada perbuatan atau pekerjaan yang dijalani dengan baik dan ikhlas yang akan sia-sia. “Walaupun saya bekerja di unit yang mungkin dinilai kecil tapi saya menjalaninya dengan keikhlasan disertai tanggung jawab akan pekerjaan. Ternyata bekah dari Allah Swt bisa dapat kapan saja dan diperoleh dari arah yang tak terduga,” kata Yusran.

Silaturahim ke rumah Yusran

Kebahagiaan Yusran dan istrinya bertambah saat Dr Aqua pada Rabu malam, 30 Maret 2022 sekitar pukul 23.00 Wita silaturahim ke rumahnya di Jalan Teuku Umar 13 Lorong 2 Ujung Makassar.

Ketika tahu Dr Aqua sedang melaksanakan kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi keliling Sulawesi Selatan yang merupakan program bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana, Yusran kirim WhatsApp (WA). Menyampaikan keinginannya untuk ketemu.

Semula dia mengira Dr Aqua mau menemuinya di Hotel Novotel Makassar Grand Shayla Makassar, tempatnya bekerja. Apalagi Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu saat di Makassar sering menginap di hotel bintang empat tersebut.

Yusran kaget ketika Dr Aqua mengatakan mau silaturahim ke rumahnya. Jadwalnya yang sangat padat melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi serta silaturahim selama di Sulawesi Selatan termasuk di Makassar, membuat mantan wartawan di banyak media besar itu ke rumah Yusran pada malam hari.

Saat tiba di rumahnya, Dr Aqua disambut Yusran dan istrinya dengan penuh suka cita. Mereka sama sekali tidak menyangka pria yang rendah hati dan memiliki jejaring pertemanan yang luas itu benar-benar datang meski waktunya menjelang pergantian hari.

“Kedatangan Pak Aqua ke rumah kami rasanya seperti mimpi. Sama sekali kami tidak menyangka hal itu bakal terjadi, apalagi jadwal Bapak selama di Sulawesi Selatan padat sekali,” ungkap Yusran dengan mata yang berkaca-kaca.

Kepada Yusran, Dr Aqua mengatakan sejak puluhan tahun lalu hobinya silaturahim. Selama melaksanakan aktivitas itu sama sekali tidak melihat latar belakang orang yang didatangi. Kegiatan positif tersebut membuat pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, pada 23 Januari 1970 itu mendapat banyak kemudahan dalam hidupnya. Juga rejekinya terus mengalir.

Sementara General Manager Hotel Novotel Makassar Grand Shayla, Antonius Whisnu Wijaya, kaget begitu mengetahui Dr Aqua silaturahim ke Yusran di rumahnya. Dia sama sekali tidak menyangka Dr Aqua sengaja menyempatkan waktu melakukan itu di sela-sela jadwalnya yang padat.

“Masya Allah, Pak Aqua silaturahim ke rumah Pak Yusran. Padahal selama di Sulawesi Selatan jadwalnya padat sekali melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para prajurit TNI dam Polri. Memenuhi undangan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Nana Sudjana. Terima kasih banyak Pak Aqua untuk semua bantuan dan atensinya yang sangat besar pada Pak Yusran sekeluarga,” ujar Whisnu yang sangat dekat dengan semua jajarannya. ***

Artikel ini telah dibaca 61 kali

Baca Lainnya

“Ini Medan Bung”, Hati-hati Menyeberang di Jalan Besar

24 Desember 2023 - 08:23 WIB

Al-Mashun, Masjid Megah Segi Delapan Bercorak Maroko, Spanyol, Melayu dan Timur Tengah

18 Desember 2023 - 20:04 WIB

Menapaki Jejak Sejarah “Tjipetir” yang Mendunia

11 November 2023 - 09:09 WIB

Langka dan Mengagumkan, Dua Pohon Karet Kebo Berumur Seabad Lebih di Selabintana Sukabumi

25 Agustus 2023 - 06:27 WIB

Stasiun Gubeng, Menghibur Calon Penumpang dengan Menghadirkan Langsung Awak Band

16 Agustus 2023 - 07:14 WIB

Telaga Ngipik Gresik, Semula Bukit Kapur untuk Bahan Baku Pabrik Semen Indonesia

11 Agustus 2023 - 20:46 WIB

Trending di Feature