Menu

Mode Gelap

Berita · 19 Feb 2024 22:37 WIB ·

Ikuti Stem Camp Darul Hikam, Ratusan Siswa se-Jabar Asah Kreativitas

 Ikuti Stem Camp Darul Hikam, Ratusan Siswa se-Jabar Asah Kreativitas Perbesar

KABUPATEN BANDUNG BARAT (TUGUBANDUNG.ID) – Darul Hikam Integrated School (DHIS) Secondary Lembang dan SMP-SMA Darul Hikam Berasrama menggelar kegiatan Stem Camp dengan tema ‘Menyelami Sains dan Teknologi dalam Islam untuk Siswa Indonesia Berkahlak Berprestasi’, Sabtu (17/2/2024). Kegiatan tersebut diikuti 100 siswa SD dan SMP se-Jabar

Kepala Sekolah DHIS Secondary Lembang Binar Kasih Sejati mengungkapkan, kegiatan tersebut berisi latihan kemandirian dan melaksanakan Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematic) dengan tema besar yakni Hydro (air).

“Stem Camp dengan tema besar Hydro (air) merupakan latihan untuk meningkatkan kemandirian dan keterampilan siswa sekaligus mengasah keterampilan berfikir dan kolaborasi,” ucap Binar saat ditemui disela-sela kegiatan, beberapa waktu lalu.

Binar menjelaskan, peserta yang ikut Stem Camp berasal dari 29 sekolah di Jabar terdiri dari SD Kelas V dan VI serta SMP Kelas VIII dan IX. Mereka didukung untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian dengan mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari workshop konten kreator hingga membuat karya sains berupa roket air sederhana dari bekas botol air mineral.

“Ada 100 peserta. Mereka berkarya disini, belajar dan berkembang,” tuturnya.

Binar menambahkan, sesi yang paling ditunggu adalah pembuatan roket air. Dalam satu kelompok terdiri dari 6 orang. Setiap siswa secara tidak langsung dilatih motorik membuat roket air agar bisa meluncur dan mencapai target yang sudah dtentukan.

“Nanti dipilih 4 juara, meliputi roket terbaik, video terbaik dan peserta terbaik dan akan mendapat reward. Namun, secara experience ini merupakan kerja kelompok untuk membangun kebersamaan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Stem Camp, Sofia Malika Keiko menuturkan, pesan yang ingin disampikan dalam Stem Camp yaitu mengasah kreativitas dan melatih kekompakan bersama tim serta memanfaatkan barang-barang yang ada disekitar, seperti pembuatan roket air.

“Poinnya, kreativitas itu bisa datang dari mana saja bahkan dari lingkungan sekitar. Melalui Stem Camp ini diharapkan bisa melatih dan mengasah kreativitas,” imbuhnya.

Salah seorang siswa SD Labschool Bandung, Abyan mengaku senang bisa ikut Stem Camp. Menurutnya, ini pegalaman baru bagi dirinya karena bisa mengikuti beragam kegiatan bahkan bertemu dengan teman baru.

“Saya senang bisa ikutan acara Stem Camp ini. Saya dapat teman baru dan bisa menambah pengalaman,” jelasnya.

Abyan yang bercita-cita jad astronot itu juga mengungkapkan kegembiraanya bisa membuat karya berupa roket air dengan teman-temannya. Menurutnya, ia melakukan eksperimen yang menguji keterampilan dan pengetahuan tentang luar angkasa atau kendaraan terbang.

“Sangat berkesan, disini having fun dapat ilmu baru,” tandasnya. (Ade Bayu Indra/Tugubandung.id) ***

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

12 April 2024 - 09:21 WIB

Sampah Bandung Raya di TPK Sarimukti Terkelola Baik Selama Ramadan

12 April 2024 - 09:13 WIB

Tour de Thailand Putri 2024: Jutatip Juara Umum, Secara Dramatis Kalahkan Nguyen

11 April 2024 - 19:31 WIB

Memasuki H+1 Arus Meningkat Drastis, Polres Garut Berlakukan Sistem One Way 

11 April 2024 - 13:56 WIB

HARI RAYA IDULFITRI Bey Machmudin: Jaga Kerukunan untuk Jawa Barat yang Damai dan Nyaman

10 April 2024 - 11:11 WIB

Malam Takbiran Lebaran 2024 di Bandung Kondusif

10 April 2024 - 10:51 WIB

Trending di Berita