Menu

Mode Gelap

Berita · 2 Mar 2022 14:38 WIB ·

Hebat, 1,3 Juta UMKM Jabar Sudah Transaksi Digital QRIS

 BI juga membantu peningkatan kapasitas UMKM, perluasan penggunaan QRIS dan pemberian penghargaan kepada UMKM berprestasi. Perbesar

BI juga membantu peningkatan kapasitas UMKM, perluasan penggunaan QRIS dan pemberian penghargaan kepada UMKM berprestasi.

BANDUNG – Bank Indonesia menggelar pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual di beberapa wilayah kerja Bank Indonesia, termasuk salah satunya di Jawa Barat (Jabar) Rabu (3/3/2021).

Di Jabar, KKI 2021 berlangsung bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar bertempat di Hotel Savoy Homann Bandung. Hadir Ketua Dekranasda Jabar Atalia P. Kamil, Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto dan perwakilan DPR RI Komisi XI Ahmad Najib.

Kepala BI Jabar Herawanto mengatakan KKI 2021 merupakan ajang pameran UMKM berkualitas dari berbagai wilayah di Indonesia. UMKM dari Jabar sendiri merupakan UMKM pilihan yang sebelumnya mengikuti Karya Kreatif Jabar (KKJ), gagasan BI Jabar sebelumnya.

Herawanto mengatakan KKJ dan KKI 2021 merupakan salah satu upaya untuk membantu kalangan UMKM dalam mempromosikan produknya pada masa pandemi Covid-19. Pameran secara virtual ini juga menjadikan ajang UMKM untuk berjualan langsung dengan menggunakan metode pembayaran cashless.

“KKI 2021 ini seri pertama, akan berlanjut nanti Juni dan Agustus. Ini juga untuk mengembalikan kembali kebanggaan masyarakat untuk  menggunakan produk lokal. BI membantu melalui penyediaan pasar dan juga mempermudah pembayaran melalui QRIS,” tegasnya.

Melalui program ini, tambah Herawanto, BI juga membantu peningkatan kapasitas UMKM, perluasan penggunaan QRIS dan pemberian penghargaan kepada UMKM berprestasi.

Ia menyebutkan, saat ini di Jabar sebanyak 1,3 juta UMKM sudah menggunakan metode pembayaran cashless dengan menggunakan QRIS.

“Jabar terbanyak secara nasional, sekitar 1,3 juta. Tahun 2021 ini targetnya bisa mencapai 2,3 juta UMKM yang sudah bergabung dengan QRIS,” tambahnya.

Herawanto juga mengatakan, kedepan, QRIS juga dapat diterapkan di pasar-pasar yang ada di Jabar. Melalui program pasar juara, BI akan berkolaborasi dengan Pemprov Jabar untuk membantu pedagang mengaplikasikan QRIS. Ia mengatakan, dalam waktu dekat sejumlah pasar di Jabar akan mulai mengaplikasikan QRIS.

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerakkan Transisi Energi Melalui Electrifying Lifestyle, PLN Gelar Jabar Smile 3.0 Festival

26 September 2023 - 07:22 WIB

Petronas Le Tour de Langkawi 2023: Zanoncello Ambil Alih Kaus Hijau, Jackson Terdepan Etape III

26 September 2023 - 06:08 WIB

bjb WideScreen Expendables 4 di Gandaria City Jakarta Disambut Meriah Nasabah bank bjb

26 September 2023 - 05:51 WIB

MotoGP India 2023: Bezzecchi Mendominasi, Bagnaia Terjatuh Gagal Finis

26 September 2023 - 05:49 WIB

Operasi Pasar Rakyat 10 Ton Beras SPHP Disiapkan Koperasi dan Pedagang Di Cikurubuk Tasikmalaya

25 September 2023 - 22:09 WIB

HARI JADI KOTA BANDUNG KE-213 Bey Machmudin Dorong Bandung Jadi Kota Ramah Wisatawan

25 September 2023 - 19:26 WIB

Trending di Berita