Menu

Mode Gelap

Berita · 6 Mar 2022 15:17 WIB ·

Gaya Anak Muda Bertani dengan Sentuhan Kecanggihan Teknologi

 Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum Perbesar

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum

TUGUBANDUNG.ID – Kondisi petani acapkali terlilit kesulitan finansial. Kalangan muda kurang berminat untuk menggeluti dunia pertanian. Kecenderungan itu kini ada jawabannya.

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Eden Pangan Indonesia, Sabtu (5/3/2022). Salah satu wujudnya, Pemberdayaan Petani Milenial, di Eden Collection Facility, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

EdenFarm berkomitmen melakukan penyerapan hasil produksi panen Petani Milenial yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, serta meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendampingan dalam proses budidaya dan kepastian pasar (offtaker).

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, Pemda Provinsi Jabar menggagas Program Petani Milenial, sebagai inovasi di bidang pertanian. Demi mendongkrak semangat masyarakat, khususnya generasi muda untuk mulai bertani dengan sentuhan kecanggihan teknologi.

“Petani identik dengan keluarga yang kurang sejahtera, maka orang saat ini cenderung tidak semangat lagi berkutat di bidang pertanian,” ujar Pak Uu.

Uu menilai, Program Petani Milenial berperan penting meningkatkan kemampuan para petani, terutama terkait teknologi pertanian.

“Teknologi pertanian mutlak harus dikuasai oleh para petani, yang diberikan pendidikannya oleh pemerintah, maupun CSR perusahaan karena memang kalau tidak meningkatkan produksi dengan pemanfaatan teknologi, petani kita akan semakin tertinggal,” kata Uu.

Tokoh muda yang lahir dari keluarga petani, CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan mengaku sering mendapatkan anggapan, keluarganya kurang sejahtera.

Ironi inilah yang mendorong David berkomitmen meningkatkan taraf hidup para petani melalui teknologi Eden Collection Facility (ECF).

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Balap Liar, Empat Ramaja dan Motornya Diangkut Polisi 

19 April 2024 - 13:38 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

18 April 2024 - 20:22 WIB

Aliansi Eks Karyawan Pikiran Rakyat Menggugat, Ini Tuntutannya!

18 April 2024 - 20:09 WIB

Guru Bahasa Daerah SMP se-Jabar Ikuti Program Peningkatan Kompetensi Revitalisasi Bahasa Daerah

18 April 2024 - 18:46 WIB

Piala AFC Asia U23 Qatar 2024: Vietnam Kandaskan Kuwait 3-1, Uzbekistan Tundukan Malaysia 2-0

18 April 2024 - 18:29 WIB

Jabar Akselerasi Perluasan Areal Tanam Sawah Tadah Hujan melalui Pompanisasi

18 April 2024 - 17:11 WIB

Trending di Berita