Menu

Mode Gelap

Berita · 22 Jul 2022 10:34 WIB ·

Event Spirit PORISMAN Ke-9 Siap Digelar!

 Event Spirit PORISMAN Ke-9 Siap Digelar! Perbesar

Pertandingan Ekshibisi Gateball, Gowes dan Golf Jadi Pembuka Rangkaian Event. Ditutup Parade Band Alumni, Dua Project dan G-Pluck!

PUNCAK acara reuni Pekan Olahraga Intra SMAN atau lebih dikenal dengan sebutan PORISMAN akan digelar pada Sabtu, 23 Juli 2022, setelah pekan lalu usai melaksanakan pertandingan tiga cabang olahraga (cabor) baru yang disepakati 6 SMA Negeri di Kota Bandung yang tergabung dalam Paguyuban Porisman Bandung untuk mulai dipertandingkan sebagai cabor ekshibisi di Spirit PORISMAN tahun ini.

Event reuni tahunan pertandingan olahraga antar alumni SMA Negeri yang berada di Kota Bandung periode 1952-1969 itu bakal dilaksanakan di dua tempat berbeda. Lokasi pertama untuk pertandingan olahraga dilaksanakan pagi hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB di GOR Taruna Bakti, Jl. Surapati No.155, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung dan lokasi kedua untuk acara Malam Kebersamaan PORISMAN akan berlangsung pada malam hari di Youth Center GOR Arcamanik, Jl. Pacuan Kuda No.50, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai.

Sejatinya, alumni SMA Negeri 2 Bandung sebagai panitia pelaksana event Spirit PORISMAN ke-9 membuat acara di tahun ini lebih semarak dan meriah meski masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara Spirit PORISMAN ke-9 Djanaka AD mengatakan, meski masih dalam masa pandemi Covid-19 acara tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Meski serba terbatas, kita tetap selenggarakan semaksimal mungkin dengan menerapkan protokol kesehatan dan aturan-aturan dari pemerintah, khususnya satgas Covid-19,” tutur Djanaka, alumni SMAN 2 Bandung angkatan 1968 ini.

Djanaka menambahkan, acara Spirit PORISMAN ke-9 kali ini dibuat agak berbeda dengan penyelenggaraan sebelum-sebelumnya karena diadakan pre-event dengan mempertandingkan cabang olahraga ekshibisi dan juga saat pelaksanaan hari H puncak acara digelar di dua tempat dan waktu yang berbeda. Selain itu, event PORISMAN kali ini menekankan juga kepada semua tim peserta untuk lebih menonjolkan aspek silaturahim, kekeluargaan, kebersamaan, ketimbang sekadar prestasi.

“Silaturahmi anu utami,” ujar Abah Djandjan, panggilan akrab Djanaka.

Ekshibisi Gateball

Cabang olahraga pertama yang menjadi pertandingan ekshibisi di ajang Spirit PORISMAN ke-9 adalah gateball.

Pertandingan ekshibisi gateball Spirit PORISMAN ke-9 pada Sabtu, 16 Juli 2022, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB di Lapang DSX, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Meski diiringi hujan, para atlet bersemangat menyelesaikan pertandingan. (Foto: Dok. Panitia).*

Gateball adalah olahraga yang saat ini cukup populer di kalangan alumni SMAN di Kota Bandung, khususnya mereka yang telah berumur 50 tahun lebih atau lulusan SMA dekade 80-an ke atas. Olahraga ini cukup memenuhi standar protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi ini, dimana tidak ada kontak fisik dan bisa selenggarakan di ruang terbuka sambil berjemur. Meski dominan pemainnya berusia tua, gateball cocok untuk dilakukan oleh segala usia.

Pertandingan ekshibisi gateball pada rangkaian acara jelang Spirit PORISMAN ke-9 diikuti oleh seluruh tim SMAN dan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Juli 2022, mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB di Lapang DSX, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Atlet dan panitia cabor gateball Spirit PORISMAN ke-9 dari alumni SMAN 2 Bandung. (Foto: Dok. Panitia).*

Pertandingan dibagi menjadi dua Pool. Atlet atau pemain yang dapat mengikuti ekshibisi gateball adalah alumni yang pernah bersekolah di SMAN 1-6 dengan usia minimal 60 tahun. Setiap SMAN bisa mengirimkan maksimal 2 tim dan setiap pemain hanya boleh terdaftar di satu tim. Selain itu, tidak diperkenankan bertukar pemain antar tim. Tim terdiri dari 5 orang pemain utama, 2 orang pemain cadangan.

Setiap tim SMAN memiliki seorang official yang bertugas mengurus registrasi pemain. Tim yang tidak bisa menghadirkan pemainnya secara lengkap, yaitu 5 orang/tim dalam kategori beregu klasik, maka tim tersebut dianggap mengundurkan diri (WO).

Meski hanya pertandingan ekshibisi, peraturan pertandingan gateball pada Spirit Porisman kali ini mengacu pada peraturan PERGATSI 2019.

Hasil pertandingan gateball, di Pool A: Juara 1 SMAN 3, Juara 2 SMAN 5, dan Juara 3 SMAN 4. Sedangkan di Pool B, Juara 1 SMAN 3, Juara 2 SMAN 5, dan Juara 3 SMAN 2.

Gowes (Bersepeda)

Start gowes di halaman depan SMAN 3 dan 5 di Jl. Belitung No.8 Kota Bandung. (Foto: Dok. Panitia).*

Untuk cabor bersepeda ekshibisi gowes Spirit PORISMAN ke-9 usia peserta tidak dibatasi, oleh karena itu animo peserta begitu tinggi untuk mengikuti gowes, sehingga panitia dengan terpaksa membatasi jumlah peserta yang bisa ikut dalam acara ini.

Dari 425 orang alumni yang mendaftarkan diri sebagai peserta gowes Spirit PORISMAN, hanya 318 peserta yang benar-benar tercatat mengikuti gowes, sisanya berhalangan hadir dan ada juga yang tidak melakukan presensi/registrasi kembali ketika sampai di finish.

Gowes berlangsung pada Minggu, 17 Juli 2022, start di halaman depan SMAN 3 dan 5 di Jl. Belitung No.8 dan finish di SMAN 2 Bandung, Jl. Cihampelas No. 173 Kota Bandung.

Rute yang dilalui para peserta: Start SMAN 3/SMAN 5 mulai pukul 07.20 WIB di Jl. Belitung, kemudian menuju Jl. Menado – Jl. Aceh – Jl. R E Martadinata/Riau (Taman Pramuka) – Jl. A. Yani – Jl. Simpang Lima – Jl. Asia Afrika – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Gardujati – Pit Stop SMAN 4 – Jl. HOS. Cokroaminoto – Pit Stop SMAN 6 – Jl. Pajajaran – Jl. Cihampelas – Jl. Wastukancana – Jl. RE. Martadinata bawah – Jl. Ir. H. Juanda – Pit Stop SMAN 1 – Jl. Dayang Sumbi – Jl. Tamansari – Jl. Siliwangi – Jl. Cihampelas – dan terakhir Finish di SMAN 2.

Peserta gowes Spirit PORISMAN melewati Jalan Aceh Kota Bandung. (Foto: Dok. Panitia).*

Acara gowes berlangsung lancar, mulai start hingga finish, karena panitian penyelenggara Spirit PORISMAN dari alumni SMAN 2 Bandung begitu detail mengatur para peserta dalam kloter-kloter yang dipandu oleh seorang Road Captain dan tiap kelompok dibantu oleh Marshal dan Sweeper. Panitia mengatur sedemikian rupa pelaksanaan gowes karena peserta terdiri dari alumni lintas angkatan dengan beragam usia.

Angkatan tertua yang mengikuti event gowes berasal dari alumni SMAN 3 Bandung angkatan 1964 dan angkatan termuda lulusan tahun 2013 juga alumni dari SMAN 3.

Dalam pelaksanaan ekshibisi gowes PORISMAN kali ini, meski lancar namun ada sedikit insiden, saat salah-satu peserta terjatuh di Jalan HOS Cokroaminoto, tepatnya depan Hotel Hilton, dan peserta tersebut menolak loading dengan ambulance dan kendaraan pengangkut yang telah disediakan panitia karena merasa tidak mengalami cedera dan memilih melanjutkan gowes.

Penampilan Abah Iwan di area pohon karet SMAN 2 Bandung pada Minggu, 17 Juli 2022 (Foto: Nada Ahmad).*

Berkat kerjasama para goweser alumni SMAN 1-6, Road Captain, Marshal dan Sweeper, acara bersepeda bersama berjalan lancar hingga finish di SMAN 2 dan para peserta disambut acara hiburan dari Abah Iwan alias Ir. Ridwan Armansyah atau lebih dikenal dengan nama Iwan Abdurachman, musisi dan pencipta lagu alumni SMAN 2 yang karya-karyanya kerap dibawakan dan dipopulerkan oleh Bimbo. Abah Iwan menyanyikan 7 lagu, di antaranya adalah “Melati Dari Jayagiri”.

Abah Iwan mendapatkan hadiah utama sepeda lipat yang diserahkan Ketua Panitia Spirit PORISMAN ke-9 Abah Djanaka. (Foto: Dok. Panitia).*

Setelah itu, tampil Dua Project, kumpulan musisi, penyanyi, dan seniman alumni SMAN 2 Bandung yang menggoyang area seputaran pohon karet dengan lagu-lagu disko, digawangi vokalis senior Erlan Effendy (Wachdach Band, alumni SMAN 2 angkatan’79). Acara juga diselingi pembagian doorprize dan hadiah utama berupa 2 buah sepeda lipat.

Ekshibisi Golf

Cabang olahraga ketiga yang menjadi pertandingan ekshibisi di ajang Spirit PORISMAN ke-9 adalah cabor golf.

Cabor ekshibisi golf Spirit PORISMAN ke-9 dilaksanakan, Senin (18/7/2022) di Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pertandingan yang terbagi ke dalam beberapa kategori ini diikuti oleh 143 atlet alumni SMAN 1-6 yang hadir di lapangan dari 163 atlet alumni yang mendaftar.

Pembukaan pertandingan Cabor golf Spirit PORISMAN ke-9 pada Senin (18/7/2022) di Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Dok. Panitia).*

Hasil pertandingan adalah sebagai berikut: BGO: Dadang R, BNO: Ferry Dwi Kora. Flight A: (Best Gross): Arif Bustaman, (Nett 1): Andika Prima, (Nett 2): Harry Nugraha. Flight B: (Best Gross): Rudi C Tri, (Nett 1): Alan Suherlan, (Nett 2): Rudi Hudaya. Flight C: (Best Gross): Endang Kusnadi, (Nett 1): Arif Sofian, (Nett 2): Ade Rahaja.

Kemudian, pemenang untuk tim di atas usia 60 tahun (Team A) direbut SMAN 3 Bandung yang beranggotakan Dadi Gurnita, Yedi, Riso A Latif dan Bambang Sumadi. Sedangkan untuk tim dengan usia bebas (Team B) dimenangkan oleh SMAN 5 Bandung, yang beranggotakan Arif Bustaman, Eko Pratomo, Isa Surya, dan Andrian.

Salah satu aksi atlet putri Cabor golf Spirit PORISMAN ke-9 di Bandung Giri Gahana Golf & Resort, Cibeusi, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (Foto: Dok. Panitia).*

Untuk kategori wanita, pemenangnya (Nett 1): Prilly dan (Nett 2): Evi.

Kategori keterampilan: (Nearest to the pin #4): Kisworo, (Nearest to the line #Fw 2): Agus Iswanto, dan (Longest drive #Fw 18): Beni Hidayat.

Malam Kebersamaan

Tidak seperti event reuni PORISMAN sebelumnya, pada acara PORISMAN tahun ini diselenggarakan lebih semarak dan diadakan di dua tempat berbeda. Lokasi pertama untuk pertandingan olahraga, dari pagi hingga sore hari di GOR Taruna Bakti, Jl. Surapati No.155, Sukaluyu, Cibeunying Kaler, Kota Bandung dan lokasi kedua untuk acara Malam Kebersamaan PORISMAN akan digelar malam hari mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai di Youth Center GOR Arcamanik, Jl. Pacuan Kuda No.50, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung.

Acara malam kebersamaan sebagai acara puncak event Spirit PORISMAN ke-9 akan diisi pagelaran dance, parade band alumni, penampilan Dua Project dan G-Pluck.

Dua Project adalah sebuah komunitas musisi alumni SMAN 2 Bandung, yang berisi orang-orang kreatif dari berbagai era, yang berprofesi di bidang musik, baik sebagai musisi, music director, juga produser.

Bermula pada tahun 2016, para musisi alumni SMAN 2 Bandung terhimpun pada saat itu, berkumpul untuk mengisi acara Reuni Akbar di bulan Agustus dengan nama Smanda Special Project (SSP). Dari tahun ke tahun, anggota SSP terus bertambah dan pada tahun 2018, SSP berganti nama menjadi “Dua Project”.

Dua Project, musisi alumni SMAN 2 Bandung saat tampil dalam acara “From Bandung With Love” pengumpulan donasi untuk musibah gempa di Lombok, Agustus 2018 (Foto: Dok. 2project).*

Kini, anggota Dua Project jumlahnya mencapai lebih dari 100 alumni lintas angkatan yang terdiri dari angkatan 1968-2021.

Puncak malam kebersamaan event Spirit PORISMAN ke-9 adalah penampilan G-Pluck Beatles dengan segala reputasi yang disandangnya, baik di dalam maupun di luar negeri, akan menyapa para alumni SMAN 1-6 di Youth Center GOR Arcamanik, Kota Bandung. Band G-Pluck Beatles adalah band tribute The Beatles asal Indonesia yang dikenal juga sebagai The Asian Beatles.

Personil G-Pluck terbaru, saat ini digawangi oleh Gilang Winstons sebagai John Lennon (Rhytm Guitar & Vocal), Feri Harrison sebagai George Harrison (Guitar & Vocal), Awan Garnida sebagai Paul Mc Cartney (Bass & Vocal), serta Benny Starkey sebagai Ringo Starr (Drum & Vocal).

G-Pluck Beatles (Foto: Dok. BBCI).*

Reputasi G-Pluck cukup mentereng, di antaranya pernah manggung di Beatleweek Festival Liverpool 2008 dan main di beberapa negara Eropa.

Menurut Panitia Bidang Acara event Spirit PORISMAN ke-9 Tjandrawati Ichan, bagi akang teteh alumni SMAN 1-6 yang akan hadir ke GOR Arcamaik agar mendaftar terlebih dahulu ke koordinator PORISMAN masing-masing sekolah terlebih dahulu, karena nanti akan diberi tanda masuk khusus yang telah dibagikan dengan jumlah terbatas kepada koordinator event PORISMAN tiap sekolah.

“Harap daftar ke koordinator masing-masing sekolah karena kuota terbatas. Bebas untuk semua alumni lintas angkatan, baik atlet PORISMAN maupun bukan,” ujar Ichan. (Nada Ahmad)***

Artikel ini telah dibaca 336 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Creamy Activity 2024 SMA Unggulan Darul Hikam Tampilkan Bakat dan Kreativitas Siswa

22 Juni 2024 - 19:54 WIB

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Jawa Barat Ramaikan KKJ-PKJB 2024

22 Juni 2024 - 19:47 WIB

Amankan Percakapan di WhatsApp, Ini Caranya!

22 Juni 2024 - 05:59 WIB

Gratis, Bursa Kerja Kota Bandung Sediakan 5.435 Loker untuk Lulusan SD Hingga S2!

22 Juni 2024 - 05:53 WIB

Kesadaran Masyarakat Kunci Kota Bandung Bebas Tuberkulosis

22 Juni 2024 - 05:45 WIB

Ada Wifi Gratis Braga, Ini Cara Aksesnya!

22 Juni 2024 - 05:37 WIB

Trending di Berita