Menu

Mode Gelap

Berita · 31 Mei 2022 05:11 WIB ·

Dr Aqua Dwipayana: Bangun Kekompakan Tim untuk Dorong Inovasi Lembaga

 Dr Aqua Dwipayana: Bangun Kekompakan Tim untuk Dorong Inovasi Lembaga Perbesar

KAB. SUMENEP (TUGUBANDUNG.ID) – Setiap karyawan dituntut memiliki kemampuan, kemauan, dan inovasi tingggi untuk memajukan perusahan. Kemampuan dan inovasi bisa dibangun oleh kemauan sendiri dan kelompok. Oleh sebab itu semua unsur dalam perusahan harus menjaga kekompakan tim.

“Inovasi dan kekompakan tim harus selalu dipupuk agar perusahaan semakin maju. Kedua hal ini saling terkait. Inovasi lahir dan kekompakan dan kekompakan menjadi ikhtiar bersama dalam mendorong hadirnya inovasi.”

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan para karyawan dan unsur pimpinan Perseroan Daerah (Perseroda) Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kabupaten Sumenep, Jatim  bertajuk “Syariah Marketing dan Selling Strategy” di Hotel Utami Sumenep Madura, Senin (23/5/2022).

Sharing Komunikasi dan Motivasi di BPRS Bhakti Sumekar merupakan sesi kedua dari tujuh sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua selama tiga hari berturut-turut (23 Mei s.d 25 Mei 2022) di Kabupaten Sumenep. Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut juga berbicara dalam serangkaian sesi sharing komunikasi dan motivasi di BMT NU Jawa Timur, Dinas Kesehatan Sumenep. Kemudian, di Dinas Pendidikan, RSUD dr. H. Moh. Anwar, Adira Finance Cabang Sumenep dan terakhir memberikan sharing kepada unsur pimpinan OPD dan para camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Doktor komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut menyatakan bahwa, dalam bekerja penting menghargai diri sendiri dan orang lain. “Jika siapapun mampu menghargai diri sendiri dan orang lain, di mana saja dan bekerja apa saja. Maka orang tersebut telah memiliki komunikasi baik dengan orang lain. Belajarlah menghargai orang lain, agar Anda juga dihargai oleh orang lain,” kata Dr Aqua menegaskan.

Di sisi lain, Dr Aqua mengajak para karyawan dari level direktur hingga pelaksana untuk bekerja dengan ikhlas, cedas, keras, dan tuntas. Jika itu dapat secara konsisten dilaksanakan maka bakal mendapatkan hasil yang berkualitas.

Bekerja dengan niat semata-mata untuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga apapun hasilnya akan disyukuri.

Penulis buku “super best seller” Trilogi The Power Of Silaturrahim ini menekankan bahwa dalam hidup ini tidak ada yang tidak mungkin, ketika yang Maha Kuasa berkehendak jadilah, maka jadi. “Ketika kita yakin bisa, kita punya tekad, semangat, keyakinan, ketekunan dan fokus pada tujuan, insya Allah apapun yang kita cita-citakan terjadi,” ujar mantan wartawan di banyak media besar ini.

Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini juga menekankan di manapun dan apapun jabatannya dalam bekerja, agar kemampuan komunikasi terus diperbaiki dan diperkuat. Karena, komunikasi bisa mendorong seseorang untuk memperluas jaringan dan menambah wawasan.

Untuk mencapai efektivitas komunikasi, menurut Dr Aqua yang semakin padat jadwal kegiatannya , setiap unsur dalam perusahaan harus dapat menjalankan rumus REACH Plus AC.

Hal ini mengacu pada lima aspek yakni “Respect” atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati, jangan pernah meremehkan. Kemudian, “Empathy” atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Melayani dengan optimal dan standar, tidak ada perbedaaan atau diskriminasi.

“Selanjutnya “Audible” atau mudah dimengerti yaitu semua yang disampaikan gampang dipahami. “Clarity” atau kejelasan pesan yang diutarakan dengan mengutamakan kesantunan dan etika komunikasi sehingga mudah  dimengerti. Terakhir, “Humble” atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan oleh setiap manusia. Semua itu perlu dilengkapi dengan huruf “AC” yakni “Action” atau Tindakan nyata dan cepat serta “Consistency” atau Konsistensi yang dilakukan secara terus-menerus,” papar Dr Aqua.

Selain itu Dr Aqua menegaskan yang tidak kalah penting dilakukan adalah melaksanakan 3K, yakni, Kredibilitas, Komitmen dan Konsistensi. Jargon 3K ini merupakan hal mendasar yang harus ada pada diri siapapun dalam profesi apapun.

“Berusahalah melaksanakan “K” yang pertama yakni menjadi orang yang kredibel atau dipercaya. Dengan mewujudkan itu apapun aktivitas yang dilakukan bakal mendapat dukungan berbagai pihak,” jelas Dr Aqua yang sehari-hari tinggal di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sedang “K” yang kedua dengan melaksanakan komitmen atau janji. Jika telah berjanji apapun itu penuhilah sehingga tetap dipercaya dan semakin mendapat amanah. Terakhir “K” yang ketiga adalah konsisten melakukan hal-hal baik. Terus-menerus melaksanakannya. Jangan berhenti karena berbagai kekhawatiran yang tidak beralasan.

Dr Aqua sangat mengapresiasi semua prestasi BPRS Bhakti Sumekar yang dipimpin Hairil Fajar. Seluruhnya harus disyukuri dan menjadi motivasi semua karyawan untuk lebih berprestasi lagi dan meningkatkan kinerjanya.

Prestasi tersebut antara lain Fajar, panggilan akrab Hairil Fajar selaku TOP CEO BUMD 2022, BPRS Bhakti Sumekar meraih Award Utama sebagai TOP BUMD 2022 Star 5, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi dinobatkan sebagai TOP Pembina BUMD Tahun 2022. Selain itu pada 2019 meraih penghargaan TOP BUMD 2019 dari TOP Business serta memperoleh Sharia Awards yang ke-8 dan Golden Awards ke-4.

Setahun sebelumnya (2018) mendapatkan Predikat Sangat Bagus atas Kinerja Keuangan selama tahun 2017 untuk kategori Bank BPR Syariah dengan aset di atas Rp. 250 Miliar; memperoleh Golden Award atas kinerja positif selama lima tahun berturu-turut (2013-2017), dan mendapat anugerah gelar The Best Asset Quality Sharia Rural Banks 2015-2017.

Bawa aura positif

Kegiatan Dr Aqua selama di Sumenep diinisiasi Komunitas Para Sales Super Nusantara atas Kompass Nusantara (Konus). Founder Konus Yudi Ananta mengatakan, pihaknya sengaja kembali mengundang Dr. Aqua karena sosok beliau yang selalu konsisten melakukan silaturahim dan kegiatan sosial lainnya.

DIREKTUR Operasi BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Hairil Fajar (kanan) dan pendiri Konus Yudi Ananta (kiri) menyimak yang disampaikan Dr Aqua Dwipayana (tengah). *

Menurut Yudi, hal itu merupakan salah satu bagian yang sangat erat kaitannya dengan Ilmu Komunikasi. Dengan kata lain, hubungan sesama manusia tidak akan harmonis bila komunikasi tidak terjalin dengan baik.

“Dengan silaturahim tentunya kita bisa berkomunikasi dua arah dengan lebih dekat. Hubungan emosional pun tercipta lebih erat melalui komunikasi verbal dan nonverbal. Sehingga tali persaudaraan akan menjadi semakin erat dan terasa harmonis,” ucap Yudi yang juga merupakan penggagas Hari Sales Sedunia pada setiap tanggal 27 September tersebut.

Yudi berharap kehadiran Dr Aqua di Kabupaten Sumenep bisa membawa aura positif bagi sejumlah pihak dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Juga untuk meningkatkan pelayanan aparatur sipil negara (ASN) kepada masyarakat.

“Semoga kehadiran Pak Aqua dengan jejaring pertemanan yang sangat luas bisa membawa aura positif bagi sejumlah pihak dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya di Sumenep,” ujar Yudi.

Selama di Sumenep Yudi selalu mendampingi Dr Aqua. Motivator laris itu menyaksikan secara langsung akses Yudi yang kuat dan luas di kabupaten yang letaknya paling ujung tersebut.

Kompass Nusantara (Komunitas Para Sales Super Nusantara) atau yang dikenal dengan nama  Konus awalnya bernama KOMPASS (KOMunitas PAra Sales Sumenep) merupakan sebuah komunitas yang didirikan pada 9 Agustus 2015 oleh Yudi Ananta (founder), Agung Dharmono, SE sebagai President of KOMPASS dan Muhammad Idham Azhari sebagai Co-founder of KOMPASS

Awalnya komunitas ini berasal dari Group BBM yang memiliki tujuan sarana untuk meningkatkan skill atau kemampuan di antara para sales/tenaga penjual di perusahaan manapun khususnya di Kabupaten Sumenep melalui sharing motivasi dan diskusi.

Pada 1 Januari 2018, KOMPASS berevolusi dari Komunitas Para Sales Sumenep menjadi Komunitas Para Sales Super Nusantara dan disebut sebagai KOMPASS-Nusantara. Keberadaan KOMPASS semakin lama mendapat respons positif dari masyarakat luas karena jumlah anggotanya yang semakin hari makin bertambah. Bahkan, Grup BBM KOMPASS harus beralih ke Grup WhatsApp yang notabene bisa menampung member yang lebih banyak.

Agenda yang dilakukan komunitas ini memang lebih sering aktif di medsos WAG (WhatsApp Group) dibandingkan event-event, karena aktivitas kerja member/ anggota masing-masing yang cukup padat dan mereka tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tapi KOMPASS juga konsisten melakukan sejumlah event dengan tujuan untuk memperkuat tali silaturahim yang selama ini terjalin di komunitas ini.

Sejak didirikan sekitar tujuh tahun lalu sampai sekarang, setiap minggu rutin menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Mereka antara lain Prof Dr Mahfud MD, Kak Seto, Irjen Pol (Purn) Bibit Samad Rianto, Dr. Aqua Dwipayana, Dr Indra Uno, Motivator Krishnamurti, dan beberapa Presiden Direktur dan CEO Perusahaan ternama lainnya di Indonesia.

Selain itu untuk mempererat tali silaturahim diantara para Kompasser, juga sering mengadakan kegiatan atau event seperti KONUS Gathering, Sedekah Buku for Sales, Silaturahim bareng Kak Seto dan para anak TK di Pantai Lombang Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep, Sosialisasi Bahaya Narkoba bersama BNNP Jawa Timur, KOMPASS Menulis, Meet & Greet bersama Helmy Yahya, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Sementara itu, Direktur Operasi BPRS Bhakti Sumekar Sumenep Hairil Fajar mengatakan bahwa melalui kehadiran Dr Aqua dalam Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para karyawan dan pimpinan BPRS Bhakti Sumekar, diharapkan melahirkan semangat bekerja untuk berinovasi terhadap layanan produk dan jasa yang diberikan, sehingga setiap tahun dapat memberikan nilai tambah bagi BPRS Bhakti Sumekar.

“Kami juga berharap BPRS Bhakti Sumekar ini akan memiliki staf marketing handal dan agresif, karenanya sharing dari Pak Aqua diperlukan agar dapat meyakinkan calon nasabah dan mitra lainnya untuk tetap setia sebagai bagian keluarga besar BPRS Bhakti Sumekar,” ujar pria asal Sumenep itu.

Fajar mengakui, meskipun baru mengenal sosok Dr Aqua Dwipayana dan setelah lebih dalam sempat berbincang saat silaturahim di rumahnya pada Minggu malam (22/5/2022), ia mengakui banyak hal yang bisa dipetik dari sang motivator yang selalu menekankan hidup dengan selalu bersyukur dan ikhlas tersebut.

Saat Dr Aqua datang ke rumahnya, Fajar yang didampingi istrinya Ellya Fardasah, sempat kaget. Sama sekali tidak menyangka motivator yang sangat rendah hati tersebut menemuinya di malam hari.

“Saya kaget saat tahu Pak Aqua ke sini. Apalagi sebelumnya kita belum pernah ketemu,” ujar bapak dari Fadhilah Amaliyah itu.  Dr Aqua silaturahim ke Fajar didampingi Yudi dan wartawan Suksesi Nasional yang juga anggota Konus, Slamet Reno.***

Artikel ini telah dibaca 149 kali

Baca Lainnya

Masyarakat Masih Bisa Menikmati Tarif Khusus Kereta Api di Daop 2 Bandung

15 April 2024 - 16:00 WIB

Tren Harga Bahan Pokok di Jabar Menurun

15 April 2024 - 14:01 WIB

Bey: Pungutan Liar di Masjid Al Jabbar Momentum Sikat Pungli di Jabar

14 April 2024 - 16:14 WIB

Sopir Pick Up Terjepit Akibat Bertabrakan dengan Elf Di Jalan Raya Cisurupan Garut

14 April 2024 - 16:05 WIB

SOP di Masjid Raya Al Jabbar Diperbaiki untuk Tingkatkan Pelayanan

14 April 2024 - 15:40 WIB

Lebih dari 55 Ribu Pemudik Kembali ke Wilayah Daop 2 Bandung

14 April 2024 - 12:32 WIB

Trending di Berita