Menu

Mode Gelap

Berita · 9 Mei 2022 12:43 WIB ·

Cavendish Unggul Sprint Massal Etape III Giro d’Italia

 Mark Cavendish (Quick Step /Inggris) setelah 9 tahun melakukan comeback yang gemilang di Giro d’Italia 2022, memenangi etape III Minggu (8/5/2022), rute Kaposvar – Balatonfured 201 km, Hungaria. (Foto: Cycling News).* Perbesar

Mark Cavendish (Quick Step /Inggris) setelah 9 tahun melakukan comeback yang gemilang di Giro d’Italia 2022, memenangi etape III Minggu (8/5/2022), rute Kaposvar – Balatonfured 201 km, Hungaria. (Foto: Cycling News).*

BALATONFURED, HUNGARIA, (TUGUBANDUNG.ID) – Setelah sembilan tahun absen dari Giro, sprinter kawakan Mark Cavendish (36) asal Inggris melakukan comeback mengesankan. Kembali berjaya menang adu sprint pada etape III Giro d’Italia 2022 di Balatonfured, Hungaria pada Minggu (8/5/2022), sekaligus sukses memenangi etape Giro yang ke enambelas kali sepanjang karirnya.

Sprinter andalan tim Quick Step – Alpha Vinyl ini sukses melakukan sprint jarak jauh pada 300 meter terakhir dan finis terdepan mengalahkan Arnaud Demare (Groupama FDJ /Prancis) dan Fernando Gaviria (UAE Team Emirates/Kolombia) di urutan kedua dan tiga.

Berikutnya sprinter Biniam Girmay (Wanty Gobert/Eritia), Jakub Mareczko (Alpecin/Italia) serta peloton utama termasuk pemegang kaus pink Mathieu Van der Poel (Alpecin/Belanda), menyelesaikan jarak 201 km Kaposvar – Balatanford dengan waktu 4 jam 56 menit 39 detik.

Tak ada perubahan di rangking klasemen, Mathieu Van der Poel (Alpecin) sejak etape I hingga III masih memimpin klasemen dengan total waktu tercepat 9 jam 43 menit 50 detik, kedua Simon Yates (BikeExchange/Inggris) + 11 detik dan ketiga Tom Dumoulin (Jumbo Visma/Belanda) + 16 detik.

Lambat

Etape III Giro yang merupakan etape terakhir di wilayah Hungaria berjalan dalam tempo lambat, sebanyak 176 pembalap memilih berada dalam satu peloton tidak ada upaya untuk mengejar tiga pembalap yang break away sejak awal lomba. Mattia Bais, Filippo Tagliani (Drone Hopper-Androni/Italia) dan Samuele Rivi (Eolo-Kometa/Italia).

Ketiganya terus berada di depan peloton dengan keunggulan 2 hingga 3 menit sepanjang 100 km lebih pada cuaca yang mendukung menuju finis di dekat danau Balaton. Kecepatan baru meningkat pada 50 km terakhir dan semakin cepat setelah tiga pembalap yang lepas di depan tertangkap peloton.

30 km terakhir tim yang mempunyai sprinter mulai membentuk formasi untuk membawa sprinter andalanya menuju finis. Tim yang aktif untuk perebutan sprint etape III, Quick Step, Groupama FDJ, Alpecin, Lotto Soudal, Wanty Gobert dan Jumbo Visma.

Tim Quick Step yang paling solid dengan tiga sprinternya membuka jalan untuk meluncurkan Cavendish sebagai andalan tim untuk melesat menyelesaikan sprint akhir.

Meski sprint akhir dilakukan sedikit terlalu jauh pada 300 meter, Cavendish tak ragu langsung melesat dan bisa bertahan hingga finis paling depan.

“Saya tidak ada pilihan lain, langsung melesat meski sprint sudah dibuka pada 300 meter. Akhirnya saya tetap terdepan. Kerja sama tim Quick Step sangat baik untuk membuka jalur sprint, dan saya bisa menyelesaikan dengan baik,” ungkap Cavendish.

Pulau Sicilia Italia

Setelah Giro menyesaikan tiga etape di Hungaria, Senin (9/5/2022) lomba melakukan istirahat karena rombongan peserta dan panitia Giro 2022 dengan pesawat diterbangkan ke pulau Sicilia, Italia untuk menjalani dua etape disana.

Etape IV akan berlangsung pada Selasa (10/5/2022) dan merupakan rute tanjakan berat Avola ke Mount Etna. Diperkirakan para jago tanjakan bakal mulai unjuk gigi dan kaus pink sepertinya akan berpindah tangan. (Bambang Kunthady)***

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Keren, Ada Tempat Nugas dan Nongkrong Ideal untuk Mahasiswa di Bandung Timur

21 Februari 2024 - 10:45 WIB

PT. INTI Catatkan Penghematan Fixed Cost Lebih dari 30 Persen

21 Februari 2024 - 09:18 WIB

Vuelta Andalucia Ke-70/2024: Petugas Sibuk Atasi Aksi Protes Petani, Lomba Hanya Bisa Satu Etape

21 Februari 2024 - 05:47 WIB

Satpol PP Beri Edukasi, Terduga Pembuang Sampah ke Sungai Cipamokolan Beri Klarifikasi

20 Februari 2024 - 22:17 WIB

Pemkot Bandung Pastikan Beras SPHP Sudah Masuk Toko Ritel

20 Februari 2024 - 19:47 WIB

Dua Polisi Aktif di Dua Polres Berbeda Terlibat Pencurian dengan Kekerasan

20 Februari 2024 - 17:53 WIB

Trending di Berita