Menu

Mode Gelap

Berita · 26 Mei 2023 21:24 WIB ·

Catut Nama Manajemen, Tour Guide Paruh Waktu di Bandung Zoo Tipu Pencari Kerja

KOTA BANDUNG (TUGUBANDUNG.ID) – Sebanyak 40 orang mengadu ke manajemen Bandung Zoo karena tertipu lowongan pekerjaan palsu yang ditawarkan oknum tour guide berinisial FM. Mereka mengaku tertipu uang senilai 350 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah untuk bisa diterima bekerja di kawasan wisata Bandung Zoo.

Septian, salah satu korban penipuan mengatakan telah membayar 500 ribu rupiah kepada oknum FM karena dijanjikan bakal langsung diterima tanpa perlu melamar melalui jalur prosedural

“FM nawarin kalau kami masuk lewat jalur VIP, jadi bayar,” jelasnya, Jumat (26/5/2023).

Septian mengaku, dirinya tertarik dan percaya karena FM sangat meyakinkan dalam menawarkan pekerjaan. Bahkan ia dan korban lainnya sudan menandatangani kontrak kerja untuk mulai bekerja tanggal 24 Mei lalu.

“Tapi sampai hari H tidak ada kabar. FM susah dihubungi akhirnya kami datangi Bandung Zoo. Kami akhirnya tahu jika telah tertipu,” tuturnya.

Pihak manajemen Bandung Zoo, kemudian mengonfirmasi penipuan itu dan berjanji akan membantu korban untuk bisa bertemu dengan pelaku. GM Bandung Zoo Peter mengatakan pelaku hafal kondisi Bandung Zoo termasuk nama pegawai HRD yang dicatut untuk menipu karena sering menjadi tour guide rombongan wisatawan atau pekerja freelance.

“Kami sudah mendatangi kediaman FM namun tidak berhasil bertemu. Akhirnya kami laporkan kasus ini kepada polisi,” ujarnya

Peter membenarkan jika Bandung Zoo membuka lowongan kerja namun disampaikan secara luas melalui akun medsos dan rekrutmen tanpa biaya. Proses seleksi pun dilaksanakan secara prosedural dan profesional tanpa ada titipan, apalagi harus membayar ratusan ribu.

“Senin lalu info palsu ini sudah kami monitor dan mulai ditindaklanjuti. Tapi karena tidak ada itikad baik, kami akhirnya laporkan ke polisi. Sebab nama baik Bandung Zoo sudah dicemarkan. Para korban juga kami dampingi terus,” tegasnya. (Pun) ***

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Diskusi Publik Prodi Ilkom FISIP Unpas, Generasi Muda Harus Terlibat Perangi Hoak

23 Mei 2024 - 08:49 WIB

Giro d’Italia 2024 Pogacar Tak Terbendung

22 Mei 2024 - 21:11 WIB

Dukung Kreativitas Digital Mahasiswa, Binus University Terapkan Kurikulum Berbasis AI

22 Mei 2024 - 19:42 WIB

Bank bjb syariah Raih Peringkat idAA- dari PEFINDO

22 Mei 2024 - 17:04 WIB

Manfaatkan Teknologi, Gen Z Didorong Cakap Digital dan Bijak Bersosial Media

22 Mei 2024 - 15:59 WIB

Bio Farma Gelar FGD Vaksin DBD di Bali

22 Mei 2024 - 13:51 WIB

Trending di Berita